Caramantap

Perbedaan Fauna Asia dan Australia

×

Perbedaan Fauna Asia dan Australia

Share this article

Fauna atau keanekaragaman hayati di dunia sangatlah beragam. Setiap benua memiliki keunikan tersendiri dalam keanekaragaman hayatinya. Di benua Asia dan Australia, terdapat berbagai jenis fauna yang berbeda-beda. Apa saja perbedaan fauna di Asia dan Australia? Simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Geografi Asia dan Australia

Sebelum membahas perbedaan fauna di kedua benua ini, kita perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan geografi di kedua benua tersebut. Benua Asia terletak di bagian utara khatulistiwa dan memiliki luas wilayah terbesar di seluruh benua. Sementara itu, Australia terletak di bagian selatan khatulistiwa dan memiliki luas wilayah yang lebih kecil dibandingkan Asia.

Perbedaan Keanekaragaman Hayati di Asia dan Australia

Asia merupakan benua dengan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Banyaknya jenis flora dan fauna di benua Asia membuatnya menjadi salah satu tempat yang sangat spesial. Di sisi lain, Australia memiliki keanekaragaman hayati yang lebih rendah dibandingkan Asia. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kondisi iklim yang lebih keras dan kurangnya sumber daya alam yang memadai.

Pos Terkait:  Cara Setor Tunai BRI Tanpa Kartu ATM

Perbedaan Jenis Hewan

Fauna Asia

Di benua Asia, terdapat berbagai jenis hewan, seperti gajah, harimau, macan tutul, beruang, dan banyak lagi. Gajah merupakan hewan yang sangat terkenal di Asia dan hidup di berbagai tempat seperti India, Thailand, dan Indonesia. Harimau dan macan tutul juga merupakan hewan yang cukup populer di Asia dan dapat ditemukan di berbagai negara di Asia.

Fauna Australia

Di Australia, terdapat berbagai jenis hewan yang sangat unik dan hanya dapat ditemukan di benua ini. Beberapa hewan yang terkenal di Australia antara lain kanguru, koala, wombat, dan tasmanian devil. Kanguru merupakan hewan yang sangat terkenal di Australia dan menjadi simbol dari benua ini. Koala juga merupakan hewan yang sangat populer dan menjadi salah satu hewan paling lucu di dunia.

Perbedaan Jenis Burung

Fauna Asia

Di Asia, terdapat berbagai jenis burung yang sangat indah dan menarik. Beberapa burung yang terkenal di Asia antara lain burung merak, burung bangau, dan burung cendrawasih. Burung merak merupakan burung yang sangat indah dan menjadi salah satu burung yang paling terkenal di Asia.

Fauna Australia

Di Australia, terdapat berbagai jenis burung yang hanya dapat ditemukan di benua ini. Beberapa burung yang terkenal di Australia antara lain kakatua, burung kasuari, dan burung merak hijau. Kakatua merupakan salah satu burung yang paling populer di Australia dan menjadi salah satu burung yang sering dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Pos Terkait:  Cara Main PUBG di HP RAM 2GB: Solusi untuk Pecinta Game Battle Royale

Perbedaan Spesies Amfibi dan Reptil

Fauna Asia

Di Asia, terdapat berbagai jenis spesies amfibi dan reptil yang sangat menarik. Beberapa spesies amfibi dan reptil yang terkenal di Asia antara lain ular kobra, buaya, dan kadal. Ular kobra merupakan salah satu ular yang paling berbahaya di dunia dan banyak ditemukan di Asia.

Fauna Australia

Di Australia, terdapat berbagai jenis spesies amfibi dan reptil yang hanya dapat ditemukan di benua ini. Beberapa spesies amfibi dan reptil yang terkenal di Australia antara lain ular taipan, buaya air asin, dan kadal goanna. Ular taipan merupakan ular paling mematikan di dunia dan hanya ditemukan di Australia.

Perbedaan Jenis Ikan

Fauna Asia

Di Asia, terdapat berbagai jenis ikan yang sangat indah dan menarik. Beberapa jenis ikan yang terkenal di Asia antara lain ikan naga, ikan paus, dan ikan koi. Ikan naga merupakan salah satu ikan yang paling indah di dunia dan banyak ditemukan di Asia.

Fauna Australia

Di Australia, terdapat berbagai jenis ikan yang hanya dapat ditemukan di benua ini. Beberapa jenis ikan yang terkenal di Australia antara lain ikan hiu, ikan remora, dan ikan gurame. Ikan hiu merupakan salah satu jenis ikan yang paling terkenal di Australia dan menjadi salah satu ikan yang paling menakutkan di dunia.

Pos Terkait:  Miniapk Net Unlimited Diamond Free Fire FF Apakah Aman?

Perbedaan Jenis Serangga

Fauna Asia

Di Asia, terdapat berbagai jenis serangga yang sangat menarik. Beberapa jenis serangga yang terkenal di Asia antara lain belalang, kupu-kupu, dan capung. Belalang merupakan serangga yang sangat populer di Asia dan sering terlihat di ladang padi dan sawah.

Fauna Australia

Di Australia, terdapat berbagai jenis serangga yang hanya dapat ditemukan di benua ini. Beberapa jenis serangga yang terkenal di Australia antara lain semut api, laba-laba, dan belalang hijau. Semut api merupakan serangga yang sangat menakutkan di Australia dan sering menyerang manusia jika merasa terancam.

Kesimpulan

Perbedaan fauna di Asia dan Australia sangatlah beragam. Asia memiliki keanekaragaman hayati yang lebih tinggi dibandingkan Australia. Di Asia, terdapat berbagai jenis hewan, burung, spesies amfibi dan reptil, ikan, dan serangga yang sangat menarik. Di Australia, terdapat berbagai jenis hewan, burung, spesies amfibi dan reptil, ikan, dan serangga yang hanya dapat ditemukan di benua ini. Meskipun demikian, kedua benua ini memiliki keunikan tersendiri dalam keanekaragaman hayatinya.

close