Caramantap

Perbedaan Eksplisit dan Implisit

×

Perbedaan Eksplisit dan Implisit

Share this article

Saat membaca atau mendengar sebuah informasi, seringkali kita menemukan dua jenis informasi, yaitu eksplisit dan implisit. Namun, banyak orang yang belum memahami perbedaan antara kedua jenis informasi ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas perbedaan antara eksplisit dan implisit secara lengkap.

Pengertian Eksplisit

Informasi eksplisit adalah informasi yang diberikan secara jelas dan terbuka. Informasi ini biasanya disampaikan melalui kata-kata atau tulisan secara langsung dan mudah dipahami. Contoh dari informasi eksplisit adalah petunjuk dalam sebuah panduan atau buku manual, atau jawaban dalam kuis yang diberikan secara langsung.

Informasi eksplisit juga dapat ditemukan dalam bentuk grafik, tabel, atau diagram yang mudah dipahami dan diinterpretasikan. Contoh dari informasi eksplisit dalam bentuk grafik adalah diagram lingkaran yang menunjukkan persentase penjualan suatu produk.

Pengertian Implisit

Sedangkan, informasi implisit adalah informasi yang tidak disampaikan secara langsung, namun dapat diambil dari konteks atau situasi tertentu. Informasi ini tidak jelas dan memerlukan interpretasi dari penerima informasi.

Contoh dari informasi implisit adalah pesan tersirat dalam sebuah novel atau film, atau makna yang tersembunyi dalam sebuah gambar atau iklan. Seseorang perlu memahami konteks dan situasi untuk dapat mengambil informasi implisit ini.

Pos Terkait:  10 Rekomendasi Game Bus Simulator Terbaik November

Perbedaan Antara Eksplisit dan Implisit

Perbedaan utama antara informasi eksplisit dan implisit adalah dalam cara penyampaian informasi. Informasi eksplisit disampaikan secara langsung dan jelas, sementara informasi implisit disampaikan melalui konteks dan situasi tertentu.

Informasi eksplisit juga lebih mudah dipahami dan diinterpretasikan oleh penerima informasi, karena tidak memerlukan interpretasi yang rumit. Sementara itu, informasi implisit memerlukan pemahaman konteks dan situasi yang lebih dalam.

Contoh Penggunaan Eksplisit dan Implisit

Penggunaan informasi eksplisit dan implisit tergantung pada kebutuhan dan tujuan dari penyampaian informasi tersebut. Contoh penggunaan informasi eksplisit adalah dalam pembuatan panduan atau buku manual, atau dalam menyampaikan jawaban dalam sebuah kuis.

Sementara itu, contoh penggunaan informasi implisit adalah dalam pembuatan cerita atau novel, atau dalam pembuatan iklan yang menarik perhatian.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, informasi eksplisit adalah informasi yang disampaikan secara langsung dan jelas, sementara informasi implisit adalah informasi yang tidak disampaikan secara langsung dan memerlukan interpretasi dari penerima informasi. Penggunaan informasi eksplisit dan implisit tergantung pada kebutuhan dan tujuan dari penyampaian informasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close