Caramantap

Kenapa Tidak Bisa Mengetik di Search Windows 10

×

Kenapa Tidak Bisa Mengetik di Search Windows 10

Share this article

Apakah kamu pernah mengalami masalah ketika ingin mencari aplikasi atau file di Windows 10, namun tidak bisa mengetik di kolom pencarian? Jika iya, maka kamu tidak sendirian. Banyak pengguna Windows 10 yang mengalami masalah ini.

Penyebab Tidak Bisa Mengetik di Search Windows 10

Ada beberapa penyebab mengapa kamu tidak bisa mengetik di kolom pencarian di Windows 10. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Masalah Keyboard

Salah satu penyebab utama mengapa kamu tidak bisa mengetik di search Windows 10 adalah masalah dengan keyboard. Mungkin keyboard kamu bermasalah atau tidak terhubung dengan baik ke komputer.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat mencoba memeriksa kabel keyboard dan memastikan bahwa keyboard terpasang dengan benar. Jika keyboard kamu wireless, pastikan bahwa baterai masih mencukupi dan terhubung dengan benar ke komputer.

Pos Terkait:  Petunjuk Tak Biasa, Netizen Temukan Jalan Menuju

2. Masalah dengan Cortana

Cortana adalah asisten virtual yang ada di Windows 10 dan biasanya terhubung dengan kolom pencarian. Jika Cortana bermasalah, maka kamu mungkin tidak bisa mengetik di kolom pencarian.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat mencoba mematikan Cortana dan kemudian menghidupkannya kembali. Caranya cukup mudah, ikuti langkah berikut:

  1. Klik kanan pada taskbar dan pilih “Task Manager”.
  2. Cari “Cortana” di daftar aplikasi yang sedang berjalan.
  3. Klik kanan pada Cortana dan pilih “End task.
  4. Buka Cortana kembali dengan menekan tombol Windows dan C secara bersamaan.

3. Masalah dengan Windows Search

Masalah dengan Windows Search juga dapat menyebabkan kamu tidak bisa mengetik di kolom pencarian. Windows Search adalah fitur di Windows 10 yang memungkinkan kamu mencari file, aplikasi, dan pengaturan di komputer kamu.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat mencoba memperbaiki Windows Search dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Buka “Windows PowerShell” dengan cara klik kanan pada “Start” dan pilih “Windows PowerShell (Admin).
  2. Ketikkan perintah “Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml”}” dan tekan Enter.
  3. Tunggu hingga proses selesai dan kemudian restart komputer kamu.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengetik di Search Windows 10

Jika kamu mengalami masalah tidak bisa mengetik di search Windows 10, kamu dapat mencoba beberapa cara berikut ini:

Pos Terkait:  BFI Finance Purwokerto: Solusi Keuangan Terpercaya untuk Masyarakat Purwokerto

1. Periksa Keyboard

Periksa keyboard kamu dan pastikan bahwa keyboard terhubung dengan benar ke komputer. Jika keyboard kamu wireless, pastikan bahwa baterai masih mencukupi dan terhubung dengan benar ke komputer.

2. Matikan dan Hidupkan Ulang Komputer

Mencoba mematikan dan kemudian menghidupkan ulang komputer bisa menjadi solusi sederhana untuk mengatasi masalah ini. Setelah komputer dihidupkan kembali, coba buka kolom pencarian dan ketikkan sesuatu untuk memastikan bahwa masalah sudah teratasi.

3. Periksa Pengaturan Cortana

Jika kamu menggunakan Cortana, pastikan bahwa pengaturannya sudah benar. Buka pengaturan Cortana dan pastikan bahwa fitur pencarian sudah diaktifkan.

4. Perbaiki Windows Search

Jika masalah terletak pada Windows Search, kamu dapat mencoba memperbaikinya dengan cara yang dijelaskan di atas.

5. Gunakan Alternatif Pencarian

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu dapat mencoba menggunakan alternatif pencarian seperti File Explorer atau aplikasi pencarian pihak ketiga.

Kesimpulan

Tidak bisa mengetik di search Windows 10 bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan, terutama jika kamu sering menggunakannya untuk mencari file atau aplikasi. Namun, dengan mengikuti beberapa cara di atas, kamu dapat mengatasi masalah ini dan kembali menggunakan kolom pencarian dengan lancar.

Pos Terkait:  Kode Undangan Go Novel - Cara Mudah Mendapatkan Kode Undangan Go Novel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close