Caramantap

Apakah Perbedaan dari Endl dan Ends?

×

Apakah Perbedaan dari Endl dan Ends?

Share this article

Di dunia pemrograman, terdapat banyak sekali istilah yang seringkali membingungkan para pemula. Salah satunya adalah endl dan ends. Kedua istilah ini seringkali digunakan dalam bahasa pemrograman C++ dan seringkali membuat para pemula bingung karena kedua kata tersebut memiliki kesamaan.

Apa itu Endl?

Endl adalah singkatan dari end line. End line sendiri merupakan karakter yang digunakan untuk menandakan akhir dari satu baris atau baris baru pada output. Karakter endl sendiri biasanya digunakan dalam bahasa pemrograman C++ untuk memberikan jarak antar baris pada output.

Contohnya, jika kita ingin menampilkan dua kalimat pada baris yang berbeda, maka kita bisa menggunakan karakter endl. Berikut adalah contoh kode program sederhana yang menggunakan endl:

#include <iostream>

using namespace std;

int main()

{

 cout << "Ini adalah kalimat pertama" << endl;

 cout << "Ini adalah kalimat kedua" << endl;

 return 0;

}

Dari kode program di atas, kita bisa melihat bahwa setelah kalimat pertama dan kedua ditampilkan, kita menggunakan endl untuk memberikan jarak antara baris pertama dan kedua.

Apa itu Ends?

Sementara itu, ends adalah singkatan dari end string. Ends sendiri merupakan karakter yang digunakan untuk menandakan akhir dari sebuah string atau karakter.

Pos Terkait:  Cara Mengganti Tanggal Lahir di Facebook yang Tidak Bisa Diganti

Karakter ends biasanya digunakan dalam bahasa pemrograman C++ untuk menambahkan karakter nul di akhir string. Karakter nul sendiri merupakan karakter kosong atau null, yang digunakan untuk menandakan akhir dari sebuah string.

Contohnya, jika kita ingin membuat sebuah string dan menambahkan karakter nul di akhirnya, maka kita bisa menggunakan karakter ends. Berikut adalah contoh kode program sederhana yang menggunakan ends:

#include <iostream>

#include <cstring>

using namespace std;

int main()

{

 char kalimat[50] = "Ini adalah kalimat";

 strcat(kalimat, ends);

 cout << kalimat << endl;

 return 0;

}

Dari kode program di atas, kita bisa melihat bahwa setelah string “Ini adalah kalimat” dibuat, kita menggunakan fungsi strcat untuk menambahkan karakter ends di akhir string.

Perbedaan Endl dan Ends

Setelah kita mengetahui apa itu endl dan ends, maka kita pun bisa mengetahui perbedaan keduanya. Secara sederhana, endl digunakan untuk memisahkan baris dalam output, sedangkan ends digunakan untuk menambahkan karakter nul di akhir string.

Dalam bahasa pemrograman C++, kedua karakter tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan sangat penting. Untuk menghindari kesalahan dalam penggunaannya, kita harus memahami perbedaan antara keduanya.

Kesimpulan

Di dunia pemrograman, endl dan ends seringkali digunakan dalam bahasa pemrograman C++. Kedua karakter tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan sangat penting dalam penggunaannya. Endl digunakan untuk memisahkan baris dalam output, sedangkan ends digunakan untuk menambahkan karakter nul di akhir string. Untuk menghindari kesalahan dalam penggunaannya, kita harus memahami perbedaan antara keduanya.

Pos Terkait:  Kisah Nabi Sulaiman Alaihissalam, di dalam Alquran surat Sad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close