Caramantap

Cara Memasukan IDM ke Opera

×

Cara Memasukan IDM ke Opera

Share this article

Browser Opera adalah salah satu browser yang sering digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Browser ini memiliki fitur yang lengkap seperti halnya browser lainnya. Namun, beberapa pengguna Opera mungkin mengalami kesulitan ketika ingin mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) ke dalam browser Opera.

Kenapa Harus Menggunakan IDM?

Sebelum kita membahas cara memasukan IDM ke Opera, ada baiknya kita membahas mengapa harus menggunakan IDM. IDM adalah software download manager yang memungkinkan kita untuk mengunduh file dengan cepat dan mudah. Dalam melakukan download, IDM memecah file menjadi beberapa bagian kecil dan mengunduhnya secara bersamaan. Hal ini mempercepat proses download hingga 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan download biasa. Selain itu, IDM juga memiliki fitur pause dan resume, sehingga kita bisa menghentikan proses download dan melanjutkannya kembali kapan saja.

Cara Memasukan IDM ke Opera

Untuk memasukan IDM ke Opera, ada beberapa langkah yang harus dilakukan:

Langkah 1: Download IDM

Langkah pertama adalah mengunduh IDM terlebih dahulu. Kita bisa mengunduh IDM melalui situs resminya di https://www.internetdownloadmanager.com/. Setelah mengunduh IDM, instal software tersebut di komputer kita.

Pos Terkait:  Cara Membuat Permainan Jeopardy di PowerPoint

Langkah 2: Aktifkan Ekstensi IDM di Opera

Setelah menginstal IDM, kita perlu mengaktifkan ekstensi IDM di Opera. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Buka browser Opera

– Klik pada ikon Opera di sudut kiri atas layar

– Pilih ‘Extensions’ dari menu dropdown

– Cari IDM di daftar ekstensi

– Klik tombol ‘Install’ pada ekstensi IDM

Langkah 3: Restart Browser Opera

Setelah mengaktifkan ekstensi IDM, kita perlu me-restart browser Opera agar perubahan dapat terlihat. Klik pada ikon Opera di sudut kiri atas layar dan pilih ‘Exit’ untuk menutup browser Opera. Kemudian, buka kembali browser Opera.

Langkah 4: Coba Download File

Setelah me-restart browser Opera, kita bisa mencoba mengunduh file untuk menguji apakah IDM sudah terintegrasi dengan baik di browser Opera. Cari file yang ingin kita unduh, dan klik pada tautan download. Jika IDM sudah terintegrasi dengan baik, maka IDM akan menangkap tautan download tersebut dan memulai proses download.

Kesimpulan

Dalam memasukan IDM ke Opera, kita harus mengunduh IDM terlebih dahulu, mengaktifkan ekstensi IDM di Opera, me-restart browser Opera, dan mencoba mengunduh file untuk menguji apakah IDM sudah terintegrasi dengan baik di browser Opera. Dengan menggunakan IDM, proses download akan menjadi lebih cepat dan mudah.

Pos Terkait:  Pengambilan Gambar dari Atas Gedung Tinggi Disebut: Menjelajahi Keindahan Kota dari Ketinggian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close