Caramantap

Jelaskan Pengertian dari Artikulasi: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

×

Jelaskan Pengertian dari Artikulasi: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Share this article

Artikulasi adalah kemampuan seseorang dalam mengucapkan suatu bunyi dengan jelas dan tepat. Artikulasi yang baik sangat dibutuhkan dalam berkomunikasi, terutama dalam berbicara. Artikulasi yang buruk dapat mengganggu komunikasi dan menyebabkan kesalahpahaman. Agar lebih memahami artikulasi, mari kita bahas pengertian, fungsi, dan jenis-jenisnya.

Pengertian Artikulasi

Artikulasi berasal dari bahasa Latin “articulatus” yang berarti “dihubungkan. Dalam bahasa Indonesia, artikulasi dapat diartikan sebagai pengucapan suatu bunyi atau kata dengan jelas dan tepat. Artikulasi melibatkan gerakan lidah, bibir, rahang, dan organ-organ lain di dalam mulut untuk menghasilkan suara yang tepat.

Artikulasi ini sangat penting dalam berkomunikasi, terutama dalam berbicara. Dengan artikulasi yang baik, seseorang dapat mengucapkan kata-kata dengan jelas dan mudah dipahami oleh orang lain. Sebaliknya, artikulasi yang buruk dapat menyebabkan kesalahpahaman dan mengganggu komunikasi.

Fungsi Artikulasi

Artikulasi memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

    1. Memperjelas makna kata

Dengan artikulasi yang baik, seseorang dapat mengucapkan kata-kata dengan jelas dan tepat, sehingga kata-kata tersebut dapat dipahami dengan mudah oleh orang lain. Sebaliknya, artikulasi yang buruk dapat menyebabkan kata-kata menjadi tidak jelas dan sulit dipahami.

    1. Meningkatkan kemampuan berbicara
Pos Terkait:  Cara Melihat Arsip Foto di IG

Dengan artikulasi yang baik, seseorang dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Artikulasi yang baik dapat membantu seseorang dalam memperoleh kepercayaan diri dalam berbicara dan dapat membuatnya lebih mudah dipahami oleh orang lain.

    1. Menjaga hubungan sosial

Artikulasi yang baik dapat membantu seseorang dalam menjaga hubungan sosial. Dengan artikulasi yang baik, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan mudah dan menghindari kesalahpahaman.

    1. Menunjang karir

Artikulasi yang baik dapat menunjang karir seseorang. Dalam dunia kerja, kemampuan berkomunikasi yang baik sangat dibutuhkan. Dengan artikulasi yang baik, seseorang dapat berbicara dengan jelas dan percaya diri di depan rekan kerja dan atasan.

Jenis-jenis Artikulasi

Artikulasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

    1. Artikulasi Vokal

Artikulasi vokal adalah pengucapan bunyi dengan melibatkan resonansi suara pada rongga-rongga di dalam mulut dan hidung. Bunyi vokal melibatkan gerakan lidah, bibir, dan rahang untuk menghasilkan suara yang tepat. Contoh bunyi vokal adalah a, i, u, e, o.

    1. Artikulasi Konsonan

Artikulasi konsonan adalah pengucapan bunyi dengan melibatkan penghalang suara di dalam mulut. Penghalang suara tersebut dapat berupa bibir, lidah, langit-langit mulut, atau gigi. Contoh bunyi konsonan adalah p, t, k, b, d, g.

    1. Artikulasi Diftong
Pos Terkait:  Aplikasi Petir Merah APK Ini Cara Downloadnya yang Mudah

Artikulasi diftong adalah pengucapan dua bunyi vokal yang berbeda secara bersamaan dan membentuk satu suara. Contoh bunyi diftong adalah ai, ei, oi, au, eu.

Kesimpulan

Artikulasi adalah kemampuan seseorang dalam mengucapkan suatu bunyi dengan jelas dan tepat. Artikulasi yang baik sangat penting dalam berkomunikasi, terutama dalam berbicara. Artikulasi memiliki beberapa fungsi, di antaranya memperjelas makna kata, meningkatkan kemampuan berbicara, menjaga hubungan sosial, dan menunjang karir. Artikulasi juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya artikulasi vokal, artikulasi konsonan, dan artikulasi diftong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close