Caramantap

Jelaskan Pengertian Akord: Apa Itu dan Bagaimana Cara Membuatnya?

×

Jelaskan Pengertian Akord: Apa Itu dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Share this article

Pendahuluan

Akord adalah salah satu unsur terpenting dalam musik. Seorang pemain gitar atau piano harus memahami dan menguasai akord agar bisa memainkan musik dengan baik. Namun, tidak semua orang tahu apa itu akord dan bagaimana cara membuatnya. Artikel ini akan menjelaskan secara rinci tentang pengertian akord.

Pengertian Akord

Akord adalah kumpulan dari tiga atau lebih nada yang dimainkan secara bersamaan. Nada-nada tersebut membentuk sebuah harmoni yang indah dan enak didengar. Akord merupakan bagian dari teori musik yang sangat penting dan digunakan oleh hampir semua alat musik, seperti gitar, piano, bass, dan lain-lain.

Jenis-jenis Akord

Ada beberapa jenis akord yang umum digunakan dalam musik, antara lain:1. Major chord: terdiri dari tiga nada yang terletak pada posisi 1, 3, dan 5 dari skala mayor.2. Minor chord: terdiri dari tiga nada yang terletak pada posisi 1, b3, dan 5 dari skala mayor.3. Augmented chord: terdiri dari tiga nada yang terletak pada posisi 1, 3, dan #5 dari skala mayor.4. Diminished chord: terdiri dari tiga nada yang terletak pada posisi 1, b3, dan b5 dari skala mayor.5. Seventh chord: terdiri dari empat nada yang terletak pada posisi 1, 3, 5, dan b7 dari skala mayor.

Pos Terkait:  Cara Menghitung Asuransi JNE: Panduan Lengkap

Cara Membuat Akord

Untuk membuat akord, pertama-tama kita harus mengetahui skala yang dipakai. Misalnya, kita ingin membuat akord C mayor. Skala mayor C terdiri dari C, D, E, F, G, A, dan B. Kemudian, kita harus menentukan nada-nada yang akan digunakan dalam akord tersebut. Untuk akord C mayor, nada-nada yang digunakan adalah C, E, dan G.Setelah menentukan nada-nada yang digunakan, kita harus memainkan ketiga nada tersebut secara bersamaan. Pada gitar, ketiga nada tersebut dimainkan dengan menekan senar pada posisi yang tepat. Pada piano, ketiga nada tersebut dimainkan dengan menekan tiga kunci yang tepat.

Latihan

Agar lebih memahami tentang akord, kita harus berlatih membuat akord secara teratur. Mulailah dengan akord-akord dasar, seperti C mayor, D mayor, E mayor, dan seterusnya. Setelah itu, kita bisa mencoba membuat akord yang lebih kompleks, seperti seventh chord dan lain-lain.

Kesimpulan

Akord adalah kumpulan dari tiga atau lebih nada yang dimainkan secara bersamaan. Ada beberapa jenis akord yang umum digunakan dalam musik, seperti major chord, minor chord, augmented chord, diminished chord, dan seventh chord. Untuk membuat akord, kita harus menentukan skala yang dipakai dan menentukan nada-nada yang digunakan dalam akord tersebut. Berlatih membuat akord secara teratur akan membantu kita menguasai teknik ini dengan baik.

Pos Terkait:  Cara Hack yang Menghasilkan Uang: Peluang atau Ancaman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close