Caramantap

Cara Mengatasi Android Bootloop dengan PC

×

Cara Mengatasi Android Bootloop dengan PC

Share this article

Pengertian Bootloop pada Android

Bootloop adalah kondisi dimana perangkat android Anda tidak bisa melakukan proses booting dengan normal dan terus menerus mengalami restart. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti kerusakan sistem, penginstalan aplikasi yang tidak kompatibel, atau kesalahan saat melakukan upgrade sistem operasi.

Cara Mengatasi Bootloop pada Android

Gangguan bootloop pada android bisa diatasi dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan menggunakan PC. Berikut adalah cara mengatasi bootloop pada android dengan PC:

1. Persiapan

Sebelum memulai proses perbaikan, pastikan PC Anda sudah terhubung dengan internet dan memiliki koneksi yang stabil. Selanjutnya, pastikan juga Anda telah mendownload firmware atau ROM yang sesuai dengan tipe perangkat android Anda. Jangan lupa untuk membackup data penting Anda sebelum melakukan proses perbaikan ini.

Pos Terkait:  Cara Memasukan Unipin FF

2. Download dan Instal ADB Tools

Setelah persiapan selesai, langkah selanjutnya adalah mendownload dan menginstal ADB Tools. ADB Tools adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat android dengan PC Anda. Setelah selesai menginstal, aktifkan mode pengembang pada perangkat android Anda dengan cara masuk ke menu pengaturan, pilih opsi tentang perangkat, dan klik build number beberapa kali hingga muncul pesan “Anda telah menjadi pengembang.

3. Hubungkan Perangkat Android dengan PC

Setelah mengaktifkan mode pengembang pada perangkat android Anda, selanjutnya hubungkan perangkat android ke PC menggunakan kabel USB. Pastikan perangkat android Anda sudah terdeteksi oleh PC sehingga Anda bisa melakukan proses perbaikan.

4. Masuk ke Mode Download

Langkah selanjutnya adalah memasukkan perangkat android Anda ke dalam mode download. Caranya adalah dengan menekan tombol Volume Down dan Power secara bersamaan hingga muncul pesan peringatan. Selanjutnya, tekan tombol Volume Up untuk masuk ke dalam mode download.

5. Ekstrak Firmware atau ROM

Setelah masuk ke dalam mode download, selanjutnya ekstrak firmware atau ROM yang telah Anda download sebelumnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang terdapat pada halaman unduhan sehingga proses ekstraksi dapat dilakukan dengan benar.

Pos Terkait:  Tikolu Net Emoji Mix by Tikoalu Apk Pembuat Emoji Terbaru

6. Buka ADB Tools

Buka aplikasi ADB Tools yang telah Anda instal pada PC. Selanjutnya, pilih opsi “Open Command Window Here” pada direktori ADB Tools.

7. Masukkan Perintah ADB

Selanjutnya, masukkan perintah ADB pada command prompt yang terbuka. Perintah yang dimaksud adalah “adb devices. Perintah ini akan menampilkan daftar perangkat android yang terhubung dengan PC Anda.

8. Masukkan Perintah Fastboot

Setelah perangkat android Anda terdeteksi oleh PC, masukkan perintah fastboot pada command prompt. Perintah yang dimaksud adalah “fastboot devices. Perintah ini akan menampilkan daftar perangkat android yang terhubung dengan PC Anda dalam mode fastboot.

9. Mulai Proses Flashing

Setelah semua persiapan selesai, selanjutnya mulai proses flashing dengan memasukkan perintah “fastboot flash boot namafile.img. Pastikan Anda mengganti “namafile.img” dengan nama firmware atau ROM yang telah Anda ekstrak sebelumnya.

10. Selesai

Setelah proses flashing selesai, cabut kabel USB dari perangkat android Anda dan restart perangkat. Android Anda akan kembali normal dan tidak mengalami bootloop lagi.

Kesimpulan

Bootloop pada android bisa menjadi sebuah masalah yang mengganggu. Namun, dengan menggunakan PC Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mudah. Ikuti langkah-langkah di atas dengan benar dan pastikan Anda melakukan backup data penting Anda sebelum memulai proses perbaikan. Selamat mencoba!

Pos Terkait:  Cara Bersikap Dingin Gambar: Rahasia Mempertahankan Ketenangan dalam Situasi Apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close