Caramantap

Apakah Aliran Jabariyah Masih Ada Sampai Sekarang?

×

Apakah Aliran Jabariyah Masih Ada Sampai Sekarang?

Share this article

Aliran Jabariyah adalah salah satu aliran dalam Islam yang mempercayai bahwa segala sesuatu telah ditentukan dan diatur oleh Allah SWT. Termasuk di dalamnya adalah perbuatan manusia yang sudah ditentukan sejak awal. Namun, apakah aliran ini masih ada sampai sekarang?

Sejarah Aliran Jabariyah

Aliran Jabariyah pertama kali muncul pada abad ke-8 di Irak. Aliran ini diprakarsai oleh seorang tokoh bernama Jahm bin Safwan. Jahm bin Safwan mempunyai pandangan bahwa segala sesuatu sudah ditentukan oleh Allah SWT dan manusia tidak mempunyai kebebasan dalam melakukan perbuatannya.

Pandangan ini kemudian menimbulkan kontroversi dan dianggap sebagai bid’ah oleh ulama-ulama saat itu. Namun, aliran Jabariyah masih tetap bertahan dan bahkan mengalami perkembangan di masa selanjutnya.

Pandangan Aliran Jabariyah

Aliran Jabariyah mempunyai pandangan bahwa segala sesuatu telah ditentukan oleh Allah SWT. Termasuk di dalamnya adalah perbuatan manusia yang sudah ditentukan sejak awal. Manusia tidak mempunyai kebebasan dalam melakukan perbuatannya.

Mereka juga mempunyai pandangan bahwa manusia tidak mempunyai kemampuan untuk memperoleh kebaikan atau keburukan. Semua itu sudah ditentukan oleh Allah SWT. Mereka juga mempunyai pandangan bahwa Allah SWT tidak mempunyai sifat kasih sayang dan belas kasihan terhadap manusia.

Pos Terkait:  Cara Melihat SMS Lewat Gmail

Perkembangan Aliran Jabariyah di Indonesia

Di Indonesia, aliran Jabariyah masih saja ada. Meskipun tidak banyak, namun masih ada beberapa orang yang mempercayai pandangan aliran ini. Mereka biasanya tergabung dalam kelompok-kelompok kecil atau dalam suatu organisasi tertentu.

Aliran Jabariyah di Indonesia umumnya terdapat di kalangan masyarakat yang kurang terdidik dan kurang memahami ajaran Islam dengan baik. Oleh karena itu, perlu adanya pengenalan dan edukasi yang baik terhadap ajaran Islam agar masyarakat tidak salah dalam memahami ajaran Islam.

Penanggulangan Aliran Jabariyah

Aliran Jabariyah dianggap sebagai aliran sesat oleh ulama-ulama Islam. Oleh karena itu, perlu adanya penanggulangan terhadap aliran ini agar tidak menyebar dan merusak keyakinan umat Islam yang sebenarnya.

Penanggulangan tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan pemahaman yang benar terhadap ajaran Islam. Selain itu, juga perlu adanya sosialisasi dan edukasi yang baik terhadap masyarakat agar tidak mudah terpengaruh oleh pandangan aliran Jabariyah.

Kesimpulan

Aliran Jabariyah masih ada sampai sekarang, meskipun tidak banyak. Aliran ini mempunyai pandangan bahwa segala sesuatu telah ditentukan oleh Allah SWT dan manusia tidak mempunyai kebebasan dalam melakukan perbuatannya.

Aliran Jabariyah dianggap sebagai aliran sesat oleh ulama-ulama Islam. Oleh karena itu, perlu adanya pengenalan dan edukasi yang baik terhadap ajaran Islam agar masyarakat tidak salah dalam memahami ajaran Islam.

Pos Terkait:  Apakah Video Call WhatsApp Aman? - Fakta vs Mitos

Penanggulangan terhadap aliran Jabariyah dapat dilakukan dengan cara memberikan pemahaman yang benar terhadap ajaran Islam dan sosialisasi yang baik terhadap masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close