Sebutkan Jenis-jenis Pestisida yang Perlu Diketahui

Posted on

Pestisida merupakan zat kimia yang digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman. Pestisida dibutuhkan untuk meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kesehatan tanaman. Berikut adalah jenis-jenis pestisida yang perlu diketahui:

1. Insektisida

Insektisida adalah jenis pestisida yang digunakan untuk membunuh serangga yang merusak tanaman. Insektisida dapat berupa kontak atau sistemik. Kontak insektisida bekerja dengan mengenai serangga secara langsung, sedangkan sistemik insektisida bekerja dengan diserap oleh tanaman dan membunuh serangga yang memakan tanaman.

2. Fungisida

Fungisida adalah jenis pestisida yang digunakan untuk membunuh jamur yang merusak tanaman. Fungisida dapat berupa kontak atau sistemik. Kontak fungisida bekerja dengan mengenai jamur secara langsung, sedangkan sistemik fungisida bekerja dengan diserap oleh tanaman dan membunuh jamur yang menyerang tanaman.

3. Herbisida

Herbisida adalah jenis pestisida yang digunakan untuk membunuh gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Herbisida dapat berupa kontak atau sistemik. Kontak herbisida bekerja dengan mengenai gulma secara langsung, sedangkan sistemik herbisida bekerja dengan diserap oleh tanaman dan membunuh gulma yang bersentuhan dengan tanaman.

Pos Terkait:  Cara Menonaktifkan Tombol Keyboard Laptop yang Rusak

4. Rodentisida

Rodentisida adalah jenis pestisida yang digunakan untuk membunuh tikus dan hewan pengerat lainnya yang merusak tanaman. Rodentisida dapat berupa kontak atau sistemik. Kontak rodentisida bekerja dengan mengenai tikus secara langsung, sedangkan sistemik rodentisida bekerja dengan diserap oleh tanaman dan membunuh tikus yang memakan tanaman.

5. Larvasida

Larvasida adalah jenis pestisida yang digunakan untuk membunuh larva serangga yang merusak tanaman. Larvasida dapat berupa kontak atau sistemik. Kontak larvasida bekerja dengan mengenai larva secara langsung, sedangkan sistemik larvasida bekerja dengan diserap oleh tanaman dan membunuh larva yang memakan tanaman.

6. Acarisida

Acarisida adalah jenis pestisida yang digunakan untuk membunuh tungau yang merusak tanaman. Acarisida dapat berupa kontak atau sistemik. Kontak acarisida bekerja dengan mengenai tungau secara langsung, sedangkan sistemik acarisida bekerja dengan diserap oleh tanaman dan membunuh tungau yang memakan tanaman.

7. Nematoda

Nematoda adalah jenis pestisida yang digunakan untuk membunuh cacing tanah yang merusak tanaman. Nematoda bekerja dengan menginvasi cacing tanah dan membunuhnya.

8. Repellent

Repellent adalah jenis pestisida yang digunakan untuk mengusir serangga atau hewan pengganggu tanaman tanpa membunuhnya. Repellent bekerja dengan memberikan aroma atau rasa yang tidak disukai oleh serangga atau hewan pengganggu tanaman.

Pos Terkait:  Lupa Nomor HP Kredivo: Cara Mengatasi dan Mendapatkan Kembali Nomor Telepon Anda

9. Attractant

Attractant adalah jenis pestisida yang digunakan untuk menarik serangga atau hewan pengganggu tanaman ke suatu tempat sehingga tidak merusak tanaman. Attractant bekerja dengan memberikan aroma atau rasa yang disukai oleh serangga atau hewan pengganggu tanaman ke suatu tempat tertentu.

10. Pheromone

Pheromone adalah jenis pestisida yang digunakan untuk mempengaruhi perilaku serangga. Pheromone bekerja dengan memberikan aroma yang meniru feromon serangga betina sehingga serangga jantan akan tertarik dan tidak dapat berkembang biak.

Dalam penggunaan pestisida, perlu diperhatikan dosis yang diberikan. Penggunaan pestisida yang berlebihan dapat merusak kesehatan tanaman dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, penggunaan pestisida harus dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kesimpulan

Jenis-jenis pestisida yang perlu diketahui meliputi insektisida, fungisida, herbisida, rodentisida, larvasida, acarisida, nematoda, repellent, attractant, dan pheromone. Penggunaan pestisida harus dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan aturan yang berlaku agar tidak merusak kesehatan tanaman dan lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *