Perbedaan So That dan Such That 2

Posted on

So That dan Such That adalah dua kata kunci yang sering digunakan dalam bahasa Inggris. Keduanya mempunyai arti yang hampir sama tetapi digunakan dalam konteks yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara So That dan Such That secara detail.

1. Pengertian So That

So That adalah kata kunci yang digunakan untuk menyatakan tujuan atau alasan di balik suatu tindakan atau kejadian. Kata ini digunakan untuk menghubungkan dua kalimat dan seringkali diikuti oleh sebuah klausa. Contoh:

Saya belajar bahasa Inggris setiap hari agar bisa berkomunikasi dengan orang asing.

Pada contoh di atas, kata kunci “agar” adalah So That dalam bahasa Inggris. Tujuan dari belajar bahasa Inggris adalah untuk bisa berkomunikasi dengan orang asing.

2. Pengertian Such That

Such That adalah kata kunci yang digunakan untuk memberikan contoh atau menjelaskan suatu situasi secara detail. Kata ini digunakan untuk menunjukkan hubungan antara dua hal atau kejadian. Contoh:

Pos Terkait:  Cara Select Object Photoshop untuk Pemula

Saya sangat senang dengan kelas bahasa Inggris saya karena guru saya sangat berpengalaman dan kelasnya sangat interaktif sehingga saya selalu merasa termotivasi untuk belajar.

Pada contoh di atas, kata kunci “karena” adalah Such That dalam bahasa Inggris. Guru yang berpengalaman dan kelas yang interaktif adalah faktor-faktor yang membuat saya termotivasi untuk belajar.

3. Perbedaan antara So That dan Such That

Perbedaan utama antara So That dan Such That adalah konteks penggunaannya. So That digunakan untuk tujuan atau alasan di balik suatu tindakan atau kejadian, sedangkan Such That digunakan untuk memberikan contoh atau menjelaskan suatu situasi secara detail.

So That seringkali diikuti oleh sebuah klausa yang menjelaskan tujuan dari suatu tindakan atau kejadian, sedangkan Such That seringkali diikuti oleh sebuah frasa yang menjelaskan situasi atau kondisi yang menyebabkan suatu hal terjadi.

4. Contoh Penggunaan So That dan Such That

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan So That dan Such That dalam kalimat:

So That:

  1. Saya belajar bahasa Inggris setiap hari agar bisa berkomunikasi dengan orang asing.
  2. Saya menabung uang agar bisa membeli mobil yang saya impikan.
  3. Saya berolahraga setiap hari agar tubuh saya tetap sehat dan bugar.
Pos Terkait:  Perbedaan Asuransi dan Dana Pensiun Brainly

Such That:

  1. Saya sangat senang dengan kelas bahasa Inggris saya karena guru saya sangat berpengalaman dan kelasnya sangat interaktif sehingga saya selalu merasa termotivasi untuk belajar.
  2. Saya tidak bisa tidur semalaman karena suara kereta api yang lewat di depan rumah saya sangat bising sehingga mengganggu tidur saya.
  3. Saya tidak suka makanan pedas karena lidah saya sangat sensitif sehingga mudah terbakar.

5. Kesimpulan

So That dan Such That adalah kata kunci dalam bahasa Inggris yang sering digunakan untuk menyatakan tujuan atau alasan di balik suatu tindakan atau kejadian. Perbedaan utama antara keduanya adalah konteks penggunaannya. So That digunakan untuk tujuan atau alasan di balik suatu tindakan atau kejadian, sedangkan Such That digunakan untuk memberikan contoh atau menjelaskan suatu situasi secara detail.

Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci ini dengan benar agar dapat memperjelas arti dari kalimat yang kita buat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *