Caramantap

Perbedaan Did dan Was

×

Perbedaan Did dan Was

Share this article

Saat belajar bahasa Inggris, kita pasti akan sering mendengar kata-kata seperti did dan was. Kedua kata ini sering digunakan dalam kalimat bahasa Inggris, terutama dalam bentuk kalimat tanya dan kalimat lampau. Namun, apakah kamu tahu apa perbedaan antara did dan was? Di dalam artikel ini, akan dibahas secara lengkap mengenai perbedaan did dan was dalam bahasa Inggris.

Pengertian Did dan Was

Sebelum membahas perbedaannya, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dari did dan was. Did dan was merupakan kata kerja bantu yang digunakan dalam kalimat bahasa Inggris. Did digunakan untuk membentuk kalimat tanya dan kalimat negatif dalam bentuk lampau sederhana, sedangkan was digunakan untuk membentuk kalimat positif dalam bentuk lampau sederhana.

Perbedaan Did dan Was

Perbedaan pertama antara did dan was terletak pada penggunaannya dalam kalimat. Did digunakan dalam kalimat tanya dan kalimat negatif, sedangkan was digunakan dalam kalimat positif.

Contohnya:

Kalimat tanya

Did you go to the store yesterday? (Apakah kamu pergi ke toko kemarin?)

Was she at home yesterday? (Apakah dia berada di rumah kemarin?)

Pos Terkait:  Cara Nonton Piala Dunia Gratis: Bisa Lewat HP, Modalnya

Kalimat negatif

I did not go to the store yesterday. (Saya tidak pergi ke toko kemarin.)

She was not at home yesterday. (Dia tidak berada di rumah kemarin.)

Perbedaan kedua antara did dan was terletak pada kata kerja yang digunakan. Did selalu diikuti oleh kata kerja bentuk dasar (infinitive), sedangkan was diikuti oleh kata kerja bentuk kedua (past participle).

Contohnya:

I did my homework yesterday. (Saya mengerjakan PR saya kemarin.)

She was watching TV when I arrived. (Dia sedang menonton TV ketika saya tiba.)

Perbedaan ketiga antara did dan was terletak pada waktu yang digunakan. Did digunakan untuk membentuk kalimat lampau sederhana (simple past tense), sedangkan was digunakan untuk membentuk kalimat lampau sederhana dalam bentuk positif.

Contohnya:

I did my homework yesterday. (Saya mengerjakan PR saya kemarin.)

She was happy with her new job. (Dia senang dengan pekerjaan barunya.)

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa did dan was merupakan kata kerja bantu yang digunakan dalam kalimat bahasa Inggris. Did digunakan untuk membentuk kalimat tanya dan kalimat negatif dalam bentuk lampau sederhana, sedangkan was digunakan untuk membentuk kalimat positif dalam bentuk lampau sederhana. Perbedaan did dan was terletak pada penggunaannya dalam kalimat, kata kerja yang digunakan, dan waktu yang digunakan. Dengan memahami perbedaan did dan was, diharapkan dapat membuat kamu lebih mudah dalam menggunakan kedua kata tersebut dalam kalimat bahasa Inggris.

Pos Terkait:  Cara Mengubah Nama Pengguna di Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close