Jelaskan Tentang Bentuk Organisasi dan Contohnya

Posted on

Organisasi merupakan kumpulan orang yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang sama. Bentuk organisasi dapat berbeda-beda tergantung pada tujuan, ukuran, dan struktur organisasi tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai bentuk organisasi beserta contohnya.

1. Organisasi Fungsional

Organisasi fungsional adalah bentuk organisasi di mana departemen berdasarkan fungsi atau tugas. Setiap departemen bertanggung jawab atas tugas atau fungsi tertentu. Contoh organisasi fungsional adalah perusahaan manufaktur yang terdiri dari departemen produksi, pemasaran, dan keuangan.

2. Organisasi Proyek

Organisasi proyek adalah bentuk organisasi di mana tim dibentuk untuk menyelesaikan proyek tertentu. Setelah proyek selesai, tim dibubarkan. Contoh organisasi proyek adalah perusahaan konstruksi yang membentuk tim untuk membangun gedung atau jembatan.

3. Organisasi Matriks

Organisasi matriks adalah bentuk organisasi di mana karyawan bekerja pada proyek tertentu dan juga secara fungsional di departemen tertentu. Contoh organisasi matriks adalah perusahaan teknologi yang memiliki tim pengembangan produk dan tim pemasaran, tetapi anggota tim pengembangan produk juga bekerja pada proyek tertentu.

Pos Terkait:  Profil Startup Warung Pintar, Lengkap dengan Cara Daftarnya

4. Organisasi Berjenjang

Organisasi berjenjang adalah bentuk organisasi di mana ada beberapa tingkat manajemen, mulai dari manajemen puncak hingga manajemen operasional. Contoh organisasi berjenjang adalah perusahaan besar yang memiliki CEO, direktur, manajer, dan supervisor.

5. Organisasi Virtual

Organisasi virtual adalah bentuk organisasi di mana anggota tim bekerja dari lokasi yang berbeda dan terhubung melalui teknologi. Contoh organisasi virtual adalah perusahaan yang memiliki karyawan yang bekerja dari rumah atau di seluruh dunia.

6. Organisasi Non-Profit

Organisasi non-profit adalah bentuk organisasi di mana tujuan utama bukanlah menghasilkan keuntungan, tetapi untuk mencapai tujuan sosial, kemanusiaan, atau lingkungan. Contoh organisasi non-profit adalah yayasan, lembaga amal, atau organisasi lingkungan.

7. Organisasi Formal

Organisasi formal adalah bentuk organisasi di mana aturan dan prosedur tertulis ditetapkan untuk mengatur perilaku karyawan. Contoh organisasi formal adalah perusahaan besar yang memiliki kebijakan dan prosedur tertulis untuk mengatur perilaku karyawan.

8. Organisasi Informal

Organisasi informal adalah bentuk organisasi di mana perilaku karyawan diatur oleh norma-norma sosial dan budaya perusahaan. Contoh organisasi informal adalah perusahaan kecil yang memiliki budaya kerja yang kuat dan norma-norma sosial yang mengatur perilaku karyawan.

Pos Terkait:  Cara Isi Voucher Smartfren

9. Organisasi Koperasi

Organisasi koperasi adalah bentuk organisasi di mana anggota memiliki kepemilikan bersama dan mengambil keputusan bersama. Contoh organisasi koperasi adalah koperasi petani atau koperasi konsumen.

10. Organisasi Hierarki

Organisasi hierarki adalah bentuk organisasi di mana ada struktur hierarki yang jelas dan karyawan memiliki jenjang karir yang terdefinisi dengan baik. Contoh organisasi hierarki adalah perusahaan militer atau pemerintah.

11. Organisasi Lateral

Organisasi lateral adalah bentuk organisasi di mana karyawan memiliki fleksibilitas dalam mengambil keputusan dan bekerja dalam tim yang terdiri dari berbagai departemen. Contoh organisasi lateral adalah perusahaan teknologi yang mendorong karyawan untuk bekerja secara kolaboratif dan mengambil keputusan bersama.

12. Organisasi Line

Organisasi line adalah bentuk organisasi di mana keputusan ditentukan oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh karyawan di tingkat operasional. Contoh organisasi line adalah perusahaan manufaktur yang memiliki produksi, pemasaran, dan keuangan.

13. Organisasi Staf

Organisasi staf adalah bentuk organisasi di mana karyawan bertanggung jawab atas tugas-tugas administratif dan mendukung kegiatan operasional. Contoh organisasi staf adalah perusahaan yang memiliki departemen administrasi, sumber daya manusia, dan akuntansi.

14. Organisasi Lainnya

Selain bentuk organisasi yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak bentuk organisasi lainnya seperti organisasi ad hoc, organisasi informal, organisasi virtual, dan lain-lain.

Pos Terkait:  Inilah Kisah Peperangan Hamra al-Asad | Pertempuran Hebat

Kesimpulan

Setiap organisasi memiliki bentuk yang berbeda tergantung pada tujuan, ukuran, dan struktur organisasi tersebut. Bentuk organisasi yang tepat dapat membantu organisasi mencapai tujuannya dengan efisien dan efektif. Pemilihan bentuk organisasi juga harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti sumber daya manusia, teknologi, dan lingkungan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *