Jelaskan Pengertian Administrasi Secara Umum

Posted on

Administrasi adalah suatu proses yang kompleks dalam mengatur sebuah organisasi atau institusi agar bisa berjalan dengan baik. Dalam pengertian yang lebih umum, administrasi adalah serangkaian tindakan untuk merencanakan, mengorganisir, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia, keuangan, dan material untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian administrasi menurut para ahli:

1. Theo Haimann

Theo Haimann mendefinisikan administrasi sebagai proses pengorganisasian dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menurutnya, administrasi adalah seni dan ilmu untuk merencanakan, mengatur, memimpin, dan mengendalikan organisasi.

2. Robert Koontz dan O’Donnell

Robert Koontz dan O’Donnell mengemukakan bahwa administrasi adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya manusia dan material untuk mencapai tujuan organisasi.

Pos Terkait:  Cara Cek IMEI HP Xiaomi Asli atau Palsu dengan Mudah

3. George R. Terry

Menurut George R. Terry, administrasi adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Tujuan Administrasi

Adapun tujuan administrasi adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Organisasi

Dalam administrasi, tujuan yang utama adalah mencapai efisiensi dan efektivitas organisasi. Efisiensi berarti melakukan pekerjaan dengan biaya yang rendah, sedangkan efektivitas berarti mencapai tujuan organisasi.

2. Memastikan Kepatuhan pada Peraturan dan Keputusan

Administrasi juga bertujuan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan peraturan yang telah ditetapkan oleh organisasi dijalankan dengan benar dan tepat waktu.

3. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Tujuan administrasi juga adalah meningkatkan kinerja karyawan dengan memberikan pelatihan, penghargaan, dan pengembangan karir.

Fungsi Administrasi

Berikut ini adalah beberapa fungsi administrasi:

1. Perencanaan

Fungsi administrasi yang pertama adalah perencanaan. Perencanaan ini meliputi penetapan tujuan organisasi, strategi, dan kebijakan yang akan diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Pengorganisasian

Fungsi administrasi yang kedua adalah pengorganisasian. Pengorganisasian ini meliputi pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab di dalam organisasi.

3. Pengarahan

Fungsi administrasi yang ketiga adalah pengarahan. Pengarahan ini meliputi memberikan instruksi dan arahan kepada karyawan untuk melakukan tugas mereka dengan baik.

Pos Terkait:  Cara Memahami Karate Dasar

4. Pengawasan

Fungsi administrasi yang keempat adalah pengawasan. Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua tugas dan kegiatan di dalam organisasi berjalan sesuai dengan rencana.

Keunggulan Administrasi

Adapun beberapa keunggulan administrasi adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Efisiensi Kerja

Dengan adanya administrasi yang baik, proses kerja di dalam organisasi akan lebih efisien dan efektif.

2. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Administrasi juga membantu memudahkan pengambilan keputusan karena semua data dan informasi terkait dengan organisasi tersedia dengan mudah.

3. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Dengan adanya administrasi yang baik, kinerja karyawan dapat meningkat karena mereka memiliki pedoman yang jelas tentang tugas dan tanggung jawab mereka di dalam organisasi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa administrasi adalah proses pengorganisasian dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi memiliki tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi, memastikan kepatuhan pada peraturan dan keputusan, serta meningkatkan kinerja karyawan. Fungsi administrasi meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Keunggulan administrasi adalah meningkatkan efisiensi kerja, memudahkan pengambilan keputusan, dan meningkatkan kinerja karyawan. Oleh karena itu, administrasi sangat penting dalam menjalankan sebuah organisasi agar dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *