Cara Mengecilkan Tabel Excel di Word

Posted on

Microsoft Excel dan Microsoft Word adalah dua program yang sangat berguna di dunia kerja dan bisnis. Dalam proses pembuatan dokumen, seringkali kita membutuhkan tabel untuk menyajikan data secara terstruktur dan mudah dibaca. Namun, terkadang ukuran tabel yang terlalu besar dapat membuat dokumen kita terlihat berantakan dan tidak rapi. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara mengecilkan tabel Excel di Word agar dokumen kita terlihat lebih profesional dan enak dipandang.

1. Pilih Tabel yang Ingin Dikecilkan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih tabel yang ingin dikecilkan. Klik pada salah satu sel pada tabel tersebut untuk menampilkan menu Table Tools di menu bar.

2. Klik Tombol Layout

Pada menu Table Tools, klik tombol Layout untuk menampilkan opsi-opsi untuk mengatur tampilan tabel.

3. Pilih Resize Table

Pada menu Layout, pilih opsi Resize Table untuk mengecilkan ukuran tabel. Ukuran tabel dapat diatur secara manual dengan memasukkan nilai yang diinginkan atau dengan memilih opsi AutoFit, yang akan menyesuaikan ukuran tabel dengan isi sel.

4. Pilih AutoFit Window

Jika ingin menyesuaikan ukuran tabel dengan lebar dokumen, pilih opsi AutoFit Window. Dengan opsi ini, ukuran tabel akan menyesuaikan dengan lebar dokumen, sehingga lebih mudah dibaca dan terlihat lebih rapi.

Pos Terkait:  Ini Dia Arti Kata Babayo di TikTok, Istilah Bahasa Gaul

5. Pilih AutoFit Contents

Jika ingin menyesuaikan ukuran tabel dengan isi sel, pilih opsi AutoFit Contents. Dengan opsi ini, ukuran tabel akan menyesuaikan dengan isi sel, sehingga lebih mudah dibaca dan terlihat lebih rapi.

6. Pilih AutoFit to Window

Jika ingin menyesuaikan ukuran tabel dengan lebar dokumen dan isi sel, pilih opsi AutoFit to Window. Dengan opsi ini, ukuran tabel akan menyesuaikan dengan lebar dokumen dan isi sel, sehingga lebih mudah dibaca dan terlihat lebih rapi.

7. Atur Margin

Selain mengecilkan ukuran tabel, kita juga dapat mengatur margin pada tabel agar terlihat lebih rapi. Pada menu Layout, pilih opsi Margins untuk menampilkan opsi-opsi untuk mengatur margin pada tabel.

8. Pilih Custom Margins

Pada menu Margins, pilih opsi Custom Margins untuk mengatur margin secara manual. Dalam opsi ini, kita dapat mengatur margin atas, bawah, kiri, dan kanan tabel sesuai dengan kebutuhan.

9. Atur Padding

Selain margin, kita juga dapat mengatur padding pada tabel agar terlihat lebih rapi. Padding adalah jarak antara isi sel dan batas sel. Pada menu Layout, pilih opsi Cell Margins untuk menampilkan opsi-opsi untuk mengatur padding pada tabel.

10. Pilih Custom Cell Margins

Pada menu Cell Margins, pilih opsi Custom Cell Margins untuk mengatur padding secara manual. Dalam opsi ini, kita dapat mengatur padding atas, bawah, kiri, dan kanan sel sesuai dengan kebutuhan.

11. Pilih Text Wrapping

Text wrapping adalah opsi untuk mengatur tampilan teks pada sel tabel. Pada menu Layout, pilih opsi Text Wrapping untuk menampilkan opsi-opsi untuk mengatur text wrapping pada tabel.

12. Pilih Wrap Text

Pada opsi Text Wrapping, pilih opsi Wrap Text untuk membuat teks pada sel tabel terlihat lebih rapi dan mudah dibaca.

13. Pilih Merge Cells

Merge cells adalah opsi untuk menggabungkan dua atau lebih sel pada tabel. Pada menu Layout, pilih opsi Merge Cells untuk menampilkan opsi-opsi untuk menggabungkan sel pada tabel.

Pos Terkait:  Siapakah Yesus Menurut Saya?

14. Pilih Merge Cells

Pada opsi Merge Cells, pilih sel yang ingin digabungkan dan klik tombol Merge Cells untuk menggabungkan sel tersebut. Dengan menggabungkan sel, kita dapat membuat tabel terlihat lebih rapi dan mudah dibaca.

15. Pilih Split Cells

Split cells adalah opsi untuk membagi satu sel menjadi dua atau lebih sel. Pada menu Layout, pilih opsi Split Cells untuk menampilkan opsi-opsi untuk membagi sel pada tabel.

16. Pilih Split Cells

Pada opsi Split Cells, pilih sel yang ingin dibagi dan masukkan jumlah baris dan kolom yang diinginkan. Dengan membagi sel, kita dapat membuat tabel terlihat lebih rapi dan mudah dibaca.

17. Pilih Table Properties

Table properties adalah opsi untuk mengatur properti-properti pada tabel, seperti batas tabel, warna batas, dan sebagainya. Pada menu Table Tools, pilih opsi Table Properties untuk menampilkan opsi-opsi untuk mengatur properti pada tabel.

18. Pilih Borders and Shading

Pada opsi Table Properties, pilih opsi Borders and Shading untuk mengatur batas dan warna pada tabel. Dalam opsi ini, kita dapat memilih jenis batas, ketebalan batas, warna batas, dan sebagainya.

19. Pilih Table Options

Table options adalah opsi untuk mengatur opsi-opsi tambahan pada tabel, seperti header, footer, dan sebagainya. Pada menu Table Tools, pilih opsi Table Options untuk menampilkan opsi-opsi tambahan pada tabel.

20. Pilih Header Row

Pada opsi Table Options, pilih opsi Header Row untuk menandai baris pertama pada tabel sebagai header. Dengan menandai baris pertama sebagai header, kita dapat membuat tabel terlihat lebih rapi dan mudah dibaca.

21. Pilih Total Row

Pada opsi Table Options, pilih opsi Total Row untuk menandai baris terakhir pada tabel sebagai total. Dengan menandai baris terakhir sebagai total, kita dapat memberikan informasi tambahan pada tabel.

22. Pilih Formula

Formula adalah opsi untuk menghitung data pada tabel. Pada menu Table Tools, pilih opsi Formula untuk menampilkan opsi-opsi untuk menghitung data pada tabel.

Pos Terkait:  130 Kosakata Bahasa Jepang yang Populer Sering

23. Pilih Sum

Pada opsi Formula, pilih opsi Sum untuk menghitung jumlah data pada sel tertentu. Dengan menghitung jumlah data pada sel, kita dapat memberikan informasi tambahan pada tabel.

24. Pilih Average

Pada opsi Formula, pilih opsi Average untuk menghitung rata-rata data pada sel tertentu. Dengan menghitung rata-rata data pada sel, kita dapat memberikan informasi tambahan pada tabel.

25. Pilih Count

Pada opsi Formula, pilih opsi Count untuk menghitung jumlah data pada sel tertentu. Dengan menghitung jumlah data pada sel, kita dapat memberikan informasi tambahan pada tabel.

26. Pilih Max

Pada opsi Formula, pilih opsi Max untuk menampilkan nilai maksimal dari data pada sel tertentu. Dengan menampilkan nilai maksimal pada sel, kita dapat memberikan informasi tambahan pada tabel.

27. Pilih Min

Pada opsi Formula, pilih opsi Min untuk menampilkan nilai minimal dari data pada sel tertentu. Dengan menampilkan nilai minimal pada sel, kita dapat memberikan informasi tambahan pada tabel.

28. Pilih Sort

Sort adalah opsi untuk mengurutkan data pada tabel. Pada menu Table Tools, pilih opsi Sort untuk menampilkan opsi-opsi untuk mengurutkan data pada tabel.

29. Pilih Sort Ascending atau Sort Descending

Pada opsi Sort, pilih opsi Sort Ascending atau Sort Descending untuk mengurutkan data pada tabel secara menaik atau menurun. Dengan mengurutkan data pada tabel, kita dapat membuat tabel terlihat lebih rapi dan mudah dibaca.

30. Kesimpulan

Demikianlah cara mengecilkan tabel Excel di Word. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat tabel terlihat lebih rapi dan mudah dibaca, sehingga dokumen kita terlihat lebih profesional dan enak dipandang. Selain itu, kita juga dapat mengatur margin, padding, text wrapping, dan sebagainya untuk membuat tabel terlihat lebih rapi dan mudah dibaca. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua.