Caramantap

Cara Ganti MAC WiFi Android Tanpa Root

×

Cara Ganti MAC WiFi Android Tanpa Root

Share this article

Mungkin kamu pernah mengalami masalah saat ingin mengakses internet menggunakan WiFi di beberapa tempat. Misalnya saja di kampus, kantor, atau di tempat umum lainnya. Masalah yang sering terjadi adalah kamu tidak dapat terhubung ke internet karena MAC Address dari perangkat Android kamu diblokir. MAC Address adalah alamat jaringan unik yang diberikan oleh produsen perangkat. Jika MAC Address kamu diblokir maka kamu tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi tersebut.

Namun, jangan khawatir! Kamu dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara mengganti MAC Address pada perangkat Android kamu. Pada artikel ini, kami akan memberikan tutorial cara mengganti MAC WiFi Android tanpa harus melakukan root pada perangkat kamu.

Apa itu Root?

Sebelum masuk ke tutorial cara mengganti MAC WiFi Android tanpa root, mari kita bahas terlebih dahulu tentang root. Root adalah proses untuk memberikan akses penuh pada pengguna Android ke seluruh sistem operasi. Saat kamu melakukan root, kamu dapat mengakses dan mengubah berbagai fitur yang sebelumnya tidak dapat kamu akses.

Pos Terkait:  Ciri-Ciri Generasi Gametofit Tumbuhan Paku

Namun, melakukan root juga memiliki risiko. Salah satu risiko yang mungkin terjadi adalah perangkat kamu menjadi tidak stabil dan bahkan rusak. Selain itu, melakukan root juga dapat menyebabkan kerusakan pada garansi perangkat kamu.

Cara Ganti MAC WiFi Android Tanpa Root

Berikut adalah langkah-langkah cara mengganti MAC WiFi Android tanpa root:

1. Download Aplikasi Terminal Emulator

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah men-download aplikasi Terminal Emulator dari Google Play Store. Aplikasi ini berfungsi untuk membuka terminal pada perangkat Android kamu.

2. Buka Aplikasi Terminal Emulator

Setelah kamu berhasil mendownload aplikasi Terminal Emulator, buka aplikasi tersebut pada perangkat kamu.

3. Masukkan Perintah

Selanjutnya, kamu perlu memasukkan perintah untuk mengganti MAC Address pada perangkat kamu. Berikut adalah perintah yang perlu kamu masukkan:

ip link set wlan0 address XX:XX:XX:YY:YY:YY

Pada perintah di atas, ganti XX:XX:XX:YY:YY:YY dengan MAC Address baru yang ingin kamu gunakan. Pastikan MAC Address yang kamu gunakan unik dan belum digunakan pada jaringan WiFi yang kamu tuju.

4. Restart Perangkat Kamu

Setelah kamu berhasil memasukkan perintah untuk mengganti MAC Address, restart perangkat kamu. Setelah di-restart, kamu dapat mencoba untuk terhubung ke jaringan WiFi yang sebelumnya tidak dapat kamu akses.

Pos Terkait:  Cara Menampilkan Lirik Joox di Layar Utama Android

Kesimpulan

Itulah tutorial cara mengganti MAC WiFi Android tanpa root. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengatasi masalah ketika tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi karena MAC Address diblokir. Namun, pastikan untuk menggunakan fitur ini dengan bijak dan hanya pada keadaan yang memang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close