Cara Agar Jam di Laptop Tidak Berubah 2

Posted on

Apakah Anda sering mengalami masalah dengan jam pada laptop Anda yang selalu berubah-ubah? Hal ini tentu sangat mengganggu karena jam yang tidak tepat akan mempengaruhi waktu yang Anda gunakan untuk melakukan aktivitas di laptop. Berikut adalah beberapa cara agar jam di laptop tidak berubah 2.

1. Sinkronisasi Jam dengan Server

Salah satu cara agar jam pada laptop tidak berubah 2 adalah dengan melakukan sinkronisasi jam dengan server. Caranya adalah dengan mengklik ikon jam di bagian kanan bawah layar, kemudian pilih opsi “Ubah pengaturan tanggal dan waktu. Selanjutnya, aktifkan opsi “Sinkronisasi waktu dengan server internet” dan pilih server yang tersedia.

2. Periksa Baterai CMOS

Baterai CMOS adalah baterai kecil yang terletak di dalam motherboard laptop Anda. Baterai ini bertanggung jawab untuk menyimpan pengaturan waktu dan tanggal pada laptop. Jika baterai ini rusak, maka jam pada laptop akan sering berubah-ubah. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus membuka casing laptop dan memeriksa baterai CMOS. Jika baterai ini rusak, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Pos Terkait:  Renbo Tak Masuk Roster Bigetron Alpha di MPL S10, Ini Alasannya

3. Perbarui Driver Laptop

Driver laptop juga bisa menjadi penyebab jam pada laptop sering berubah-ubah. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan Anda selalu memperbarui driver laptop secara teratur. Caranya adalah dengan membuka Device Manager, pilih driver yang ingin diperbarui, dan klik opsi “Update Driver”.

4. Matikan Fitur “Set Time Automatically”

Fitur “Set Time Automatically” pada Windows memungkinkan laptop untuk mengatur waktu secara otomatis berdasarkan zona waktu yang digunakan. Namun, kadang-kadang fitur ini malah membuat jam pada laptop sering berubah-ubah. Untuk mengatasi masalah ini, matikan fitur “Set Time Automatically” dengan cara mengklik ikon jam di bagian kanan bawah layar, kemudian pilih opsi “Ubah pengaturan tanggal dan waktu”, dan nonaktifkan opsi “Set time automatically.

5. Cek Koneksi Internet

Koneksi internet yang buruk juga bisa membuat jam pada laptop sering berubah-ubah. Pastikan koneksi internet Anda stabil dan cepat agar jam pada laptop tidak berubah-ubah. Jika masalah ini terus berlanjut, coba ganti provider internet yang lebih baik.

6. Periksa Pengaturan Zona Waktu

Setiap negara memiliki zona waktu yang berbeda-beda. Jika pengaturan zona waktu pada laptop tidak sesuai dengan wilayah tempat Anda berada, maka jam pada laptop akan sering berubah-ubah. Untuk mengatasi masalah ini, periksa pengaturan zona waktu pada laptop dan sesuaikan dengan wilayah tempat Anda berada.

Pos Terkait:  Cara Membuat Link Twitter di Instagram

7. Restart Laptop

Jam pada laptop yang sering berubah-ubah juga bisa disebabkan oleh masalah teknis sederhana. Salah satunya adalah karena adanya gangguan pada sistem operasi. Untuk mengatasi masalah ini, coba restart laptop Anda. Setelah itu, periksa kembali jam pada laptop dan pastikan sudah tepat.

8. Periksa Virus atau Malware

Virus atau malware pada laptop juga bisa membuat jam pada laptop sering berubah-ubah. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan laptop Anda selalu terlindungi dari virus atau malware dengan menggunakan software antivirus terbaik. Selain itu, hindari mengunduh atau membuka file yang mencurigakan dari internet.

9. Ganti Sumber Daya Listrik

Jam pada laptop juga bisa sering berubah-ubah jika sumber daya listrik yang digunakan tidak stabil. Jika Anda sering menggunakan laptop dengan menggunakan baterai, pastikan baterai tersebut masih dalam kondisi yang baik. Jika Anda menggunakan adaptor listrik, pastikan adaptor tersebut juga masih dalam kondisi yang baik.

10. Perbarui Sistem Operasi

Kadang-kadang masalah jam pada laptop juga bisa disebabkan oleh masalah pada sistem operasi. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan sistem operasi pada laptop Anda selalu diperbarui secara teratur. Caranya adalah dengan membuka Windows Update dan mengikuti instruksi yang diberikan.

Pos Terkait:  Domino RP Versi Mod X Speeder: Inovasi Terbaru dalam Bermain Game Domino

11. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi masalah jam pada laptop yang sering berubah-ubah. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan, seperti Atomic Clock Sync, NTP Time Server Monitor, dan sebagainya.

Kesimpulan

Jam pada laptop yang sering berubah-ubah memang sangat mengganggu. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara di atas. Pastikan Anda selalu memperbarui sistem operasi, periksa baterai CMOS, gunakan aplikasi pihak ketiga, dan pastikan koneksi internet serta sumber daya listrik yang digunakan stabil. Dengan melakukan langkah-langkah ini, jam pada laptop Anda akan tetap tepat dan tidak berubah-ubah.