Apakah Dalam Senyawa Etena Terjadi Isomeri Cis Trans? Jelaskan

Posted on

Jika Anda pernah belajar kimia, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah isomeri. Isomeri adalah senyawa kimia dengan rumus molekul yang sama, tetapi memiliki struktur yang berbeda. Ada beberapa jenis isomeri, seperti isomeri posisi, rantai, dan fungsi. Namun, dalam artikel ini kita akan membahas isomeri cis trans pada senyawa etena.

Apa Itu Senyawa Etena?

Sebelum kita membahas isomeri cis trans pada senyawa etena, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu senyawa etena. Senyawa etena adalah senyawa organik yang terdiri dari dua atom karbon dan empat atom hidrogen. Rumus molekulnya adalah C2H4. Senyawa etena sangat penting dalam industri kimia karena digunakan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai jenis plastik, seperti polietilena.

Apa Itu Isomeri Cis Trans?

Isomeri cis trans adalah salah satu jenis isomeri rantai pada senyawa alkena. Senyawa alkena memiliki ikatan rangkap dua antara dua atom karbon. Isomeri cis trans terjadi karena adanya ikatan rangkap dua yang memungkinkan adanya perbedaan letak atom atau gugus fungsi pada kedua sisi ikatan rangkap dua.

Pos Terkait:  Bagaimana Upaya Meningkatkan Pertahanan dan Keamanan?

Bagaimana Isomeri Cis Trans Terjadi Pada Senyawa Etena?

Pada senyawa etena, terdapat dua atom karbon yang memiliki ikatan rangkap dua. Kedua atom karbon ini terhubung dengan empat atom hidrogen dan satu atom hidrogen pada setiap atom karbon. Jika kita melihat struktur senyawa etena, kita akan melihat bahwa ada dua cara untuk meletakkan atom hidrogen pada masing-masing atom karbon.

Jika kedua atom hidrogen pada masing-masing atom karbon berada pada sisi yang sama dari ikatan rangkap dua, maka senyawa etena tersebut disebut sebagai isomeri cis. Sedangkan jika kedua atom hidrogen pada masing-masing atom karbon berada pada sisi yang berlawanan dari ikatan rangkap dua, maka senyawa etena tersebut disebut sebagai isomeri trans.

Apa Perbedaan Antara Isomeri Cis Dan Trans Pada Senyawa Etena?

Perbedaan utama antara isomeri cis dan trans pada senyawa etena adalah letak atom atau gugus fungsi pada kedua sisi ikatan rangkap dua. Pada isomeri cis, kedua atom hidrogen pada masing-masing atom karbon berada pada sisi yang sama dari ikatan rangkap dua, sehingga letak gugus fungsi lainnya pada senyawa etena akan berada pada sisi yang sama juga.

Pos Terkait:  Cara Menambah Subscriber dan Viewers YouTube dengan Mudah dan Cepat

Sedangkan pada isomeri trans, kedua atom hidrogen pada masing-masing atom karbon berada pada sisi yang berlawanan dari ikatan rangkap dua, sehingga letak gugus fungsi lainnya pada senyawa etena akan berada pada sisi yang berlawanan juga.

Apa Fungsi Isomeri Cis Trans Pada Senyawa Etena?

Isomeri cis trans pada senyawa etena memiliki peran yang sangat penting dalam industri kimia. Karena senyawa etena digunakan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai jenis plastik, maka isomeri cis trans akan mempengaruhi sifat fisik dan kimia dari plastik yang dihasilkan.

Isomeri cis trans pada senyawa etena akan mempengaruhi sifat transparansi, kekuatan, dan elastisitas dari plastik. Oleh karena itu, penting bagi industri kimia untuk memahami perbedaan antara isomeri cis dan trans pada senyawa etena sehingga dapat menghasilkan produk plastik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Bagaimana Cara Membedakan Isomeri Cis Dan Trans Pada Senyawa Etena?

Ada beberapa cara untuk membedakan isomeri cis dan trans pada senyawa etena. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan menggunakan spektroskopi inframerah. Spektroskopi inframerah dapat digunakan untuk menentukan letak gugus fungsi pada senyawa organik, termasuk senyawa etena.

Dengan menggunakan spektroskopi inframerah, kita dapat melihat adanya puncak-puncak pada spektrum inframerah yang menunjukkan adanya ikatan rangkap dua dan gugus fungsi lainnya pada senyawa etena. Selain itu, kita juga dapat melihat adanya perbedaan puncak pada spektrum inframerah antara isomeri cis dan trans pada senyawa etena.

Pos Terkait:  Perbedaan Dikotil dan Monokotil dalam Bentuk Tabel

Kesimpulan

Isomeri cis trans pada senyawa etena adalah salah satu jenis isomeri rantai pada senyawa alkena. Isomeri cis trans terjadi karena adanya ikatan rangkap dua yang memungkinkan adanya perbedaan letak atom atau gugus fungsi pada kedua sisi ikatan rangkap dua. Perbedaan utama antara isomeri cis dan trans pada senyawa etena adalah letak atom atau gugus fungsi pada kedua sisi ikatan rangkap dua. Isomeri cis trans pada senyawa etena memiliki peran yang sangat penting dalam industri kimia karena mempengaruhi sifat fisik dan kimia dari plastik yang dihasilkan. Ada beberapa cara untuk membedakan isomeri cis dan trans pada senyawa etena, salah satunya adalah dengan menggunakan spektroskopi inframerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *