Caramantap

Perbedaan Must dan Have To

×

Perbedaan Must dan Have To

Share this article

Bagi yang belajar bahasa Inggris, pasti sering mendengar kata-kata must dan have to. Keduanya sering digunakan untuk menyatakan kewajiban atau keharusan. Namun, apakah keduanya sama? Ataukah ada perbedaan yang harus kita ketahui? Mari kita simak penjelasan berikut.

Definisi Must dan Have To

Must dan have to adalah kata kerja modal yang digunakan untuk menyatakan kewajiban atau keharusan. Keduanya memiliki arti yang sama, namun ada perbedaan kecil dalam penggunaannya.

Must digunakan untuk menyatakan kewajiban yang bersifat pribadi atau subjektif. Contohnya, “I must finish this report by tomorrow” (Saya harus menyelesaikan laporan ini besok). Dalam contoh ini, kewajiban menyelesaikan laporan besok adalah kewajiban pribadi yang diberikan oleh pembicara.

Sementara itu, have to digunakan untuk menyatakan kewajiban yang bersifat objektif atau umum. Contohnya, “Employees have to wear a uniform at work” (Karyawan harus mengenakan seragam di tempat kerja). Dalam contoh ini, kewajiban mengenakan seragam adalah kewajiban umum yang berlaku untuk semua karyawan.

Perbedaan dalam Penggunaan

Perbedaan dalam penggunaan antara must dan have to terletak pada cara mereka digunakan dalam kalimat.

Pos Terkait:  Cara Membatalkan Pesanan Matahari Mall

Must digunakan dalam kalimat positif untuk menyatakan kewajiban atau keharusan. Contohnya, “You must arrive on time for the meeting” (Anda harus tiba tepat waktu untuk rapat). Dalam kalimat ini, must digunakan untuk menyatakan kewajiban atau keharusan yang bersifat pribadi atau subjektif.

Sedangkan have to digunakan dalam kalimat positif dan negatif untuk menyatakan kewajiban atau keharusan yang bersifat objektif atau umum. Contohnya, “We have to wear a helmet when riding a motorcycle” (Kita harus mengenakan helm saat mengendarai sepeda motor). Dalam kalimat ini, have to digunakan untuk menyatakan kewajiban atau keharusan yang berlaku untuk semua orang.

Must juga bisa digunakan dalam kalimat negatif untuk menyatakan larangan atau keharusan yang tidak boleh dilakukan. Contohnya, “You must not smoke in this area” (Anda tidak boleh merokok di area ini). Dalam kalimat ini, must digunakan untuk menyatakan larangan yang bersifat pribadi atau subjektif.

Sedangkan have to tidak bisa digunakan dalam kalimat negatif untuk menyatakan larangan atau keharusan yang tidak boleh dilakukan. Contohnya, “We do not have to wear a uniform on weekends” (Kita tidak perlu mengenakan seragam pada akhir pekan). Dalam kalimat ini, have to tidak bisa digunakan untuk menyatakan larangan yang bersifat objektif atau umum.

Pos Terkait:  Perbedaan Aspek dan Dimensi

Contoh Penggunaan dalam Kalimat

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan must dan have to dalam kalimat:

  • Must: I must study for my exam tomorrow. (Saya harus belajar untuk ujian besok.)
  • Have to: You have to pay the bill before leaving the restaurant. (Anda harus membayar tagihan sebelum meninggalkan restoran.)
  • Must: He must be at the airport by 6 p.m. (Dia harus berada di bandara sebelum jam 6 sore.)
  • Have to: They have to attend the meeting at 9 a.m. (Mereka harus menghadiri rapat jam 9 pagi.)
  • Must not: You must not use your phone while driving. (Anda tidak boleh menggunakan ponsel saat mengemudi.)
  • Have to: We have to submit the report by Friday. (Kita harus menyerahkan laporan pada hari Jumat.)

Kesimpulan

Must dan have to adalah kata kerja modal yang digunakan untuk menyatakan kewajiban atau keharusan. Keduanya memiliki arti yang sama, namun ada perbedaan kecil dalam penggunaannya. Must digunakan untuk menyatakan kewajiban yang bersifat pribadi atau subjektif, sedangkan have to digunakan untuk menyatakan kewajiban yang bersifat objektif atau umum. Perbedaan dalam penggunaan terletak pada cara mereka digunakan dalam kalimat. Must digunakan dalam kalimat positif dan negatif untuk menyatakan kewajiban atau keharusan yang bersifat pribadi atau subjektif, sementara have to digunakan dalam kalimat positif dan negatif untuk menyatakan kewajiban atau keharusan yang bersifat objektif atau umum.

Pos Terkait:  Cara Mengetahui Password Facebook Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close