Caramantap

Bagaimana Ketentuan Zakat Harta Simpanan yang Tidak Berwujud Emas

×

Bagaimana Ketentuan Zakat Harta Simpanan yang Tidak Berwujud Emas

Share this article

Pengertian Zakat

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh semua umat muslim yang mampu. Zakat adalah sejumlah harta yang dikeluarkan oleh seorang muslim kepada orang yang berhak menerima zakat.

Jenis-jenis Zakat

Ada beberapa jenis zakat yang harus dikeluarkan oleh umat muslim, di antaranya adalah zakat fitrah, zakat mal, zakat profesi, dan zakat haji.

Ketentuan Zakat Harta Simpanan yang Tidak Berwujud Emas

Bagi umat muslim yang memiliki harta simpanan yang tidak berwujud emas seperti saham, reksadana, obligasi, dan lain-lain, maka zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% dari nilai total simpanan tersebut.

Bagaimana Menghitung Zakat Harta Simpanan yang Tidak Berwujud Emas

Untuk menghitung zakat harta simpanan yang tidak berwujud emas, terlebih dahulu harus diketahui nilai total simpanan tersebut. Kemudian, nilai tersebut dikalikan dengan 2,5% untuk mendapatkan jumlah zakat yang harus dikeluarkan.

Pos Terkait:  Cara Membuat Gambar yang Bagus

Kapan Harus Membayar Zakat Harta Simpanan yang Tidak Berwujud Emas

Zakat harta simpanan yang tidak berwujud emas harus dibayar setiap tahun setelah simpanan tersebut mencapai nisab, yaitu sebesar 85 gram emas. Jika nilai simpanan belum mencapai nisab, maka zakat tidak wajib dikeluarkan.

Siapa yang Berhak Menerima Zakat Harta Simpanan yang Tidak Berwujud Emas

Zakat harta simpanan yang tidak berwujud emas dapat diberikan kepada orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin, anak yatim, janda, dan lain-lain. Zakat juga bisa diberikan kepada lembaga amil zakat yang terpercaya dan memiliki izin dari pemerintah.

Keuntungan Membayar Zakat

Membayar zakat memiliki banyak keuntungan, di antaranya adalah :

Kesimpulan

Zakat harta simpanan yang tidak berwujud emas wajib dikeluarkan oleh umat muslim yang memiliki simpanan tersebut. Zakat harus dikeluarkan setiap tahun setelah simpanan mencapai nisab sebesar 85 gram emas dan harus diberikan kepada orang yang berhak menerima zakat atau lembaga amil zakat yang terpercaya. Membayar zakat memiliki banyak keuntungan, seperti mendapatkan pahala dari Allah SWT dan meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama.

Pos Terkait:  Samsung Galaxy A24 Siap Meluncur, Prediksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close