Apakah Tujuan Meringkas?

Posted on

Meringkas merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan dalam menulis sebuah teks. Meringkas adalah kegiatan mengambil inti dari suatu teks dan mengurangi jumlah kata yang digunakan. Tujuan utama dari meringkas adalah untuk menyampaikan informasi yang penting dan relevan dari teks tersebut dengan lebih efisien.

Manfaat Meringkas

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan kegiatan meringkas. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

1. Menghemat Waktu

Dengan melakukan meringkas, penulis bisa menghemat waktu dalam menyampaikan informasi kepada pembaca. Sebab, penulis hanya menyampaikan informasi yang penting dan relevan dari teks tersebut saja.

2. Menyampaikan Informasi dengan Lebih Efisien

Dengan melakukan meringkas, penulis bisa menyampaikan informasi dengan lebih efisien. Sebab, penulis hanya menggunakan kata-kata yang penting dan relevan saja.

3. Meningkatkan Pemahaman Pembaca

Dengan melakukan meringkas, penulis bisa meningkatkan pemahaman pembaca terhadap teks yang dibuat. Sebab, informasi yang disampaikan sudah diambil intinya saja.

Pos Terkait:  Jelaskan Pengertian dari Artikulasi: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Cara Meringkas

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kegiatan meringkas. Berikut adalah beberapa cara tersebut:

1. Baca Teks Beberapa Kali

Sebelum melakukan kegiatan meringkas, sebaiknya penulis membaca teks beberapa kali. Hal ini dilakukan untuk memahami inti dari teks tersebut.

2. Garis Bawahi Kalimat Penting

Setelah memahami inti dari teks tersebut, penulis bisa menggaris bawahi kalimat-kalimat yang dianggap penting dan relevan. Hal ini dilakukan untuk memperjelas pemahaman penulis terhadap teks tersebut.

3. Ubah Kalimat Panjang Menjadi Pendek

Setelah menggaris bawahi kalimat-kalimat penting, penulis bisa mengubah kalimat panjang menjadi kalimat yang lebih pendek. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengulangan kata-kata yang tidak perlu.

4. Hapus Informasi yang Tidak Penting

Setelah mengubah kalimat panjang menjadi kalimat yang lebih pendek, penulis bisa menghapus informasi yang tidak penting. Hal ini dilakukan untuk memperpendek teks serta memastikan informasi yang disampaikan hanya yang penting dan relevan saja.

Kapan Harus Meringkas?

Meringkas bisa dilakukan pada berbagai jenis teks, namun sebaiknya dilakukan pada teks yang bersifat panjang dan memiliki banyak informasi. Meringkas juga bisa dilakukan pada teks yang memiliki banyak pengulangan kata-kata yang tidak perlu, sehingga teks tersebut menjadi lebih efisien dan mudah dipahami.

Pos Terkait:  Cara Melacak Posisi Teman Facebook 2

Kesimpulan

Merangkas merupakan kegiatan yang penting dilakukan dalam menulis sebuah teks. Tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi penting dan relevan dengan lebih efisien. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan kegiatan meringkas, seperti menghemat waktu, menyampaikan informasi dengan lebih efisien, dan meningkatkan pemahaman pembaca. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kegiatan meringkas, seperti membaca teks beberapa kali, menggaris bawahi kalimat penting, mengubah kalimat panjang menjadi pendek, dan menghapus informasi yang tidak penting. Meringkas sebaiknya dilakukan pada teks yang bersifat panjang dan memiliki banyak informasi atau pengulangan kata-kata yang tidak perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *