Caramantap

Apakah Pengarang dan Penulis Itu Sama?

×

Apakah Pengarang dan Penulis Itu Sama?

Share this article

Sebelum membahas perbedaan antara pengarang dan penulis, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu pengarang dan penulis. Secara umum, pengarang dan penulis sering digunakan sebagai sinonim dalam dunia kepenulisan. Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Apa itu Pengarang?

Pengarang adalah orang yang membuat atau menciptakan sebuah karya tulis. Karya tulis yang dimaksud bisa berupa buku, novel, cerpen, skripsi, tesis, dan lain sebagainya. Pengarang juga bisa berarti orang yang menulis skenario film atau drama, naskah teater, atau lagu. Dalam dunia penerbitan, pengarang biasanya mendapatkan royalti atas penjualan bukunya.

Apa itu Penulis?

Penulis adalah orang yang menulis atau mengarang sebuah tulisan. Tulisan yang dimaksud bisa berupa artikel, opini, feature, laporan, dan sejenisnya. Penulis juga bisa berarti orang yang menulis naskah iklan, brochure, atau content untuk website. Biasanya, penulis dibayar berdasarkan jumlah kata atau proyek.

Perbedaan antara Pengarang dan Penulis

Meskipun pengarang dan penulis sama-sama menulis, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan tersebut antara lain:

Pos Terkait:  Cara Untuk Memakai Tas Pinggang

1. Tujuan

Pengarang menulis dengan tujuan menciptakan karya tulis yang bisa dijual dan dibaca oleh banyak orang. Sedangkan penulis menulis dengan tujuan menghasilkan sebuah tulisan yang informatif dan bermanfaat bagi pembacanya.

2. Gaya Penulisan

Pengarang cenderung menulis dengan gaya bahasa yang khas dan unik. Gaya penulisan ini bisa menjadi ciri khas pengarang dan membuat karyanya lebih mudah dikenali oleh pembaca. Sedangkan penulis cenderung menulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan tema tulisannya.

3. Hak Cipta

Pengarang memiliki hak cipta terhadap karya tulisannya. Artinya, pengarang memiliki hak eksklusif untuk mengatur penggunaan karya tulisannya oleh pihak lain. Sedangkan penulis biasanya tidak memiliki hak cipta terhadap tulisannya jika tulisan tersebut diterbitkan oleh media massa atau website tertentu.

4. Penghasilan

Pengarang biasanya mendapatkan penghasilan dari royalti penjualan bukunya. Sedangkan penulis dibayar berdasarkan jumlah kata atau proyek. Penghasilan pengarang biasanya lebih besar dibandingkan penulis karena karya tulisnya memiliki nilai jual yang tinggi.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengarang dan penulis memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pengarang adalah orang yang menciptakan karya tulis, sedangkan penulis adalah orang yang menulis sebuah tulisan. Meskipun memiliki perbedaan, namun keduanya sama-sama berperan penting dalam dunia kepenulisan dan saling melengkapi satu sama lain.

Pos Terkait:  Link Live Streaming Piala Dunia: Jadwal Laga 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close