Caramantap

Apakah Mata Minus Bisa Masuk TNI?

×

Apakah Mata Minus Bisa Masuk TNI?

Share this article

Menjadi anggota TNI menjadi impian banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin melayani negara. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa bergabung dengan TNI, salah satunya adalah memiliki kesehatan yang baik, termasuk kesehatan mata. Salah satu kondisi mata yang sering menjadi pertanyaan adalah mata minus. Apakah mata minus bisa masuk TNI? Simak ulasan berikut ini.

Apa itu Mata Minus?

Mata minus atau miopia adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan melihat benda yang jauh. Penderita mata minus bisa melihat benda dekat dengan jelas, namun benda yang jauh akan terlihat kabur. Mata minus terjadi karena bentuk bola mata yang terlalu panjang atau kornea mata yang terlalu melengkung.

Persyaratan Kesehatan untuk Masuk TNI

Untuk bisa bergabung dengan TNI, calon anggota harus memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan. Persyaratan kesehatan tersebut meliputi:

Pos Terkait:  Berikut Kehidupan Awal Rasulullah Muhammad Saw Saat Di Madinah

Terlihat bahwa salah satu persyaratan kesehatan yang harus dipenuhi adalah memiliki penglihatan yang baik. Namun, seberapa baik penglihatan yang dibutuhkan untuk bisa masuk TNI?

Standar Penglihatan untuk Masuk TNI

TNI memiliki standar penglihatan yang harus dipenuhi oleh calon anggota. Standar tersebut diatur dalam Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/7/X/1984 tentang Penetapan Standar Kesehatan Jasmani dan Rohani Calon Prajurit TNI AD. Berikut adalah standar penglihatan untuk masuk TNI:

  • Penglihatan jarak jauh minimal 6/12 pada kedua mata, tanpa kacamata atau lensa kontak.
  • Penglihatan jarak dekat minimal 6/9 pada kedua mata, tanpa kacamata atau lensa kontak.
  • Tidak ada kelainan pada bola mata, iris, dan lensa mata.
  • Tidak ada kelainan pada lapangan pandang.

Terlihat bahwa calon anggota TNI harus memiliki penglihatan jarak jauh minimal 6/12 pada kedua mata tanpa kacamata atau lensa kontak. Apakah mata minus masih memenuhi standar tersebut?

Apakah Mata Minus Bisa Masuk TNI?

Jawabannya tergantung pada seberapa parah kondisi mata minus yang Anda miliki. Jika kondisi mata minus masih ringan dan masih memenuhi standar penglihatan yang ditetapkan TNI, maka Anda masih memiliki peluang untuk bisa masuk TNI. Namun, jika kondisi mata minus sudah cukup parah dan tidak memenuhi standar penglihatan yang ditetapkan, maka peluang Anda untuk bisa masuk TNI menjadi sangat kecil.

Pos Terkait:  Cara Download Lagu dari YouTube ke Musik dengan Mudah

Cara Mengatasi Mata Minus

Jika Anda ingin masuk TNI namun memiliki kondisi mata minus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut, antara lain:

  • Menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu memperbaiki penglihatan.
  • Melakukan operasi mata untuk memperbaiki bentuk bola mata atau kornea mata.
  • Menggunakan obat tetes mata yang diresepkan oleh dokter untuk membantu memperbaiki penglihatan.

Sebelum melakukan pengobatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mata untuk menentukan jenis pengobatan yang tepat untuk kondisi mata minus yang Anda miliki.

Kesimpulan

Mata minus bisa menjadi penghalang bagi seseorang yang ingin masuk TNI. Namun, jika kondisi mata minus masih ringan dan masih memenuhi standar penglihatan yang ditetapkan TNI, maka peluang untuk bisa masuk TNI masih terbuka lebar. Sebaliknya, jika kondisi mata minus sudah cukup parah dan tidak memenuhi standar penglihatan yang ditetapkan, maka peluang untuk bisa masuk TNI menjadi sangat kecil. Jika Anda memiliki kondisi mata minus, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mata untuk mengetahui cara mengatasi kondisi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close