Caramantap

Tabel Perbedaan Pembuluh Darah Arteri dan Vena

×

Tabel Perbedaan Pembuluh Darah Arteri dan Vena

Share this article

Pembuluh darah merupakan saluran yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung. Pembuluh darah terdiri dari dua jenis yaitu arteri dan vena. Kedua jenis pembuluh darah ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut ini adalah tabel perbedaan pembuluh darah arteri dan vena.

1. Definisi

Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh. Sedangkan vena adalah pembuluh darah yang membawa darah dari seluruh bagian tubuh ke jantung.

2. Struktur Pembuluh Darah

Arteri memiliki dinding pembuluh darah yang lebih tebal dan kuat. Dinding arteri terdiri dari tiga lapisan yaitu tunika intima, tunika media, dan tunika adventisia. Sementara itu, vena memiliki dinding yang lebih tipis dan kurang elastis dibandingkan arteri. Dinding vena terdiri dari dua lapisan yaitu tunika intima dan tunika adventisia.

3. Fungsi

Arteri berfungsi membawa darah yang kaya oksigen dan nutrisi dari jantung ke seluruh tubuh. Sedangkan vena berfungsi membawa darah yang mengandung karbon dioksida dan sisa metabolisme dari seluruh tubuh ke jantung untuk kemudian dibuang melalui paru-paru.

Pos Terkait:  Cara Membuat Bitly: Panduan Lengkap

4. Tekanan Darah

Karena dinding arteri yang lebih tebal dan kuat, tekanan darah di dalam arteri lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan darah di dalam vena. Tekanan darah di dalam arteri bisa mencapai 120/80 mmHg, sedangkan tekanan darah di dalam vena hanya berkisar antara 10-20 mmHg.

5. Klep

Vena memiliki klep pada dindingnya untuk menghindari aliran balik darah. Sedangkan arteri tidak memiliki klep karena darah yang mengalir di dalam arteri selalu mengalir dari jantung ke seluruh tubuh.

6. Warna

Arteri memiliki warna merah terang karena darah yang mengalir di dalamnya kaya oksigen. Sedangkan vena memiliki warna biru keunguan karena darah yang mengalir di dalamnya mengandung karbon dioksida.

7. Cabang Pembuluh Darah

Arteri memiliki cabang pembuluh darah yang lebih sedikit dan lebih besar dibandingkan vena. Sementara itu, vena memiliki cabang pembuluh darah yang lebih banyak dan lebih kecil dibandingkan arteri.

8. Lokasi Pembuluh Darah

Pembuluh arteri biasanya berada di dekat tulang dan organ tubuh, sedangkan pembuluh vena berada di bawah kulit dan terlihat jelas.

9. Contoh Pembuluh Darah

Contoh pembuluh darah arteri adalah aorta, arteri koroner, arteri pulmonalis, dan arteri femoralis. Sedangkan contoh pembuluh darah vena adalah vena cava superior, vena cava inferior, vena jugularis, dan vena femoralis.

Pos Terkait:  Cara Menambahkan Font di PicsArt

10. Peran Dalam Penyakit

Karena tekanan darah yang tinggi, arteri lebih rentan terhadap penyakit hipertensi, aterosklerosis, dan aneurisma. Sedangkan vena lebih rentan terhadap penyakit varises dan trombosis.

Dari tabel perbedaan pembuluh darah arteri dan vena di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis pembuluh darah ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Meskipun memiliki fungsi yang berbeda, keduanya saling mendukung dalam menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari faktor risiko penyakit pembuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close