Caramantap

Serupa Tapi Tak Sama, Perbandingan Realme 2 vs Oppo

×

Serupa Tapi Tak Sama, Perbandingan Realme 2 vs Oppo

Share this article

Realme dan Oppo adalah dua merek smartphone yang cukup populer di Indonesia. Keduanya berasal dari perusahaan yang sama, yaitu BBK Electronics. Maka tidak heran jika banyak orang yang menemukan kesamaan antara kedua merek ini. Namun, sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan antara Realme 2 dan Oppo. Berikut adalah ulasan perbandingan antara kedua smartphone tersebut.

Desain

Kedua smartphone ini memiliki desain yang hampir sama, yaitu dengan layar penuh dan notch di bagian atasnya. Namun, Realme 2 memiliki notch berbentuk tetesan air, sedangkan Oppo memiliki notch yang lebih panjang. Realme 2 juga memiliki pilihan warna yang lebih beragam dibandingkan dengan Oppo.

Layar

Realme 2 memiliki layar 6,2 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel, sedangkan Oppo memiliki layar 6,2 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel. Meskipun sama-sama memiliki layar dengan resolusi yang sama, namun layar Oppo terlihat lebih terang dan tajam dibandingkan dengan Realme 2.

Kamera

Realme 2 memiliki kamera utama ganda dengan resolusi 13 MP + 2 MP, sedangkan Oppo memiliki kamera utama ganda dengan resolusi 13 MP + 2 MP juga. Namun, kamera Oppo terlihat lebih baik dalam menghasilkan foto yang lebih tajam dan lebih terang dibandingkan dengan Realme 2. Sedangkan, kamera depan keduanya memiliki resolusi yang sama, yaitu 8 MP.

Pos Terkait:  Cara Memperbaiki Suara HP yang Hilang

Performa

Realme 2 ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 450, sedangkan Oppo ditenagai oleh prosesor Mediatek Helio P60. Meskipun Snapdragon 450 lebih rendah dari Helio P60, namun performa Realme 2 tetap cukup baik dalam menjalankan aplikasi dan game. Begitu pula dengan Oppo, performanya juga sangat baik.

Baterai

Realme 2 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, yaitu 4230 mAh, sedangkan Oppo hanya memiliki kapasitas baterai 3500 mAh. Namun, keduanya sama-sama dapat bertahan seharian dengan penggunaan yang cukup aktif.

Harga

Harga Realme 2 lebih murah dibandingkan dengan Oppo. Realme 2 dibanderol sekitar 1,6 jutaan, sedangkan Oppo dibanderol sekitar 2 jutaan. Dengan harga yang lebih murah, Realme 2 menjadi opsi yang lebih terjangkau bagi konsumen yang ingin memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap.

Kesimpulan

Realme 2 dan Oppo memang memiliki kesamaan dalam hal desain dan spesifikasi. Namun, ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Realme 2 menjadi pilihan yang lebih terjangkau bagi konsumen yang ingin memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap. Sedangkan, Oppo menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin memiliki smartphone dengan kamera yang lebih baik dan layar yang lebih tajam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close