Caramantap

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar dan Berdengung

×

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar dan Berdengung

Share this article

Kipas angin adalah salah satu alat yang sangat penting di rumah. Namun, terkadang kipas angin bisa mengalami masalah seperti tidak berputar dan berdengung. Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat kita merasa tidak nyaman. Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas cara memperbaiki kipas angin yang tidak berputar dan berdengung agar bisa kembali berfungsi dengan baik.

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar dan Berdengung

Sebelum kita membahas cara memperbaiki kipas angin yang tidak berputar dan berdengung, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Berikut beberapa penyebab kipas angin tidak berputar dan berdengung:

  • Kabel putus atau kendor
  • Baling-baling kipas aus atau bengkok
  • Baut yang kendur atau patah
  • Motor kipas rusak
  • Kondensator kipas rusak
  • Saklar rusak atau konsleting

Dari beberapa penyebab di atas, kita bisa mengetahui bahwa perbaikan kipas angin yang tidak berputar dan berdengung dapat dilakukan dengan cara yang sederhana.

Pos Terkait:  Cara Mudah Merubah File RAR ke Word

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar dan Berdengung

Berikut adalah beberapa cara memperbaiki kipas angin yang tidak berputar dan berdengung:

1. Periksa Kabel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kabel. Pastikan kabel kipas angin tidak putus atau kendor. Jika kabel putus atau kendor, cukup ganti dengan kabel yang baru.

2. Periksa Baling-baling Kipas

Setelah memeriksa kabel dan ternyata masih bagus, langkah selanjutnya adalah memeriksa baling-baling kipas. Pastikan baling-baling kipas tidak aus atau bengkok. Jika baling-baling kipas aus atau bengkok, cukup ganti dengan baling-baling kipas yang baru.

3. Periksa Baut

Periksa juga baut yang digunakan untuk memasang baling-baling kipas. Pastikan baut tidak kendur atau patah. Jika baut kendur atau patah, cukup ganti dengan baut yang baru.

4. Periksa Motor Kipas

Jika semua hal di atas telah diperiksa dan ternyata masih belum bisa memperbaiki kipas angin yang tidak berputar dan berdengung, maka kemungkinan besar masalah ada pada motor kipas. Periksa motor kipas dan pastikan tidak ada kerusakan pada bagian motor. Jika motor kipas rusak, sebaiknya langsung ganti dengan motor yang baru.

5. Periksa Kondensator Kipas

Selain motor kipas, kondensator kipas juga bisa menjadi penyebab kipas angin tidak berputar dan berdengung. Periksa kondensator kipas dan pastikan kondensator tidak rusak. Jika kondensator kipas rusak, sebaiknya langsung ganti dengan kondensator yang baru.

Pos Terkait:  Cara Menghapus Alamat di Lazada, Mengganti dan Menambahkan

6. Periksa Saklar

Terakhir, periksa saklar kipas angin dan pastikan tidak ada kerusakan pada bagian saklar. Jika saklar kipas angin rusak atau terjadi konsleting, sebaiknya langsung ganti dengan saklar yang baru.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa cara memperbaiki kipas angin yang tidak berputar dan berdengung. Sebelum memutuskan untuk membeli kipas angin baru, sebaiknya coba perbaiki terlebih dahulu kipas angin yang sudah ada. Dengan melakukan perbaikan, kita bisa menghemat uang dan juga mengurangi limbah elektronik yang merusak lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close