Caramantap

Cara Membuat Sampul Sorotan IG

×

Cara Membuat Sampul Sorotan IG

Share this article

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling populer saat ini. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, Instagram menawarkan berbagai fitur menarik seperti feed, story, IGTV, dan lain-lain. Salah satu fitur yang paling menarik adalah bagian “Sorotan” atau “Highlight”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan cerita mereka dalam satu tempat yang mudah diakses. Namun, bagaimana cara membuat sampul sorotan IG yang menarik? Berikut adalah cara mudah untuk membuatnya.

1. Tentukan Tema

Langkah pertama dalam membuat sampul sorotan IG adalah menentukan tema. Tema ini harus relevan dengan konten yang akan disimpan di sorotan tersebut. Misalnya, jika Anda memiliki sorotan tentang makanan, maka tema yang cocok adalah makanan. Anda dapat memilih warna dan gambar yang sesuai dengan tema tersebut. Pastikan juga tema tersebut sesuai dengan branding Anda.

2. Buat Desain Sampul

Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah membuat desain sampul. Anda dapat menggunakan aplikasi desain grafis seperti Canva atau Adobe Photoshop untuk membuatnya. Pastikan desain tersebut menarik dan sesuai dengan tema yang telah ditentukan sebelumnya. Anda juga dapat menambahkan teks atau gambar yang menarik untuk membuatnya lebih menarik.

3. Ukuran Sampul

Ukuran sampul sorotan IG adalah 1080 x 1920 piksel. Pastikan desain Anda sesuai dengan ukuran tersebut agar tidak terpotong atau terdistorsi ketika diunggah ke Instagram.

Pos Terkait:  Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Dapat

4. Unggah Sampul

Setelah membuat desain sampul, Anda dapat mengunggahnya ke Instagram. Caranya adalah dengan membuka profil Instagram Anda, lalu pilih sorotan yang ingin Anda tambahkan sampul. Selanjutnya, klik “Edit Highlight” dan pilih “Edit Cover”. Setelah itu, pilih gambar sampul yang telah Anda buat sebelumnya dan klik “Simpan.

5. Tambahkan Judul

Setelah menambahkan sampul, langkah selanjutnya adalah menambahkan judul sorotan. Judul ini harus sesuai dengan konten yang akan disimpan di sorotan tersebut. Pastikan judul tersebut menarik dan mudah dipahami.

6. Tambahkan Konten

Setelah menambahkan sampul dan judul, langkah terakhir adalah menambahkan konten ke sorotan tersebut. Pastikan konten tersebut sesuai dengan tema dan judul yang telah ditentukan sebelumnya. Anda dapat menambahkan foto atau video yang menarik untuk membuat sorotan tersebut lebih menarik.

7. Gunakan Hashtag

Untuk meningkatkan visibilitas sorotan Anda, gunakan hashtag yang relevan dengan konten yang Anda bagikan. Hal ini akan membantu orang menemukan sorotan Anda lebih mudah.

8. Promosikan Sorotan Anda

Anda juga dapat mempromosikan sorotan Anda di media sosial lainnya seperti Facebook atau Twitter. Pastikan Anda membagikan tautan ke sorotan tersebut sehingga orang dapat dengan mudah mengaksesnya.

9. Gunakan Video

Anda juga dapat menggunakan video untuk membuat sorotan Anda lebih menarik. Video dapat menunjukkan lebih banyak detail tentang konten yang Anda bagikan dan membuat sorotan tersebut lebih menarik untuk ditonton.

10. Gunakan GIF

Anda juga dapat menggunakan GIF untuk membuat sorotan Anda lebih menarik. GIF dapat menambahkan elemen yang lucu atau menarik ke sorotan Anda dan membuatnya lebih menarik untuk dilihat.

11. Gunakan Musik

Anda juga dapat menambahkan musik ke sorotan Anda untuk membuatnya lebih menarik. Pilihlah musik yang sesuai dengan tema dan konten yang Anda bagikan.

12. Gunakan Filter

Anda juga dapat menggunakan filter untuk membuat sorotan Anda lebih menarik. Filter dapat menambahkan efek yang menarik ke sorotan Anda dan membuatnya lebih menarik untuk dilihat.

Pos Terkait:  Cara Bikin Tema HP Sendiri: Kreasi Unik dan Keren Untuk Tampilan Smartphone Anda

13. Gunakan Stiker

Anda juga dapat menggunakan stiker untuk membuat sorotan Anda lebih menarik. Stiker dapat menambahkan elemen yang lucu atau menarik ke sorotan Anda dan membuatnya lebih menarik untuk dilihat.

14. Gunakan Emoji

Anda juga dapat menggunakan emoji untuk membuat sorotan Anda lebih menarik. Emoji dapat menunjukkan perasaan atau emosi yang Anda rasakan ketika membuat sorotan tersebut.

15. Gunakan Teks

Anda juga dapat menggunakan teks untuk membuat sorotan Anda lebih menarik. Teks dapat menambahkan informasi atau pesan yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain.

16. Gunakan Warna yang Menarik

Anda juga dapat menggunakan warna yang menarik untuk membuat sorotan Anda lebih menarik. Pilihlah warna yang sesuai dengan tema dan konten yang Anda bagikan.

17. Gunakan Komposisi yang Baik

Anda juga perlu memperhatikan komposisi sorotan Anda. Pastikan sorotan tersebut terlihat seimbang dan tidak terlalu penuh dengan elemen yang tidak perlu.

18. Sesuaikan dengan Branding Anda

Pastikan desain sorotan Anda sesuai dengan branding Anda. Gunakan logo atau warna yang sama dengan branding Anda agar sorotan tersebut terlihat lebih profesional.

19. Tambahkan Link

Jika Anda memiliki link yang ingin Anda bagikan, Anda dapat menambahkannya ke sorotan Anda. Caranya adalah dengan menambahkan link ke bio Anda, lalu menambahkan “Swipe Up” pada sorotan tersebut.

20. Gunakan Hasil Analisis

Anda juga dapat menggunakan hasil analisis untuk meningkatkan sorotan Anda. Analisis dapat membantu Anda memahami apa yang disukai oleh orang dan membuat sorotan Anda lebih menarik.

21. Gunakan Hashtag yang Populer

Anda juga dapat menggunakan hashtag yang populer untuk meningkatkan visibilitas sorotan Anda. Gunakanlah hashtag yang relevan dengan konten yang Anda bagikan agar orang dapat menemukan sorotan Anda lebih mudah.

22. Jadilah Konsisten

Untuk membangun audiens yang setia, jadilah konsisten dalam membuat sorotan Anda. Buatlah sorotan secara teratur dan pastikan sorotan tersebut berkualitas.

Pos Terkait:  Cara Bayar Kartu Kredit Aeon: Solusi Praktis Mengelola Tagihan Anda

23. Gunakan Influencer

Anda juga dapat menggunakan influencer untuk mempromosikan sorotan Anda. Carilah influencer yang sesuai dengan niche Anda dan mintalah mereka untuk mempromosikan sorotan Anda.

24. Gunakan Strategi SEO

Anda juga dapat menggunakan strategi SEO untuk meningkatkan visibilitas sorotan Anda di mesin pencari. Gunakanlah kata kunci yang relevan dengan konten Anda dan pastikan sorotan tersebut SEO-friendly.

25. Tambahkan Call-to-Action

Anda juga dapat menambahkan call-to-action ke sorotan Anda. Call-to-action ini dapat membantu orang untuk melakukan tindakan tertentu seperti mengunjungi situs Anda atau membeli produk Anda.

26. Buat Konten yang Menarik

Untuk membuat sorotan Anda lebih menarik, buatlah konten yang menarik dan relevan dengan niche Anda. Pastikan konten tersebut berkualitas dan dapat menarik perhatian orang.

27. Gunakan Fitur Lainnya

Anda juga dapat menggunakan fitur lainnya di Instagram seperti IGTV atau Live untuk meningkatkan visibilitas sorotan Anda. Gunakanlah fitur tersebut untuk mempromosikan sorotan Anda dan membangun audiens yang setia.

28. Tambahkan Gambar yang Menarik

Untuk membuat sorotan Anda lebih menarik, tambahkanlah gambar yang menarik dan berkualitas. Pastikan gambar tersebut sesuai dengan tema dan konten yang Anda bagikan.

29. Gunakan Cerita yang Menarik

Untuk membuat sorotan Anda lebih menarik, gunakanlah cerita yang menarik dan relevan dengan konten Anda. Cerita dapat membuat sorotan Anda lebih menarik dan mudah diingat oleh orang.

30. Tambahkan Hasil Karya Anda

Terakhir, Anda juga dapat menambahkan hasil karya Anda ke sorotan Anda. Misalnya, jika Anda seorang fotografer, tambahkanlah hasil karya Anda ke sorotan tentang fotografi. Hal ini akan membantu orang untuk melihat keahlian Anda dan membuat sorotan Anda lebih menarik.

Kesimpulan

Membuat sampul sorotan IG yang menarik tidak sulit. Yang Anda butuhkan adalah kreativitas dan ketekunan. Dengan mengikuti tips yang telah disebutkan di atas, Anda dapat membuat sorotan yang menarik dan mudah diingat oleh orang. Jangan lupa untuk terus meningkatkan kualitas sorotan Anda agar dapat membangun audiens yang setia.

close