Caramantap

Jelaskan Perbedaan IP Private dan IP Public 2

×

Jelaskan Perbedaan IP Private dan IP Public 2

Share this article

IP (Internet Protocol) adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan internet. Ada dua jenis IP, yaitu IP private dan IP public. Perbedaan utama antara IP private dan IP public adalah bahwa IP private hanya digunakan dalam jaringan lokal, sedangkan IP public digunakan di seluruh internet.

IP Private

IP private adalah alamat IP yang digunakan dalam jaringan lokal Anda. IP private terdiri dari empat angka yang dipisahkan oleh tanda titik, contohnya 192.168.0.1. IP private hanya dapat digunakan dalam jaringan lokal, seperti di rumah atau di kantor. IP private tidak dapat diakses dari internet atau jaringan lainnya.

IP private digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dalam jaringan lokal. Dalam jaringan lokal, perangkat dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan IP private. Namun, jika ingin mengakses perangkat di luar jaringan lokal, Anda harus menggunakan IP public.

IP Public

IP public adalah alamat IP yang digunakan di seluruh internet. IP public terdiri dari empat angka yang dipisahkan oleh tanda titik, contohnya 203.128.22.1. IP public dapat diakses dari internet dan digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke internet.

Pos Terkait:  Cara Setting Satelit Telkom untuk Mendapatkan Sinyal yang Kuat

IP public dikelola oleh IANA (Internet Assigned Numbers Authority) dan didistribusikan ke ISP (Internet Service Provider) di seluruh dunia. Ketika perangkat terhubung ke internet melalui ISP, perangkat akan diberikan IP public yang unik.

Perbedaan antara IP Private dan IP Public

Perbedaan utama antara IP private dan IP public adalah penggunaannya. IP private hanya digunakan dalam jaringan lokal, sedangkan IP public digunakan di seluruh internet. IP private tidak dapat diakses dari internet atau jaringan lainnya, sedangkan IP public dapat diakses dari internet dan digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di seluruh dunia.

Contoh penggunaan IP private adalah dalam jaringan lokal di rumah atau di kantor. IP private digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dalam jaringan lokal dan memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain. Namun, jika ingin mengakses perangkat di luar jaringan lokal, Anda harus menggunakan IP public.

Contoh penggunaan IP public adalah ketika Anda ingin mengakses situs web atau layanan internet. Setiap situs web atau layanan internet memiliki IP public yang unik yang digunakan untuk mengidentifikasi situs web atau layanan tersebut di seluruh internet.

Keamanan IP Private dan IP Public

IP private lebih aman daripada IP public karena hanya dapat diakses dalam jaringan lokal. Ini berarti bahwa perangkat di luar jaringan lokal tidak dapat mengakses perangkat yang menggunakan IP private. Namun, jika jaringan lokal tidak aman, perangkat dalam jaringan lokal dapat terkena serangan dari perangkat yang menggunakan IP private.

Pos Terkait:  Cara Mengaktifkan voLTE Pada Semua Android Smartphone

IP public lebih rentan terhadap serangan karena dapat diakses dari internet. Perangkat yang menggunakan IP public dapat terkena serangan dari perangkat di seluruh dunia. Oleh karena itu, penting untuk melindungi perangkat yang menggunakan IP public dengan firewall dan perangkat lunak keamanan lainnya.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, IP private dan IP public adalah dua jenis IP yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan internet. IP private digunakan dalam jaringan lokal, sedangkan IP public digunakan di seluruh internet. IP private hanya dapat diakses dalam jaringan lokal, sedangkan IP public dapat diakses dari internet.

Ketika menggunakan IP private, perangkat hanya dapat berkomunikasi satu sama lain dalam jaringan lokal. Namun, jika ingin mengakses perangkat di luar jaringan lokal, perlu menggunakan IP public. IP private lebih aman daripada IP public karena hanya dapat diakses dalam jaringan lokal, sedangkan IP public lebih rentan terhadap serangan karena dapat diakses dari internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close