Caramantap

Contoh Kalimat Colloquialism

×

Contoh Kalimat Colloquialism

Share this article

Colloquialism adalah penggunaan kata-kata yang umumnya digunakan dalam bahasa sehari-hari atau percakapan informal. Dalam bahasa Indonesia, colloquialism sering digunakan dalam bentuk kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dipahami oleh orang awam. Berikut ini adalah contoh kalimat colloquialism yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari:

1. “Apa kabar?”

Kalimat ini merupakan bentuk sapaan yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Artinya adalah “bagaimana kabarmu?” atau “bagaimana keadaanmu?

2. “Makasih ya!”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan terima kasih yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Artinya adalah “terima kasih” atau “thank you.

3. “Mau ke mana?”

Kalimat ini merupakan bentuk pertanyaan yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Artinya adalah “mau pergi ke mana?” atau “where are you going?”

4. “Santai aja!”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menenangkan seseorang. Artinya adalah “relax saja” atau “take it easy”.

5. “Beneran nih?”

Kalimat ini merupakan bentuk pertanyaan yang sering digunakan untuk memastikan kebenaran suatu informasi. Artinya adalah “are you serious?” atau “really?”

Pos Terkait:  Cara Mengetahui ATM BCA Masih Aktif atau Tidak

6. “Gak apa-apa kok”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menenangkan seseorang yang merasa khawatir atau bersalah. Artinya adalah “it’s okay” atau “no problem”.

7. “Ngapain aja hari ini?”

Kalimat ini merupakan bentuk pertanyaan yang sering digunakan untuk menanyakan aktivitas seseorang pada hari itu. Artinya adalah “what did you do today?” atau “how was your day?”

8. “Gue lagi sibuk nih”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk memberitahu orang lain bahwa dirinya sedang sibuk. Artinya adalah “I’m busy right now” atau “sorry, I’m occupied”.

9. “Harganya berapa ya?”

Kalimat ini merupakan bentuk pertanyaan yang sering digunakan untuk menanyakan harga suatu barang atau jasa. Artinya adalah “how much is it?” atau “what’s the price?”

10. “Lagi apa?”

Kalimat ini merupakan bentuk pertanyaan yang sering digunakan untuk menanyakan aktivitas seseorang saat ini. Artinya adalah “what are you doing?” atau “what are you up to?”

11. “Asik ya!”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menyatakan kegembiraan atau kepuasan atas suatu hal. Artinya adalah “cool!” atau “awesome!”

12. “Mau makan apa nanti?”

Kalimat ini merupakan bentuk pertanyaan yang sering digunakan untuk menanyakan pilihan menu makanan. Artinya adalah “what do you want to eat later?” atau “what’s for dinner?”

13. “Gue gak bisa datang, maaf ya”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk membatalkan sebuah janji atau undangan. Artinya adalah “I can’t come, sorry” atau “I’m sorry, I can’t make it”.

14. “Kamu lucu banget deh”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menyatakan kekaguman atau kegembiraan atas seseorang. Artinya adalah “you’re so funny” atau “you’re hilarious”.

15. “Gak apa-apa kok, santai aja”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menenangkan seseorang yang merasa khawatir atau bersalah. Artinya adalah “it’s okay, just relax” atau “don’t worry, take it easy”.

Pos Terkait:  Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di iPhone

16. “Kapan-kapan kita hangout lagi ya”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menyatakan keinginan untuk bertemu atau berkumpul kembali dengan seseorang di waktu yang lain. Artinya adalah “let’s hangout again sometime” atau “we should catch up again sometime”.

17. “Loh, kok tiba-tiba?”

Kalimat ini merupakan bentuk pertanyaan yang sering digunakan untuk menanyakan alasan atau penyebab suatu kejadian yang tiba-tiba terjadi. Artinya adalah “wait, why all of a sudden?” atau “why the sudden change of plans?”

18. “Terimakasih banyak ya!”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan terima kasih yang lebih kuat dan tulus. Artinya adalah “thank you so much” atau “thank you very much”.

19. “Aduh, capek banget deh”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menyatakan rasa kelelahan atau keletihan setelah melakukan aktivitas yang melelahkan. Artinya adalah “oh man, I’m so tired” atau “I’m exhausted”.

20. “Nanti kita ketemu di mana ya?”

Kalimat ini merupakan bentuk pertanyaan yang sering digunakan untuk menanyakan tempat atau lokasi bertemu dengan seseorang. Artinya adalah “where should we meet?” atau “what’s the meeting point?”

21. “Seru banget kemarin!”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menyatakan kegembiraan atau kepuasan atas kejadian atau aktivitas yang telah dilakukan. Artinya adalah “yesterday was so much fun!” atau “it was a blast yesterday!”

22. “Aku gak bisa keluar malam ini, lagi ada kerjaan nih”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk membatalkan sebuah rencana atau undangan karena alasan tertentu. Artinya adalah “I can’t go out tonight, I have some work to do” atau “I’m sorry, I have things to take care of tonight”.

23. “Tadi aku ketemu si A, katanya dia mau ketemu kamu juga”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menyampaikan informasi atau kabar terbaru tentang seseorang kepada orang lain. Artinya adalah “I met A earlier, he said he wants to meet you too” atau “I bumped into A earlier, he’s looking for you too”.

Pos Terkait:  Cara Buka FB Lupa Kata Sandi

24. “Makan siang di mana ya?”

Kalimat ini merupakan bentuk pertanyaan yang sering digunakan untuk menanyakan tempat atau lokasi makan siang. Artinya adalah “where should we have lunch?” atau “what’s a good place for lunch?”.

25. “Gue suka banget lagu ini!”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menyatakan kegemaran atau kesukaan terhadap suatu hal. Artinya adalah “I love this song so much!” atau “this is my favorite song!”.

26. “Besok kita ketemu di sana ya”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menetapkan waktu dan tempat bertemu dengan seseorang. Artinya adalah “let’s meet there tomorrow” atau “we’ll see each other there tomorrow”.

27. “Gak terlalu enak sih rasanya”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menyatakan ketidaknyamanan atau ketidakpuasan terhadap suatu hal. Artinya adalah “it doesn’t taste that great” atau “it’s not that good”.

28. “Ada yang baru nih!”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menyatakan kejutan atau kabar baru yang menarik. Artinya adalah “there’s something new!” atau “there’s something exciting to share!”.

29. “Kamu udah makan belum?”

Kalimat ini merupakan bentuk pertanyaan yang sering digunakan untuk menanyakan apakah seseorang sudah makan atau belum. Artinya adalah “have you eaten yet?” atau “did you have your meal?”

30. “Mau ke mana nih? Aku ikut ya!”

Kalimat ini merupakan bentuk ungkapan yang sering digunakan untuk menawarkan diri untuk bergabung atau ikut dalam suatu aktivitas. Artinya adalah “where are you going? Can I join you?” atau “what are you up to? Mind if I tag along?”.

Kesimpulan

Contoh kalimat colloquialism sangat banyak dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Dalam penggunaannya, colloquialism seringkali lebih mudah dipahami dan lebih akrab dengan pendengar atau lawan bicara. Dengan menguasai colloquialism, kita dapat lebih lancar dalam berkomunikasi dan membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close