CaramantapKomputer dan Elektronik

Cara untuk Memperbaiki Print Spooler

×

Cara untuk Memperbaiki Print Spooler

Share this article

Print spooler adalah layanan yang berfungsi untuk mengelola semua dokumen yang akan dicetak. Namun, kadang-kadang print spooler bisa mengalami masalah dan mempengaruhi proses pencetakan. Jika Anda mengalami masalah dengan print spooler, ada beberapa cara untuk memperbaikinya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

1. Restart Print Spooler

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan merestart print spooler. Caranya cukup mudah, Anda cukup membuka Services di Windows dan mencari Print Spooler. Kemudian klik kanan pada Print Spooler dan pilih Restart. Dengan melakukan restart, print spooler akan memulai kembali dan dapat memperbaiki masalah yang terjadi.

2. Menghapus Dokumen dalam Antrian

Jika print spooler mengalami masalah karena terlalu banyak dokumen yang menumpuk dalam antrian, Anda dapat menghapus dokumen tersebut. Caranya adalah dengan membuka Printers and Devices di Windows dan mencari printer yang bermasalah. Kemudian klik kanan pada printer tersebut dan pilih See What’s Printing. Setelah itu, Anda dapat menghapus dokumen yang menumpuk dalam antrian dengan mengklik kanan pada dokumen tersebut dan memilih Cancel.

Pos Terkait:  Build Chou Tersakit, Pemain Mobile Legends Wajib

3. Menggunakan Perintah CMD

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat menggunakan perintah CMD untuk memperbaiki print spooler. Caranya adalah dengan membuka Command Prompt dan mengetikkan perintah “net stop spooler” diikuti dengan perintah “net start spooler”. Dengan melakukan perintah ini, print spooler akan dimatikan dan kemudian dihidupkan kembali.

4. Memperbarui Driver Printer

Jika print spooler masih mengalami masalah setelah melakukan tiga cara di atas, kemungkinan besar masalah terletak pada driver printer. Anda dapat memperbarui driver printer dengan mengunjungi situs web produsen printer atau dengan menggunakan driver yang terdapat di dalam Windows. Setelah memperbarui driver printer, print spooler harusnya dapat berfungsi dengan normal kembali.

5. Menggunakan Troubleshooter

Jika Anda masih mengalami masalah dengan print spooler, Anda dapat menggunakan troubleshooter yang terdapat di dalam Windows. Caranya adalah dengan membuka Control Panel dan mencari Troubleshooting. Kemudian pilih Printer dan ikuti instruksi yang diberikan oleh troubleshooter. Troubleshooter dapat membantu mengidentifikasi masalah dengan print spooler dan memberikan solusi untuk memperbaikinya.

6. Memperbaiki File Sistem

Jika print spooler masih mengalami masalah setelah melakukan semua cara di atas, kemungkinan besar masalah terletak pada file sistem. Anda dapat memperbaiki file sistem dengan menggunakan perintah CMD dan mengetikkan perintah “sfc /scannow”. Perintah ini akan memeriksa dan memperbaiki file sistem yang rusak atau hilang.

Pos Terkait:  Cara Transfer BJB Digi ke BRI

7. Menghapus dan Menginstal Ulang Printer

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghapus dan menginstal ulang printer. Caranya adalah dengan membuka Printers and Devices di Windows dan mencari printer yang bermasalah. Kemudian klik kanan pada printer tersebut dan pilih Remove Device. Setelah itu, Anda dapat menginstal ulang printer dengan mengikuti instruksi yang diberikan oleh Windows.

8. Menghapus dan Menginstal Ulang Driver Printer

Jika masalah masih tetap terjadi setelah menghapus dan menginstal ulang printer, Anda dapat mencoba menghapus dan menginstal ulang driver printer. Caranya adalah dengan membuka Device Manager di Windows dan mencari printer yang bermasalah. Kemudian klik kanan pada printer tersebut dan pilih Uninstall Device. Setelah itu, Anda dapat menginstal ulang driver printer dengan mengunjungi situs web produsen printer atau dengan menggunakan driver yang terdapat di dalam Windows.

9. Membuat User Account Baru

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba membuat user account baru di Windows. Caranya adalah dengan membuka Settings dan mencari Accounts. Kemudian pilih Family & other users dan klik pada Add someone else to this PC. Setelah itu, Anda dapat membuat user account baru dengan mengikuti instruksi yang diberikan oleh Windows. Setelah membuat user account baru, coba untuk mencetak dokumen dan lihat apakah print spooler berfungsi dengan normal.

Pos Terkait:  Cara Melihat Email FB Orang

10. Menggunakan Sistem Windows yang Lebih Baru

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar masalah terletak pada sistem Windows yang sudah ketinggalan zaman. Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sistem Windows yang lebih baru yang memiliki fitur dan dukungan yang lebih baik untuk print spooler.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki print spooler jika mengalami masalah. Dengan melakukan cara-cara di atas, print spooler harusnya dapat berfungsi dengan normal kembali. Namun, jika masalah masih tetap terjadi, Anda dapat menghubungi teknisi komputer atau produsen printer untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close