CaramantapPeliharaan & Hewan

Cara untuk Membedakan Penyu, Terrapin, dan Kura Kura

×

Cara untuk Membedakan Penyu, Terrapin, dan Kura Kura

Share this article

Banyak orang sering mengira bahwa penyu, terrapin, dan kura-kura adalah hewan yang sama, padahal sebenarnya ketiganya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas cara untuk membedakan penyu, terrapin, dan kura-kura agar Anda bisa lebih memahami hewan-hewan tersebut.

Penyu

Penyu adalah hewan laut yang hidup di air asin. Ukuran penyu bisa mencapai 2 meter dan beratnya bisa mencapai 900 kg. Penyu memiliki ciri khas yaitu memiliki kaki berupa sirip dan cangkang yang keras.

Penyu sering kali bermigrasi untuk mencari tempat bertelur. Mereka biasanya bertelur di pantai yang berpasir dan jauh dari keramaian. Setelah menetas, anak penyu akan menuju ke laut dan hidup di sana selama bertahun-tahun.

Cara membedakan penyu dengan hewan lain yaitu dengan melihat cangkangnya. Cangkang penyu memiliki bentuk yang lebih lonjong dan ramping dibandingkan dengan kura-kura dan terrapin. Selain itu, sirip pada kaki penyu lebih panjang dan ramping daripada kaki kura-kura atau terrapin.

Terrapin

Terrapin adalah hewan air tawar yang hidup di sungai, danau, atau rawa-rawa. Ukuran terrapin biasanya lebih kecil dari penyu, yaitu sekitar 20-25 cm. Terrapin memiliki ciri khas yaitu kepala yang besar dan kaki berbentuk seperti cakar.

Pos Terkait:  Akun ML Sultan Gratis Login FB: Solusi untuk Para Gamers!

Terrapin biasanya hidup di air tawar yang tenang dan dangkal. Mereka dapat berenang dengan baik dan juga bisa hidup di darat.

Cara membedakan terrapin dengan hewan lain yaitu dengan melihat cakarnya. Cakar terrapin memiliki bentuk yang lebih besar dan berbentuk seperti kuku dibandingkan dengan kaki kura-kura atau penyu. Selain itu, terrapin juga memiliki kepala yang lebih besar dan lebar dibandingkan dengan kura-kura dan penyu.

Kura-kura

Kura-kura adalah hewan air tawar atau darat yang hidup di daerah tropis. Ukuran kura-kura bervariasi, mulai dari yang kecil seukuran telapak tangan hingga yang besar seukuran meja makan. Kura-kura memiliki ciri khas yaitu kaki pendek dan cangkang yang keras.

Kura-kura dapat hidup di air tawar ataupun darat. Mereka biasanya mencari tempat berteduh di bawah tanah atau di antara rerumputan di daerah tropis.

Cara membedakan kura-kura dengan hewan lain yaitu dengan melihat cangkangnya. Cangkang kura-kura memiliki bentuk yang lebih bulat dan pendek dibandingkan dengan penyu dan terrapin. Selain itu, kaki kura-kura lebih pendek dan tebal daripada kaki penyu dan terrapin.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penyu, terrapin, dan kura-kura memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Cara paling mudah untuk membedakan ketiganya adalah dengan melihat cangkang, sirip, cakar, dan kaki. Dengan memahami perbedaan antara ketiga hewan ini, kita bisa lebih menghargai dan menjaga keberadaan mereka di alam liar.

Pos Terkait:  Sebutkan dan Jelaskan Jenis-Jenis: Panduan Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close