Caramantap

Cara Mengupas Kulit dan Menghilangkan Urat Udang

×

Cara Mengupas Kulit dan Menghilangkan Urat Udang

Share this article

Udang adalah salah satu makanan laut yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun, mengupas kulit udang sering menjadi masalah karena urat yang sulit dihilangkan. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengupas kulit udang dan menghilangkan uratnya:

1. Gunakan Pisau Tumpul

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pisau tumpul. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menarik kulit udang dengan menggunakan pisau tumpul dari bagian kepala ke ekor. Setelah itu, lepaskan kulit udang dari badannya.

2. Pakai Gunting

Cara kedua yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan gunting. Caranya yaitu dengan memotong kulit udang dari bagian punggung, kemudian tarik kulit udang ke samping. Setelah itu, cabut urat udang yang ada di dalamnya.

3. Menggunakan Air Garam

Cara ketiga adalah dengan menggunakan air garam. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air garam selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

4. Memasak Udang dengan Kulit

Cara keempat adalah dengan memasak udang dengan kulitnya. Caranya yaitu dengan memasak udang dalam air yang sudah direbus dan diberi garam. Setelah matang, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

5. Menggunakan Baking Soda

Cara kelima adalah dengan menggunakan baking soda. Caranya yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan air lalu direndamkan udang ke dalam campuran tersebut selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

Pos Terkait:  Cara Mematikan Safe Mode Xiaomi

6. Menggunakan Sendok

Cara keenam adalah dengan menggunakan sendok. Caranya yaitu dengan menempatkan sendok di atas kulit udang dan kemudian tekan dengan kuat hingga kulitnya terbuka. Setelah itu, tarik kulit udang dan uratnya akan ikut terlepas.

7. Menggunakan Garam

Cara ketujuh adalah dengan menggunakan garam. Caranya yaitu dengan menaburkan garam pada kulit udang dan kemudian diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, tarik kulit udang dan uratnya akan ikut terlepas.

8. Menggunakan Teh Celup

Cara kedelapan adalah dengan menggunakan teh celup. Caranya yaitu dengan merebus teh celup dan kemudian merendam udang di dalamnya selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

9. Memasak dengan Kulit dan Uratnya

Cara kesembilan adalah dengan memasak udang dengan kulit dan uratnya. Caranya yaitu dengan memasak udang dalam air yang sudah direbus dan diberi garam. Setelah matang, angkat udang dan biarkan kulit dan uratnya tetap melekat.

10. Menggunakan Sikat Gigi

Cara kesepuluh adalah dengan menggunakan sikat gigi. Caranya yaitu dengan menggosokkan sikat gigi pada kulit udang secara perlahan. Setelah itu, tarik kulit udang dan uratnya akan ikut terlepas.

11. Menggunakan Air Dingin

Cara kesebelas adalah dengan menggunakan air dingin. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air dingin selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

12. Menggunakan Air Panas

Cara keduabelas adalah dengan menggunakan air panas. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air panas selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

13. Menggunakan Garam dan Jeruk Nipis

Cara ketigabelas adalah dengan menggunakan garam dan jeruk nipis. Caranya yaitu dengan mencampurkan garam dan air perasan jeruk nipis lalu merendam udang ke dalam campuran tersebut selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

14. Menggunakan Air Es

Cara keempatbelas adalah dengan menggunakan air es. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air es selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

Pos Terkait:  Cara Menciptakan Cat Berwarna Emas

15. Menggunakan Cuka

Cara kelima belas adalah dengan menggunakan cuka. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam cuka selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

16. Menggunakan Gula Pasir

Cara keenambelas adalah dengan menggunakan gula pasir. Caranya yaitu dengan menaburkan gula pasir pada kulit udang dan kemudian diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, tarik kulit udang dan uratnya akan ikut terlepas.

17. Menggunakan Tepung Maizena

Cara ketujuhbelas adalah dengan menggunakan tepung maizena. Caranya yaitu dengan mencampurkan tepung maizena dengan air lalu merebus campuran tersebut. Setelah itu, masukkan udang dan biarkan selama beberapa menit. Angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

18. Menggunakan Cuka dan Garam

Cara keduapuluh adalah dengan menggunakan cuka dan garam. Caranya yaitu dengan mencampurkan cuka dan garam lalu merebus campuran tersebut. Setelah itu, masukkan udang dan biarkan selama beberapa menit. Angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

19. Menggunakan Air Jeruk Nipis

Cara kedua puluh satu adalah dengan menggunakan air jeruk nipis. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air jeruk nipis selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

20. Menggunakan Alat Khusus

Cara kedua puluh adalah dengan menggunakan alat khusus untuk mengupas kulit udang. Alat ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar dan supermarket. Caranya yaitu dengan memasukkan udang ke dalam alat tersebut dan tekan hingga kulitnya terbuka. Setelah itu, tarik kulit udang dan uratnya akan ikut terlepas.

21. Menggunakan Air Panas dan Es

Cara kedua puluh satu adalah dengan menggunakan air panas dan es. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air panas selama beberapa detik, kemudian segera masukkan ke dalam air es. Setelah itu, tarik kulit udang dan uratnya akan ikut terlepas.

22. Menggunakan Air Kapur Sirih

Cara kedua puluh dua adalah dengan menggunakan air kapur sirih. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air kapur sirih selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

23. Menggunakan Air Asam Jawa

Cara kedua puluh tiga adalah dengan menggunakan air asam jawa. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air asam jawa selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

Pos Terkait:  Contoh Kalimat Her: Pengertian dan Contoh Penggunaannya

24. Menggunakan Air Kelapa

Cara kedua puluh empat adalah dengan menggunakan air kelapa. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air kelapa selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

25. Menggunakan Air Lemon

Cara kedua puluh lima adalah dengan menggunakan air lemon. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air lemon selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

26. Menggunakan Air Soda Kue

Cara kedua puluh enam adalah dengan menggunakan air soda kue. Caranya yaitu dengan mencampurkan air soda kue dengan air lalu merendam udang ke dalam campuran tersebut selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

27. Menggunakan Air Daun Sirih

Cara kedua puluh tujuh adalah dengan menggunakan air daun sirih. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air daun sirih selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

28. Menggunakan Air Cuka dan Garam

Cara kedua puluh delapan adalah dengan menggunakan air cuka dan garam. Caranya yaitu dengan mencampurkan air cuka dan garam lalu merendam udang ke dalam campuran tersebut selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

29. Menggunakan Air Jahe

Cara kedua puluh sembilan adalah dengan menggunakan air jahe. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air jahe selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

30. Menggunakan Air Jeruk Purut

Cara ketiga puluh adalah dengan menggunakan air jeruk purut. Caranya yaitu dengan merendam udang dalam air jeruk purut selama beberapa menit. Setelah itu, angkat udang dan tarik kulitnya. Urat udang akan ikut terlepas dengan kulitnya.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk mengupas kulit udang dan menghilangkan uratnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

close