Caramantap

Cara Mengatasi Penyakit Entropion & Penyebabnya | caramantap.com

×

Cara Mengatasi Penyakit Entropion & Penyebabnya | caramantap.com

Share this article

Entropion

Entropion adalah suatu kondisi medis pada mata ketika kelopak mata (biasanya kelopak mata bawah) terlipat ke arah dalam sehingga membuat bulu mata bergesekan dengan permukaan mata (kornea). Gesekan tersebut bisa menyebabkan terjadinya iritasi, mata kemerahan, serta luka di kornea mata.

 

 

 

Entropion, atau yang disebut juga dengan retraksi kelopak mata, terjadi secara bertahap dan kemungkinan tidak akan menimbulkan gejala apapun pada stadium awal. Seiring berjalannya waktu, setiap pergerakan mata akan menimbulkan rasa sakit, dan luka pada kornea akan semakin parah.

 

 

Sebagian besar kasus entropion dialami oleh orang-orang lanjut usia (lansia), dan pada kondisi yang ringan, pengobatan seperti air mata buatan atau salep pelumas mata sudah cukup untuk meredakan gejala. Namun pada hampir sebagian besar kasus, operasi merupakan satu-satunya jalan untuk menyembuhkan entropion.

 

 

Apabila tidak diterapi, entropion dapat menyebbkan kerusakan permanen pada kornea, infeksi mata, atau bahkan kebutaan.

 

PENYEBAB :

 

Berbagai kondisi yang menyebabkan kelemahan pada otot-otot penunjang bola mata berpotensi untuk menimbulkan entropion. Kondisi-kondisi tersebut antara lain adalah:

 

    • Proses penuaan. Faktor usia merupakan penyebab entropion yang paling umum. Seiring bertambahnya usia, otot-otot penunjang bola mata akan melemah, sehingga tendon menjadi longgar. Lemahnya otot dan tendon ini menyebabkan tepi kelopak mata menekuk ke arah dalam mata.
Pos Terkait:  Cara Setting Kamera HP Infinix

 

 

 

    • Trakoma adalah suatu infeksi menular pada mata akibat bakteri. Infeksi ini disebarkan melalui pemakaian handuk/kain secara bergantian. Trakoma akan menghasilkan jaringan parut di kelopak mata bagian dalam sehingga memicu terjadinya entropion.

 

 

 

    • Kondisi peradangan mata atau mata yang kering akan memicu penderita untuk mengurangi gejala ini dengan cara menggosok kelopak mata atau memejamkan mata. Kedua gerakan ini bisa menyebabkan pinggiran kelopak mata menekuk kaku ke arah dalam.

 

 

 

    • Kelainan bawaan. Kelainan bawaan yang dapat menyebabkan enteropion adalah adanya lipatan kulit tambahan di kelopak mata sehingga bulu mata mengarah masuk ke kornea.

 

 

 

 

 

 

  • Bekas luka atau jaringan parut. Jaringan parut pada kulit akibat terbakar bahan kimia, trauma, dan operasi dapat mengubah lengkung kelopak mata menjadi tidak normal, sehingga kelopak mata menekuk ke arah dalam.
HERBA HNI HPAI :

 

 Bilberry : 3 x 2 kapsul
 Gamat Kapsul : 3 x 2 kapsul
 Madu S Jaga : 3 x 1 sdm

 

Jika kalian ingin memesan herbal yang disebutkan diatas bisa memesan disini WA 082301138951

Pos Terkait:  Cara Transfer Dana ke Gopay Tanpa Biaya Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close