Caramantap

Penyebab Cegukan & Cara Mengatasinya

×

Penyebab Cegukan & Cara Mengatasinya

Share this article

Cegukan

Cegukan atau singultus merupakan kondisi umum yang dapat dialami oleh semua orang, mulai dari bayi hingga dewasa. Kondisi yang ditandai dengan suara “hik” ini terjadi ketika diafragma, atau membran otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut, mengalami kontraksi. Tiap kontraksi pada organ yang juga memiliki peran penting dalam pernapasan tersebut akan mengakibatkan pita suara menutup tiba-tiba sehingga menghasilkan suara khas cegukan

PEMICU :

 

Minuman panas; Minuman bersoda; Minuman beralkohol; Mengonsumsi makanan pedas; Makan terlalu cepat Merokok; Stres, takut, atau gembira; Perut yang kembung.
 

 

Namun dalam beberapa kasus, cegukan juga ada yang bisa berlangsung lama, yaitu lebih dari dua hari. Biasanya cegukan seperti ini disebabkan oleh masalah kesehatan atau kondisi-kondisi yang mendasari, seperti :

 

 

Gangguan metabolisme, seperti hipoglikemia, hiperglikemia, dan diabetes. Gangguan saraf vagus, misalnya akibat meningitis, faringitis, dan penyakit gondok. Gangguan sistem saraf, seperti cedera berat pada otak, radang jaringan otak atau ensefalitis, tumor, dan stroke. Gangguan pernapasan, seperti penyakit pleuritis, pneumonia, dan asma. Reaksi psikologi, seperti stres, gembira, sedih, takut, atau syok. Gangguan pencernaan,seperti obstruksi usus, radang usus, dan penyakit refluks gastroesofagus (GERD).

 

PENGOBATAN :

 

Lakukan posisi telungkup untuk menekan dada Anda ke lantai. Berbaring atau duduk sambil menarik kedua lutut hingga menyentuh dada. Bernapas di dalam kantung yang terbuat dari kertas. Mengecap cuka. Menelan gula pasir. Menggigit lemon. Menahan napas dalam waktu yang relatif singkat. Minum air dingin secara perlahan-lahan.

 

HERBA HNI HPAI :

 

 Minyak Herba Sinergi : dicampur dengan air hangat lalu diminum

 

Pos Terkait:  Cara Ganti Akun Mobile Legend 2021

Herbal diatas bisa di pesan disini WA 082301138951

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close