Caramantap

Perbedaan This, That, These, Those

×

Perbedaan This, That, These, Those

Share this article

Salah satu aspek penting dalam belajar bahasa Inggris adalah mempelajari kata-kata dasar seperti this, that, these, dan those. Meskipun terlihat sederhana, keempat kata tersebut memiliki perbedaan yang mendasar dan harus dipahami dengan baik.

Pengertian This, That, These, Those

Sebelum membahas perbedaan antara keempat kata tersebut, mari kita pahami terlebih dahulu pengertiannya.

This adalah kata ganti tunggal yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang berada dekat dengan pembicara atau sedang dibicarakan pada saat ini. Contohnya, “This book is very interesting” (Buku ini sangat menarik).

That juga adalah kata ganti tunggal, tetapi digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang berada jauh dari pembicara atau tidak sedang dibicarakan pada saat ini. Contohnya, “That car over there is mine” (Mobil di sana itu milik saya).

These adalah kata ganti jamak yang digunakan untuk menunjukkan beberapa benda atau hal yang berada dekat dengan pembicara atau sedang dibicarakan pada saat ini. Contohnya, “These books are very heavy” (Buku-buku ini sangat berat).

Those juga adalah kata ganti jamak, tetapi digunakan untuk menunjukkan beberapa benda atau hal yang berada jauh dari pembicara atau tidak sedang dibicarakan pada saat ini. Contohnya, “Those houses across the street are very old” (Rumah-rumah di seberang jalan itu sangat tua).

Pos Terkait:  Perbedaan RNA dan DNA

Perbedaan This, That, These, Those

Sekarang, mari kita lihat perbedaan antara keempat kata tersebut.

1. Jarak

Perbedaan pertama antara this, that, these, dan those adalah jaraknya. This dan these digunakan untuk menunjukkan benda atau hal yang berada dekat dengan pembicara atau sedang dibicarakan pada saat ini, sedangkan that dan those digunakan untuk menunjukkan benda atau hal yang berada jauh dari pembicara atau tidak sedang dibicarakan pada saat ini.

Contoh penggunaannya:

  • This is my phone (Ini adalah telepon saya)
  • That is my car (Itu adalah mobil saya)
  • These are my books (Ini adalah buku-buku saya)
  • Those are my friends (Itu adalah teman-teman saya)

2. Jumlah

Perbedaan kedua antara this, that, these, dan those adalah jumlahnya. This dan that digunakan untuk menunjukkan satu benda atau hal, sedangkan these dan those digunakan untuk menunjukkan lebih dari satu benda atau hal.

Contoh penggunaannya:

  • This is a pen (Ini adalah sebuah pulpen)
  • That is a book (Itu adalah sebuah buku)
  • These are pens (Ini adalah beberapa pulpen)
  • Those are books (Itu adalah beberapa buku)

3. Kepemilikan

Perbedaan ketiga antara this, that, these, dan those adalah kepemilikannya. This dan that digunakan untuk menunjukkan kepemilikan tunggal, sedangkan these dan those digunakan untuk menunjukkan kepemilikan jamak.

Pos Terkait:  Jess No Limit dan Sisca Kohl Makan Hidangan China

Contoh penggunaannya:

  • This is my hat (Ini adalah topi saya)
  • That is his hat (Itu adalah topinya dia)
  • These are our hats (Ini adalah topi-topi kami)
  • Those are their hats (Itu adalah topi-topi mereka)

Kesimpulan

Secara keseluruhan, this, that, these, dan those adalah kata-kata dasar dalam bahasa Inggris yang harus dipahami dengan baik. Perbedaan antara keempat kata tersebut terletak pada jarak, jumlah, dan kepemilikan. Dengan memahami perbedaannya, kita dapat menggunakan kata-kata tersebut dengan benar dan efektif dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close