Cara Menggunakan Offset pada AutoCAD

Posted on

AutoCAD adalah salah satu software desain terbaik yang digunakan oleh para profesional dan mahasiswa. AutoCAD memiliki banyak fitur dan salah satunya adalah fitur offset. Fitur offset ini memungkinkan kita untuk membuat garis atau objek baru sejajar dengan objek yang sudah ada. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan fitur offset dalam AutoCAD.

Langkah 1: Buka Software AutoCAD

Untuk menggunakan fitur offset, pertama-tama buka software AutoCAD. Setelah software terbuka, buatlah objek atau garis yang ingin di-offset.

Langkah 2: Pilih Fitur Offset

Setelah objek atau garis sudah dibuat, pilihlah fitur offset dengan menekan tombol “O” pada keyboard atau klik pada ikon offset pada toolbar.

Langkah 3: Tentukan Nilai Offset

Setelah fitur offset dipilih, tentukan nilai offset dengan menentukan jarak antara objek asli dan objek hasil offset. Nilai offset ini bisa diatur dengan mengetikkan angka pada command bar atau dengan menyeret mouse ke arah dalam atau luar objek asli.

Pos Terkait:  Cara Membuat Koneksi PHP dengan Database MySQL

Langkah 4: Buat Objek Hasil Offset

Setelah nilai offset sudah ditentukan, buat objek hasil offset dengan menyeret mouse ke arah dalam atau luar objek asli. Objek hasil offset akan langsung terbuat dan sejajar dengan objek asli.

Langkah 5: Modifikasi Objek Hasil Offset

Setelah objek hasil offset terbuat, kita bisa melakukan beberapa modifikasi seperti memindahkan atau memutar objek. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih objek hasil offset dan melakukan perintah yang diinginkan.

Langkah 6: Gunakan Perintah Undo

Jika kita melakukan kesalahan dalam menggunakan fitur offset, kita bisa menggunakan perintah undo untuk membatalkan aksi terakhir. Perintah undo bisa diakses dengan menekan tombol “Ctrl+Z” pada keyboard atau dengan memilih menu undo pada toolbar.

Langkah 7: Simpan Hasil Desain

Setelah selesai menggunakan fitur offset, jangan lupa untuk menyimpan hasil desain kita. Kita bisa menyimpannya dengan memilih menu save atau save as pada toolbar.

Keuntungan Menggunakan Fitur Offset

Fitur offset dalam AutoCAD memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah:

Pos Terkait:  Dalam Peristiwa Apakah Janji Allah Digenapi?

Kesimpulan

Fitur offset dalam AutoCAD memungkinkan kita untuk membuat objek atau garis baru sejajar dengan objek yang sudah ada. Cara menggunakan fitur offset sangat mudah, yaitu dengan memilih fitur offset, menentukan nilai offset, dan membuat objek hasil offset. Fitur offset memiliki banyak keuntungan dan bisa mempercepat proses desain. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan fitur offset dalam AutoCAD untuk mempermudah pekerjaan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *