Caramantap

Cara Mengecas Laptop Lenovo Baru

×

Cara Mengecas Laptop Lenovo Baru

Share this article

Jika kamu baru saja membeli laptop Lenovo, tentu kamu ingin menjaga kesehatan baterainya agar tetap awet dan tahan lama. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecas laptop Lenovo baru dengan benar. Berikut adalah beberapa cara mengecas laptop Lenovo baru yang benar:

1. Gunakan Charger Asli

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menggunakan charger asli yang disertakan saat kamu membeli laptop Lenovo. Charger asli sudah di desain khusus untuk laptop Lenovo, sehingga bisa memberikan daya yang sesuai dengan kebutuhan baterai laptop. Selain itu, menggunakan charger yang tidak asli bisa menyebabkan kerusakan pada baterai.

2. Hindari Overcharging

Jangan biarkan laptop Lenovo kamu terus terhubung dengan charger meski baterainya sudah penuh. Ini bisa menyebabkan overcharging yang berpotensi merusak baterai. Kamu bisa melepaskan charger saat baterai sudah penuh dan mengecasnya lagi saat baterai sudah habis separuh atau kurang dari separuh.

Pos Terkait:  Cara Membuka Lock iCloud dengan IMEI Gratis

3. Jangan Gunakan Laptop Saat Sedang Mengecas

Saat laptop Lenovo kamu sedang diisi daya, sebaiknya jangan digunakan untuk bermain game atau menonton film. Hal ini bisa membuat laptop terlalu panas dan tidak baik untuk kesehatan baterai. Sebaiknya biarkan laptop dalam keadaan mati atau standby saat sedang mengecas.

4. Matikan Laptop Saat Mengecas Penuh

Jika kamu ingin meninggalkan laptop Lenovo kamu saat sedang mengecas, pastikan baterai sudah penuh terlebih dahulu. Kemudian matikan laptop dan cabut charger dari stopkontak. Hal ini bisa membantu menjaga kesehatan baterai dan mencegah overcharging.

5. Hindari Menggunakan Laptop Saat Baterai Habis

Jangan biarkan baterai laptop Lenovo kamu terlalu habis sebelum kamu mengecasnya. Ini bisa membuat baterai menjadi lemah dan tidak tahan lama. Sebaiknya mengecas baterai saat tinggal sekitar 20% atau kurang dari itu.

6. Periksa Kondisi Baterai Secara Berkala

Periksa kondisi baterai laptop Lenovo kamu secara berkala. Jika kamu merasa baterai mulai panas atau tidak bisa bertahan lama, segera ganti dengan baterai yang baru. Jangan menunda-nunda penggantian baterai karena bisa membuat laptop menjadi rusak.

7. Gunakan Fitur Hibernate Saat Tidak Digunakan

Fitur Hibernate bisa membantu kamu menghemat daya baterai saat tidak menggunakan laptop Lenovo. Fitur ini akan mematikan semua aplikasi dan program yang sedang berjalan dan menyimpan pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Saat kamu ingin menggunakan laptop lagi, kamu bisa langsung melanjutkan pekerjaan yang sedang kamu lakukan sebelum hibernate.

Pos Terkait:  Sebutkan 3 Persyaratan Gambar Kerja yang Baik

8. Gunakan Mode Hemat Daya

Laptop Lenovo memiliki fitur mode hemat daya yang bisa membantu kamu menghemat daya baterai. Kamu bisa mengaktifkan mode ini saat baterai sedang rendah atau saat kamu tidak menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Mode hemat daya bisa mengurangi penggunaan daya pada laptop dan membuat baterai tahan lebih lama.

9. Gunakan Kipas Pendingin Eksternal

Jika kamu sering menggunakan laptop Lenovo untuk bermain game atau melakukan tugas yang berat, sebaiknya kamu menggunakan kipas pendingin eksternal. Kipas pendingin ini bisa membantu mendinginkan laptop dan mencegah overheat yang bisa merusak baterai dan komponen lainnya pada laptop.

10. Simpan Laptop Pada Tempat yang Kering dan Sejuk

Terakhir, kamu juga harus menyimpan laptop Lenovo kamu pada tempat yang kering dan sejuk. Hindari meletakkan laptop di tempat yang lembab atau terkena sinar matahari langsung. Hal ini bisa membuat laptop menjadi panas dan merusak baterai.

Dengan menerapkan cara-cara diatas, kamu bisa menjaga kesehatan baterai laptop Lenovo kamu dan membuatnya tahan lama. Selain itu, kamu juga bisa menghemat biaya penggantian baterai yang mahal karena kamu merawatnya dengan baik.

Kesimpulan

Mengecas laptop Lenovo baru bukanlah hal yang sulit, asalkan kamu tahu cara yang benar. Gunakan charger asli, hindari overcharging, jangan menggunakan laptop saat sedang mengecas, matikan laptop saat baterai sudah penuh, hindari menggunakan laptop saat baterai habis, periksa kondisi baterai secara berkala, gunakan fitur hibernate, gunakan mode hemat daya, gunakan kipas pendingin eksternal, dan simpan laptop pada tempat yang kering dan sejuk. Dengan cara-cara ini, kamu bisa menjaga kesehatan baterai laptop Lenovo kamu dan membuatnya tahan lama.

Pos Terkait:  Cara HP Jadi Modem Lewat Kabel Data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close