Caramantap

Perbedaan Kabel HDMI 1.4 dan 2.0

×

Perbedaan Kabel HDMI 1.4 dan 2.0

Share this article

Kabel HDMI adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik seperti televisi, laptop, dan perangkat lainnya ke perangkat lainnya. Ada beberapa jenis kabel HDMI, di antaranya adalah kabel HDMI 1.4 dan 2.0. Kedua jenis kabel ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal spesifikasi dan fitur.

1. Bandwidth

Perbedaan utama antara HDMI 1.4 dan 2.0 adalah pada bandwidth. HDMI 1.4 memiliki bandwidth maksimum sebesar 10,2 Gbps, sedangkan HDMI 2.0 memiliki bandwidth maksimum sebesar 18 Gbps. Artinya, HDMI 2.0 mampu mengirimkan data dalam jumlah yang lebih besar dan lebih cepat dibandingkan dengan HDMI 1.4.

2. Resolusi

HDMI 1.4 mendukung resolusi maksimum 4K pada 30Hz, sementara HDMI 2.0 mendukung resolusi maksimum 4K pada 60Hz. Hal ini membuat HDMI 2.0 lebih cocok digunakan untuk menampilkan gambar yang lebih halus dan lebih detail.

3. High Dynamic Range (HDR)

HDMI 2.0 mendukung teknologi High Dynamic Range (HDR), yang memungkinkan tampilan gambar yang lebih cerah dan kontras yang lebih tinggi. Sementara itu, HDMI 1.4 tidak mendukung teknologi HDR.

Pos Terkait:  Apakah Bronkitis Bisa Sembuh Total?

4. Audio

HDMI 2.0 mendukung pengiriman audio dengan sampel rate hingga 1536 kHz, sedangkan HDMI 1.4 hanya mendukung sampel rate hingga 192 kHz. Hal ini membuat HDMI 2.0 lebih cocok digunakan untuk mengirimkan audio berkualitas tinggi.

5. 3D

Kedua jenis kabel HDMI ini mendukung teknologi 3D. Namun, HDMI 2.0 memiliki fitur tambahan yang memungkinkan tampilan gambar 3D pada resolusi 4K.

6. Ethernet

HDMI 2.0 memiliki fitur tambahan yang memungkinkan pengiriman data Ethernet hingga 100 Mbps melalui kabel HDMI. Fitur ini tidak tersedia pada HDMI 1.4.

7. Konsumsi Daya

HDMI 2.0 memiliki konsumsi daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan HDMI 1.4. Namun, perbedaan konsumsi daya ini tidak terlalu signifikan.

8. Harga

Karena memiliki spesifikasi yang lebih tinggi, harga kabel HDMI 2.0 lebih mahal dibandingkan dengan HDMI 1.4. Namun, harga kabel HDMI bergantung pada merek dan panjang kabel.

9. Kompatibilitas

Kedua jenis kabel HDMI ini kompatibel dengan sebagian besar perangkat elektronik seperti televisi, laptop, dan perangkat lainnya. Namun, untuk mendapatkan fitur-fitur tambahan seperti 4K pada 60Hz dan HDR, perangkat elektronik yang digunakan harus mendukung HDMI 2.0.

10. Kesimpulan

Dalam memilih kabel HDMI, perlu diperhatikan spesifikasi dan fitur yang didukung oleh kabel tersebut. Jika Anda membutuhkan kabel HDMI untuk menampilkan gambar dengan resolusi 4K pada 60Hz dan fitur HDR, maka HDMI 2.0 adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda hanya membutuhkan kabel HDMI untuk menampilkan gambar dengan resolusi 4K pada 30Hz, maka HDMI 1.4 sudah cukup.

Pos Terkait:  Cara Edit Video Full Screen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close