Caramantap

Perbedaan For Example dan Such As

×

Perbedaan For Example dan Such As

Share this article

Dalam Bahasa Inggris terdapat banyak sekali istilah dan cara untuk menyampaikan informasi atau menambahkan contoh pada suatu kalimat. Salah satu cara tersebut adalah menggunakan frasa “for example” dan “such as”. Meski terkesan sama, namun keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pengertian For Example

For example merupakan frasa yang sering digunakan untuk memberikan contoh pada suatu kalimat. Biasanya, frasa ini digunakan di awal atau di tengah kalimat untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. Contoh penggunaan frasa ini adalah:

“I love to travel to many places, for example, Bali and Lombok.”

Dalam contoh kalimat di atas, for example digunakan untuk memberikan contoh tempat yang disukai penulis. Dengan menggunakan frasa ini, penulis dapat memberikan gambaran yang lebih jelas pada pembaca mengenai tempat-tempat yang dimaksud.

Pengertian Such As

Sedangkan, such as juga merupakan frasa yang digunakan untuk memberikan contoh pada suatu kalimat. Namun, frasa ini digunakan untuk memberikan contoh yang lebih spesifik dan terbatas. Contoh penggunaan frasa ini adalah:

Pos Terkait:  Cara Mudah untuk Menyembunyikan Follower di Instagram

“I love to eat Indonesian foods, such as rendang and sate.”

Dalam contoh kalimat di atas, such as digunakan untuk memberikan contoh makanan Indonesia yang disukai penulis. Dengan menggunakan frasa ini, penulis dapat memberikan contoh yang lebih spesifik dan terbatas pada pembaca mengenai makanan Indonesia yang dimaksud.

Perbedaan For Example dan Such As

Meski keduanya digunakan untuk memberikan contoh pada suatu kalimat, for example dan such as memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan tersebut antara lain:

1. Ruang Lingkup Contoh

For example digunakan untuk memberikan contoh yang lebih umum dan luas, sedangkan such as digunakan untuk memberikan contoh yang lebih spesifik dan terbatas.

2. Urutan Penggunaan

For example biasanya digunakan di awal atau di tengah kalimat, sedangkan such as digunakan di akhir kalimat.

3. Tipe Kalimat

For example lebih sering digunakan pada kalimat deskriptif, sedangkan such as lebih sering digunakan pada kalimat yang membutuhkan penjelasan lebih spesifik.

Contoh Penggunaan For Example dan Such As

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan for example dan such as pada kalimat:

1. For Example

“I love to listen to many genres of music, for example, pop and rock.”

Pos Terkait:  Coba Jelaskan Kelemahan Firma dan Bandingkan dengan Persekutuan Komanditer

“I have many hobbies, for example, reading and writing.”

2. Such As

“I love to wear many types of clothes, such as dresses and blouses.”

“I have many friends from different countries, such as Japan and Korea.”

Kesimpulan

For example dan such as merupakan frasa yang digunakan untuk memberikan contoh pada suatu kalimat. Meski terkesan sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. For example digunakan untuk memberikan contoh yang lebih umum dan luas, sedangkan such as digunakan untuk memberikan contoh yang lebih spesifik dan terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close