Caramantap

Perbedaan Bod dan Bod5

×

Perbedaan Bod dan Bod5

Share this article

Di dalam dunia air, ada banyak sekali parameter yang harus diukur untuk mengetahui kualitas air. Salah satu parameter tersebut adalah BOD atau Biochemical Oxygen Demand. Ada juga istilah BOD5, lalu apa perbedaan BOD dan BOD5? Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai perbedaan keduanya.

Apa itu BOD?

BOD adalah singkatan dari Biochemical Oxygen Demand atau permintaan oksigen biokimia. BOD merupakan parameter yang diperlukan untuk mengetahui kualitas air limbah. BOD adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh mikroorganisme untuk menguraikan bahan organik di dalam air limbah. Semakin banyak jumlah bahan organik di dalam air limbah, maka semakin besar pula nilai BOD-nya. Biasanya nilai BOD digunakan untuk mengetahui tingkat pencemaran air limbah.

Apa itu BOD5?

BOD5 adalah singkatan dari Biochemical Oxygen Demand in 5 days atau permintaan oksigen biokimia selama 5 hari. BOD5 merupakan salah satu cara untuk mengukur BOD. BOD5 adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh mikroorganisme untuk menguraikan bahan organik di dalam air limbah selama 5 hari. Dalam pengukuran BOD5, air limbah diberi waktu untuk diuraikan oleh mikroorganisme selama 5 hari.

Pos Terkait:  Cara Membuat Buttermilk dari Susu

Perbedaan antara BOD dan BOD5

Perbedaan utama antara BOD dan BOD5 adalah dalam hal waktu pengukurannya. BOD diukur dalam waktu 20 hari, sedangkan BOD5 diukur dalam waktu 5 hari. Selain itu, BOD5 hanya mengukur sebagian kecil dari keseluruhan BOD. Oleh karena itu, nilai BOD5 selalu lebih rendah dari pada nilai BOD.

Secara umum, pengukuran BOD5 lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan pengukuran BOD karena hanya memakan waktu 5 hari. Namun, pengukuran BOD5 tidak bisa dijadikan patokan tunggal dalam menentukan kualitas air limbah. Pengukuran BOD5 harus dilakukan bersama-sama dengan pengukuran parameter lainnya seperti COD (Chemical Oxygen Demand) dan TSS (Total Suspended Solids).

Konklusi

Perbedaan antara BOD dan BOD5 terletak pada waktu pengukurannya. BOD diukur dalam waktu 20 hari, sedangkan BOD5 diukur dalam waktu 5 hari. Selain itu, BOD5 hanya mengukur sebagian kecil dari keseluruhan BOD. Oleh karena itu, nilai BOD5 selalu lebih rendah dari pada nilai BOD. Pengukuran BOD5 tidak bisa dijadikan patokan tunggal dalam menentukan kualitas air limbah. Pengukuran BOD5 harus dilakukan bersama-sama dengan pengukuran parameter lainnya seperti COD dan TSS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close