Caramantap

Perbedaan Adobe CC dan CS

×

Perbedaan Adobe CC dan CS

Share this article

Bagi para pengguna software desain, pasti sudah tidak asing lagi dengan Adobe Creative Suite (CS) dan Creative Cloud (CC). Kedua software ini merupakan produk dari Adobe yang menjadi andalan bagi para desainer. Namun, banyak yang masih bingung tentang perbedaan antara Adobe CC dan CS. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Adobe CC dan CS

Adobe Creative Suite (CS) adalah paket software desain yang pertama kali diluncurkan oleh Adobe pada tahun 2003. Paket software ini terdiri dari beberapa aplikasi, seperti Photoshop, Illustrator, InDesign, dan lain-lain. Setiap aplikasi dapat diinstal secara terpisah dan tidak saling terkait.

Sementara itu, Adobe Creative Cloud (CC) adalah versi terbaru dari Adobe CS yang diluncurkan pada tahun 2013. Bedanya, Adobe CC menggunakan model berlangganan dengan sistem pembayaran bulanan atau tahunan. Pengguna dapat mengakses seluruh aplikasi Adobe di dalam satu paket, seperti Photoshop CC, Illustrator CC, InDesign CC, dan lain-lain.

Kelebihan Adobe CC

Ada beberapa kelebihan Adobe CC yang tidak dimiliki oleh Adobe CS. Salah satunya adalah update fitur. Dengan sistem berlangganan, Adobe selalu memberikan update fitur terbaru pada setiap aplikasi di dalam Adobe CC. Hal ini tentu mempermudah pengguna dalam mengakses fitur terbaru tanpa harus membeli versi baru lagi.

Pos Terkait:  Bagaimana Cara Melestarikan Tarian Daerah

Selain itu, pengguna Adobe CC juga dapat mengakses library Adobe Stock, yaitu kumpulan gambar, video, template, dan lain-lain yang dapat digunakan dalam proses desain. Ada juga fitur Creative Cloud Libraries yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi file antar aplikasi Adobe.

Kelebihan Adobe CS

Adobe CS juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Adobe CC. Salah satunya adalah kestabilan aplikasi. Karena setiap aplikasi di Adobe CS diinstal secara terpisah, maka tidak terjadi konflik antar aplikasi. Selain itu, Adobe CS juga memiliki fitur yang lebih lengkap dan tidak terbatas oleh sistem berlangganan.

Namun, kelebihan tersebut harus dibayar mahal. Harga Adobe CS jauh lebih mahal dibandingkan dengan Adobe CC. Selain itu, pengguna juga harus membeli versi baru jika ingin mendapatkan fitur terbaru.

Perbedaan Harga

Tentu saja, harga menjadi faktor utama yang membedakan Adobe CC dan CS. Adobe CC menggunakan sistem berlangganan dengan harga mulai dari Rp 175.000 per bulan untuk satu aplikasi atau Rp 439.000 per bulan untuk seluruh aplikasi Adobe.

Sementara itu, harga Adobe CS jauh lebih mahal. Untuk membeli versi terbaru dari Photoshop CS6, pengguna harus membayar sekitar Rp 10.000.000. Belum lagi jika ingin membeli aplikasi lainnya seperti Illustrator, InDesign, dan lain-lain.

Pos Terkait:  Id Line yang Bagus

Kesimpulan

Jadi, perbedaan utama antara Adobe CC dan CS adalah pada model bisnis dan harga. Adobe CC menggunakan sistem berlangganan dengan harga lebih terjangkau, sedangkan Adobe CS menggunakan sistem pembelian dengan harga yang jauh lebih mahal.

Bagi para desainer, pilihan antara Adobe CC dan CS tergantung pada kebutuhan dan budget masing-masing. Jika lebih memilih fitur terbaru dan lebih terjangkau, maka Adobe CC bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika lebih memilih kestabilan aplikasi dan fitur yang lebih lengkap, maka Adobe CS bisa menjadi pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close