Caramantap

Jelaskan Cara Membuat Pigura dari Cangkang Kerang

×

Jelaskan Cara Membuat Pigura dari Cangkang Kerang

Share this article

Cangkang kerang merupakan bahan yang sering dijadikan sebagai dekorasi rumah. Salah satu bentuk dekorasi yang bisa dibuat dari cangkang kerang adalah pigura. Pigura dari cangkang kerang sangat unik dan menarik untuk dijadikan hiasan dinding. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat pigura dari cangkang kerang, berikut adalah cara yang dapat dilakukan:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat pigura dari cangkang kerang, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Cangkang kerang
  • Lem tembak
  • Kain flanel
  • Gunting
  • Penggaris
  • Pensil
  • Kertas karton
  • Gunting
  • Benang nilon
  • Gunakan bahan-bahan yang berkualitas agar hasilnya lebih maksimal.

2. Buat Denah Pigura

Sebelum mulai membuat pigura, buatlah denah atau pola pigura yang akan dibuat. Anda bisa membuat denah pigura dengan menggunakan kertas karton dan pensil. Jika Anda tidak ingin membuat denah, Anda juga bisa langsung membuat pigura tanpa denah.

Pos Terkait:  Cara Daftar Facebook Lewat HP Android

3. Potong Cangkang Kerang

Setelah denah pigura sudah dibuat, potong cangkang kerang sesuai dengan denah yang telah dibuat. Gunakan gunting untuk memotong cangkang kerang. Pastikan potongan cangkang kerang rapi dan tidak terlalu kecil atau besar.

4. Rapikan Potongan Cangkang Kerang

Setelah potongan cangkang kerang selesai dipotong, rapikan potongan cangkang kerang dengan menggunakan gunting. Pastikan bagian tepi potongan cangkang kerang rapi dan tidak kasar.

5. Tempelkan Potongan Cangkang Kerang ke Kain Flanel

Setelah cangkang kerang selesai dipotong dan dirapikan, tempelkan potongan cangkang kerang ke kain flanel dengan menggunakan lem tembak. Pastikan potongan cangkang kerang tertempel dengan kuat pada kain flanel.

6. Potong Kain Flanel

Setelah potongan cangkang kerang tertempel pada kain flanel, potong kain flanel sesuai dengan bentuk pigura yang telah dibuat. Pastikan potongan kain flanel rapi dan tidak terlalu kecil atau besar.

7. Jahit Kain Flanel

Setelah potongan kain flanel selesai dipotong, jahit kain flanel dengan menggunakan benang nilon. Pastikan jahitan kain flanel rapi dan tidak terlalu kasar.

8. Buat Hanger Pigura

Setelah pigura selesai dijahit, buat hanger pigura dengan menggunakan benang nilon. Caranya, lubangi bagian atas pigura dan tarik benang nilon melalui lubang tersebut. Ikuti langkah ini sampai benang nilon terlihat kuat dan tidak mudah putus.

Pos Terkait:  Pembayaran Batik Air via ATM Mandiri

9. Pigura Dari Cangkang Kerang Siap Dipajang

Setelah semua tahapan selesai, pigura dari cangkang kerang siap dipajang di dinding rumah. Pigura dari cangkang kerang ini bisa digunakan sebagai hiasan dinding ruang tamu, kamar tidur, atau ruang kerja. Selamat mencoba!

Keuntungan Membuat Pigura dari Cangkang Kerang

Tidak hanya unik, pigura dari cangkang kerang juga memiliki keuntungan lainnya. Berikut adalah beberapa keuntungan membuat pigura dari cangkang kerang:

  • Tidak membutuhkan biaya yang besar karena bahan yang digunakan mudah didapat
  • Bahan yang digunakan ramah lingkungan karena menggunakan cangkang kerang yang sudah tidak terpakai
  • Hasil pigura dari cangkang kerang bisa dijadikan sebagai cinderamata atau oleh-oleh
  • Bisa menjadi bisnis sampingan dengan menjual pigura dari cangkang kerang

Kesimpulan

Membuat pigura dari cangkang kerang tidaklah sulit. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, Anda bisa membuat pigura dari cangkang kerang sendiri. Selain unik, pigura dari cangkang kerang juga memiliki keuntungan lainnya. Selamat mencoba membuat pigura dari cangkang kerang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close