Caramantap

Bagaimana Dari Tumbuhan Yang Paling Sensitif Terhadap Rangsang Sentuhan

×

Bagaimana Dari Tumbuhan Yang Paling Sensitif Terhadap Rangsang Sentuhan

Share this article

Tumbuhan mampu merasakan rangsang sentuhan, suhu, dan cahaya. Namun, ada satu tumbuhan yang paling sensitif terhadap rangsang sentuhan, yaitu Mimosa pudica atau tumbuhan malu-malu. Tumbuhan ini sangat menarik untuk dipelajari karena gerakannya yang unik dan cepat. Berikut adalah penjelasan mengenai tumbuhan malu-malu.

Apa itu Tumbuhan Malu-Malu?

Tumbuhan malu-malu atau Mimosa pudica adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tumbuhan ini memiliki daun yang bergerak dan merespons rangsang sentuhan. Ketika daun disentuh, daun akan bergerak dan menutup.

Tumbuhan malu-malu termasuk ke dalam keluarga Fabaceae atau kacang-kacangan. Tumbuhan ini tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis.

Cara Kerja Tumbuhan Malu-Malu

Tumbuhan malu-malu memiliki struktur khusus pada daunnya yang disebut pulvini. Pulvini adalah struktur yang berfungsi sebagai penggerak gerakan daun. Pulvini terdiri dari sel-sel yang memiliki tekanan air yang tinggi.

Ketika daun disentuh, pulvini melepaskan tekanan air sehingga daun akan bergerak dan menutup. Gerakan daun tumbuhan malu-malu tergolong cepat yaitu sekitar 0,5 detik. Setelah beberapa saat, daun akan kembali membuka.

Pos Terkait:  Cara Menonaktifkan Aplikasi HP Xiaomi

Alasan Tumbuhan Malu-Malu Merespons Sentuhan

Tumbuhan malu-malu merespons sentuhan sebagai bentuk mekanisme pertahanan dari serangan predator. Ketika daun disentuh, tumbuhan malu-malu akan menutup daunnya sehingga predator tidak dapat merusak daun atau bahkan memakan tumbuhan.

Tumbuhan malu-malu juga bisa merespons rangsang suara, cahaya, dan suhu. Namun, respon yang paling cepat dan paling kuat adalah ketika daun disentuh.

Manfaat Tumbuhan Malu-Malu

Tumbuhan malu-malu memiliki banyak manfaat bagi manusia. Tumbuhan ini dapat digunakan sebagai herbal untuk mengobati beberapa penyakit seperti diare, sakit kepala, batuk, dan sakit gigi.

Selain itu, tumbuhan malu-malu juga dapat digunakan sebagai tanaman hias karena gerakannya yang unik dan menarik. Tumbuhan ini juga bisa menjadi objek penelitian dalam bidang biologi dan farmakologi.

Cara Menanam Tumbuhan Malu-Malu

Untuk menanam tumbuhan malu-malu, kita bisa membeli bibit atau biji di toko tanaman atau toko online. Tumbuhan ini mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Pertama-tama, siapkan pot atau wadah yang berukuran sedang. Isi pot dengan campuran tanah dan pupuk organik. Kemudian, taburkan biji tumbuhan malu-malu dan tutup dengan sedikit tanah.

Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau setengah teduh. Siram tanaman secara teratur dan jangan biarkan tanah terlalu kering atau terlalu basah.

Pos Terkait:  Jelaskan Bahwa Fungsi Daun Kaktus Digantikan oleh Batang

Kesimpulan

Tumbuhan malu-malu atau Mimosa pudica adalah tumbuhan yang paling sensitif terhadap rangsang sentuhan. Gerakan daun tumbuhan malu-malu yang cepat dan unik membuat tumbuhan ini menarik untuk dipelajari. Tumbuhan ini juga memiliki banyak manfaat bagi manusia dan bisa digunakan sebagai herbal atau tanaman hias.

Jadi, jika kamu tertarik untuk menanam tumbuhan malu-malu, coba ikuti cara menanam tumbuhan malu-malu yang mudah dan sederhana. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari lebih lanjut mengenai tumbuhan ini sebagai objek penelitian dalam bidang biologi dan farmakologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close