Caramantap

Sebutkan Pembeda Ragam Tangga Nada Pentatonis

×

Sebutkan Pembeda Ragam Tangga Nada Pentatonis

Share this article

Tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang terdiri dari lima nada, yaitu do, re, mi, sol, dan la. Tangga nada pentatonis sering digunakan dalam musik tradisional Indonesia dan banyak musik di seluruh dunia. Namun, terdapat beberapa pembeda ragam tangga nada pentatonis yang perlu diketahui. Berikut adalah sejumlah pembeda tersebut:

Daftar Isi Sembunyikan

1. Tangga nada pentatonis mayor dan minor

Tangga nada pentatonis mayor terdiri dari nada-nada do, re, mi, sol, dan la, sedangkan tangga nada pentatonis minor terdiri dari nada-nada la, do, re, mi, dan sol. Perbedaan utama antara keduanya adalah pada nada dasar atau root note-nya.

2. Tangga nada pentatonis dengan nada blue note

Nada blue note adalah nada yang terletak di antara nada keempat dan kelima pada tangga nada pentatonis mayor. Nada ini memberikan warna biru pada musik blues dan jazz. Tangga nada pentatonis dengan nada blue note terdiri dari nada do, re, mi, fa, sol, dan la, dengan nada fa sebagai nada blue note.

3. Tangga nada pentatonis dengan nada altered note

Nada altered note adalah nada yang diubah atau dimodifikasi dari nada asli pada tangga nada pentatonis. Tangga nada pentatonis dengan nada altered note terdiri dari nada do#, re, mi, sol#, dan la#.

4. Tangga nada pentatonis dengan nada ditambahkan

Tangga nada pentatonis dengan nada ditambahkan terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan penambahan nada keempat atau nada ketujuh. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan penambahan nada fa dan tangga nada pentatonis minor dengan penambahan nada si bemol.

Pos Terkait:  Cara Menyetel Alarm iPhone Gambar

5. Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu dihilangkan

Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu dihilangkan terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan penghilangan salah satu nada dari lima nada tersebut. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan penghilangan nada mi dan tangga nada pentatonis minor dengan penghilangan nada sol.

6. Tangga nada pentatonis dengan nada ditambahkan dan dihilangkan

Tangga nada pentatonis dengan nada ditambahkan dan dihilangkan terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan penambahan salah satu nada dan penghilangan salah satu nada dari lima nada tersebut. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan penambahan nada fa dan penghilangan nada mi, serta tangga nada pentatonis minor dengan penambahan nada si bemol dan penghilangan nada sol.

7. Tangga nada pentatonis dengan nada terendah atau tertinggi diubah

Pada umumnya, tangga nada pentatonis memiliki rentang nada yang terbatas. Namun, terdapat tangga nada pentatonis yang salah satu atau kedua nada terendah atau tertingginya diubah. Contohnya adalah tangga nada pentatonis dengan nada dasar la, tetapi nada terendahnya diubah menjadi mi, atau tangga nada pentatonis dengan nada dasar do, tetapi nada tertingginya diubah menjadi fa.

8. Tangga nada pentatonis dengan nada double blue note

Tangga nada pentatonis dengan nada double blue note terdiri dari nada do, re, mi bemol, mi, sol bemol, dan la. Tangga nada ini sering digunakan dalam musik blues dan jazz.

9. Tangga nada pentatonis dengan nada double altered note

Tangga nada pentatonis dengan nada double altered note terdiri dari nada do, do#, re#, fa#, dan la#. Tangga nada ini memiliki nada yang diubah atau dimodifikasi dari nada asli pada tangga nada pentatonis.

10. Tangga nada pentatonis dengan nada double blue note dan altered note

Tangga nada pentatonis dengan nada double blue note dan altered note terdiri dari nada do, re, mi bemol, mi, fa, sol bemol, dan la. Tangga nada ini memiliki nada yang diubah atau dimodifikasi dari nada asli pada tangga nada pentatonis dan memiliki nada blue note.

11. Tangga nada pentatonis dengan nada double altered note dan ditambahkan

Tangga nada pentatonis dengan nada double altered note dan ditambahkan terdiri dari nada do#, re#, mi#, sol#, dan la#. Tangga nada ini memiliki nada yang diubah atau dimodifikasi dari nada asli pada tangga nada pentatonis dan memiliki penambahan nada keempat atau nada ketujuh.

12. Tangga nada pentatonis dengan nada double blue note dan ditambahkan

Tangga nada pentatonis dengan nada double blue note dan ditambahkan terdiri dari nada do, re, mi bemol, mi, sol, sol bemol, dan la. Tangga nada ini memiliki penambahan nada keempat atau nada ketujuh dan memiliki nada blue note.

13. Tangga nada pentatonis dengan nada double blue note, altered note, dan ditambahkan

Tangga nada pentatonis dengan nada double blue note, altered note, dan ditambahkan terdiri dari nada do#, re#, mi bemol, mi#, fa, sol bemol, dan la#. Tangga nada ini memiliki nada yang diubah atau dimodifikasi dari nada asli pada tangga nada pentatonis, memiliki penambahan nada keempat atau nada ketujuh, dan memiliki nada blue note.

Pos Terkait:  Cara Menyembunyikan Sorotan di IG

14. Tangga nada pentatonis dengan nada ditambahkan dan dihilangkan secara bergantian

Tangga nada pentatonis dengan nada ditambahkan dan dihilangkan secara bergantian terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan penambahan salah satu nada dan penghilangan salah satu nada dari lima nada tersebut secara bergantian. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan penambahan nada fa dan penghilangan nada mi, lalu diikuti dengan penghilangan nada fa dan penambahan nada mi, dan seterusnya.

15. Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu dihilangkan dan diubah secara bergantian

Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu dihilangkan dan diubah secara bergantian terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan penghilangan salah satu nada dari lima nada tersebut secara bergantian, dan diikuti dengan perubahan nada tertentu pada nada-nada yang tersisa. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan penghilangan nada mi dan pengubahan nada do menjadi do#, lalu diikuti dengan penghilangan nada sol dan pengubahan nada re menjadi re#, dan seterusnya.

16. Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu dihilangkan dan ditambahkan secara bergantian

Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu dihilangkan dan ditambahkan secara bergantian terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan penghilangan salah satu nada dari lima nada tersebut secara bergantian, dan diikuti dengan penambahan nada tertentu pada nada-nada yang tersisa. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan penghilangan nada mi dan penambahan nada fa, lalu diikuti dengan penghilangan nada sol dan penambahan nada si bemol, dan seterusnya.

17. Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu diubah dan ditambahkan secara bergantian

Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu diubah dan ditambahkan secara bergantian terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan pengubahan nada tertentu pada nada-nada yang tersisa secara bergantian, dan diikuti dengan penambahan nada tertentu pada nada-nada yang tersisa. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan pengubahan nada do menjadi do# dan penambahan nada fa, lalu diikuti dengan pengubahan nada re menjadi re# dan penambahan nada si bemol, dan seterusnya.

18. Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu diubah, dihilangkan, dan ditambahkan secara bergantian

Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu diubah, dihilangkan, dan ditambahkan secara bergantian terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan pengubahan nada tertentu pada nada-nada yang tersisa secara bergantian, penghilangan salah satu nada dari lima nada tersebut secara bergantian, dan diikuti dengan penambahan nada tertentu pada nada-nada yang tersisa. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan pengubahan nada do menjadi do# dan penghilangan nada mi, lalu diikuti dengan pengubahan nada re menjadi re# dan penambahan nada fa, dan seterusnya.

Pos Terkait:  Sebutkan Keunggulan Menggunakan Twitter

19. Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu diubah, dihilangkan, dan ditambahkan dengan pola tertentu

Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu diubah, dihilangkan, dan ditambahkan dengan pola tertentu terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan pengubahan nada tertentu pada nada-nada yang tersisa, penghilangan salah satu nada dari lima nada tersebut, dan penambahan nada tertentu pada nada-nada yang tersisa dengan pola tertentu. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan pengubahan nada do menjadi do# dan penghilangan nada mi, lalu diikuti dengan penambahan nada fa dan penghilangan nada fa, dan seterusnya dengan pola tertentu.

20. Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu diubah, dihilangkan, ditambahkan, dan digantikan dengan pola tertentu

Tangga nada pentatonis dengan nada tertentu diubah, dihilangkan, ditambahkan, dan digantikan dengan pola tertentu terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan pengubahan nada tertentu pada nada-nada yang tersisa, penghilangan salah satu nada dari lima nada tersebut, penambahan nada tertentu pada nada-nada yang tersisa dengan pola tertentu, dan penggantian nada tertentu dengan nada lain pada pola tertentu. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan pengubahan nada do menjadi do# dan penghilangan nada mi, lalu diikuti dengan penambahan nada fa dan penghilangan nada fa, serta penggantian nada re dengan sol pada pola tertentu, dan seterusnya.

21. Tangga nada pentatonis dengan perubahan nada pada setiap nada

Tangga nada pentatonis dengan perubahan nada pada setiap nada terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan pengubahan nada pada setiap nada secara unik. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan perubahan nada do menjadi do#, perubahan nada re menjadi mi bemol, perubahan nada mi menjadi sol bemol, perubahan nada sol menjadi sol#, dan perubahan nada la menjadi do#, atau tangga nada pentatonis minor dengan perubahan nada la menjadi sol#, perubahan nada do menjadi si bemol, perubahan nada re menjadi mi bemol, perubahan nada mi menjadi sol bemol, dan perubahan nada sol menjadi si bemol.

22. Tangga nada pentatonis dengan pengulangan nada tertentu

Tangga nada pentatonis dengan pengulangan nada tertentu terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan pengulangan nada tertentu pada beberapa nada. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan pengulangan nada do pada nada keempat dan nada kelima, atau tangga nada pentatonis minor dengan pengulangan nada re pada nada keempat dan nada kelima.

23. Tangga nada pentatonis dengan perubahan interval tertentu

Tangga nada pentatonis dengan perubahan interval tertentu terdiri dari tangga nada pentatonis mayor atau minor dengan perubahan interval tertentu pada beberapa nada. Contohnya adalah tangga nada pentatonis mayor dengan perubahan interval dari nada pertama ke nada kedua menjadi interval minor, atau tangga nada pentatonis minor dengan perubahan interval dari nada pertama ke nada kedua menjadi interval mayor.

24. Tangga nada pentatonis dengan perubahan tempo dan dinamika

Tangga nada pentatonis dengan perubahan tempo dan dinamika terdiri dari tang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close