Caramantap

Perbedaan Present Perfect dan Present Perfect Continuous

×

Perbedaan Present Perfect dan Present Perfect Continuous

Share this article

Present Perfect dan Present Perfect Continuous adalah dua bentuk tenses dalam bahasa Inggris yang seringkali membingungkan bagi para pembelajar bahasa Inggris. Meskipun keduanya mempunyai kesamaan dalam penggunaan waktu, namun ada perbedaan yang mendasar antara keduanya. Berikut ini adalah perbedaan antara Present Perfect dan Present Perfect Continuous.

Present Perfect

Present Perfect adalah bentuk tense yang digunakan untuk menyatakan perbuatan yang dimulai di masa lalu dan masih berlangsung sampai saat ini. Present Perfect terdiri dari dua bagian, yaitu auxiliary verb ‘have’ dan past participle dari verb utama. Contohnya:

1. I have finished my homework. (Saya telah menyelesaikan pekerjaan rumah saya.)

2. They have lived in this city for five years. (Mereka telah tinggal di kota ini selama lima tahun.)

Present Perfect Continuous

Present Perfect Continuous adalah bentuk tense yang digunakan untuk menyatakan perbuatan yang dimulai di masa lalu dan masih berlangsung sampai saat ini dengan penekanan pada durasi waktu yang telah berlalu. Present Perfect Continuous terdiri dari dua bagian, yaitu auxiliary verb ‘have’ dan been, serta present participle dari verb utama. Contohnya:

Pos Terkait:  2 Extension Chrome untuk Download Foto Instagram Gratis

1. She has been studying English for four hours. (Dia telah belajar bahasa Inggris selama empat jam.)

2. They have been waiting for the bus since morning. (Mereka telah menunggu bus sejak pagi.)

Perbedaan antara Present Perfect dan Present Perfect Continuous

Perbedaan utama antara Present Perfect dan Present Perfect Continuous terletak pada penekanan pada durasi waktu. Present Perfect Continuous menekankan pada durasi waktu yang telah berlalu, sedangkan Present Perfect tidak. Contohnya:

1. She has been reading a book. (Dia telah membaca buku.)

2. She has read a book. (Dia telah membaca sebuah buku.)

Pada contoh pertama, Present Perfect Continuous menekankan pada durasi waktu yang telah berlalu, yaitu waktu yang telah dia habiskan untuk membaca buku. Sedangkan pada contoh kedua, Present Perfect tidak menekankan pada durasi waktu, melainkan hanya menyatakan bahwa dia telah membaca sebuah buku.

Selain itu, Present Perfect Continuous juga lebih sering digunakan untuk menyatakan perbuatan yang sedang berlangsung pada saat ini, sedangkan Present Perfect lebih sering digunakan untuk menyatakan perbuatan yang telah selesai pada saat ini.

Kesimpulan

Present Perfect dan Present Perfect Continuous adalah dua bentuk tenses dalam bahasa Inggris yang seringkali membingungkan bagi para pembelajar bahasa Inggris. Perbedaan utama antara keduanya adalah pada penekanan pada durasi waktu. Present Perfect Continuous menekankan pada durasi waktu yang telah berlalu, sedangkan Present Perfect tidak. Selain itu, Present Perfect Continuous juga lebih sering digunakan untuk menyatakan perbuatan yang sedang berlangsung pada saat ini, sedangkan Present Perfect lebih sering digunakan untuk menyatakan perbuatan yang telah selesai pada saat ini.

Pos Terkait:  Help Garena Co Id Hack: Cara Mengamankan Akun Garena Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close