Caramantap

Perbedaan Kurikulum SD Tahun 1994 dan Tahun 2006

×

Perbedaan Kurikulum SD Tahun 1994 dan Tahun 2006

Share this article

Pendahuluan

Kurikulum sekolah merupakan suatu rangkaian rencana dan pengaturan tentang tujuan, isi, dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Kurikulum yang disusun oleh pemerintah biasanya mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah kurikulum SD tahun 1994 dan tahun 2006. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kedua kurikulum tersebut.

Kurikulum SD Tahun 1994

Kurikulum SD tahun 1994 disebut juga Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum ini diterapkan pada tahun 1994 dan dilaksanakan hingga tahun 2004. Kurikulum ini menekankan pada penguasaan pengetahuan siswa dalam ranah akademik seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan bahasa Indonesia. Kurikulum ini juga menekankan pada pengembangan keterampilan siswa dalam bidang seni, olahraga, dan keterampilan praktis.Kurikulum SD tahun 1994 bersifat terbuka, artinya sekolah dapat menentukan sendiri bahan pembelajaran dan metode pengajaran yang digunakan. Hal ini membuat kurikulum SD tahun 1994 sering dianggap sebagai kurikulum yang kurang terstruktur dan tidak konsisten.

Pos Terkait:  Redmi Note 9 Akhirnya Dirilis Secara Global, Segini Harganya

Kurikulum SD Tahun 2006

Kurikulum SD tahun 2006 dikenal dengan sebutan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Kurikulum ini diterapkan pada tahun 2006 dan masih digunakan hingga saat ini. Kurikulum ini menekankan pada pengembangan kompetensi siswa dalam berbagai bidang seperti kognitif, afektif, psikomotorik, dan spiritual.Kurikulum SD tahun 2006 menyediakan bahan pembelajaran yang lebih terstruktur dan konsisten dibandingkan dengan kurikulum SD tahun 1994. Kurikulum ini juga menekankan pada pengembangan keterampilan siswa dalam bidang bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, seni, olahraga, dan keterampilan praktis.

Perbedaan Kurikulum SD Tahun 1994 dan Tahun 2006

Perbedaan utama antara kurikulum SD tahun 1994 dan tahun 2006 terletak pada pendekatan pembelajaran yang digunakan. Kurikulum SD tahun 1994 bersifat terbuka dan menekankan pada penguasaan pengetahuan siswa dalam ranah akademik dan pengembangan keterampilan siswa dalam bidang seni, olahraga, dan keterampilan praktis. Sedangkan kurikulum SD tahun 2006 bersifat lebih terstruktur dan menekankan pada pengembangan kompetensi siswa dalam berbagai bidang.Selain itu, kurikulum SD tahun 2006 juga menyediakan bahan pembelajaran yang lebih terstruktur dan konsisten dibandingkan dengan kurikulum SD tahun 1994. Kurikulum SD tahun 2006 juga menekankan pada pengembangan keterampilan siswa dalam bidang bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, seni, olahraga, dan keterampilan praktis.

Pos Terkait:  Cara Menghidupkan Laptop Acer yang Mati

Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum SD Tahun 1994

Kelebihan dari kurikulum SD tahun 1994 adalah fleksibilitas dalam menentukan bahan pembelajaran dan metode pengajaran yang digunakan. Hal ini memungkinkan sekolah untuk menyesuaikan pendidikan dengan karakteristik siswa dan lingkungan sekitar.Namun, kekurangan dari kurikulum SD tahun 1994 adalah kurangnya keterstrukturan dan konsistensi dalam bahan pembelajaran. Hal ini dapat menyebabkan kesenjangan antara kualitas pendidikan di satu sekolah dengan sekolah lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum SD Tahun 2006

Kelebihan dari kurikulum SD tahun 2006 adalah tersedianya bahan pembelajaran yang lebih terstruktur dan konsisten. Hal ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh sekolah. Selain itu, kurikulum SD tahun 2006 juga menekankan pada pengembangan kompetensi siswa dalam berbagai bidang.Namun, kekurangan dari kurikulum SD tahun 2006 adalah kurangnya fleksibilitas dalam menentukan bahan pembelajaran dan metode pengajaran yang digunakan. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan bagi sekolah untuk menyesuaikan pendidikan dengan karakteristik siswa dan lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas perbedaan antara kurikulum SD tahun 1994 dan tahun 2006. Kurikulum SD tahun 1994 menekankan pada penguasaan pengetahuan siswa dalam ranah akademik dan pengembangan keterampilan siswa dalam bidang seni, olahraga, dan keterampilan praktis. Sedangkan kurikulum SD tahun 2006 menekankan pada pengembangan kompetensi siswa dalam berbagai bidang.Kelebihan dari kurikulum SD tahun 1994 adalah fleksibilitas dalam menentukan bahan pembelajaran dan metode pengajaran yang digunakan. Namun, kekurangan dari kurikulum SD tahun 1994 adalah kurangnya keterstrukturan dan konsistensi dalam bahan pembelajaran. Sedangkan kelebihan dari kurikulum SD tahun 2006 adalah tersedianya bahan pembelajaran yang lebih terstruktur dan konsisten, namun kekurangan dari kurikulum SD tahun 2006 adalah kurangnya fleksibilitas dalam menentukan bahan pembelajaran dan metode pengajaran yang digunakan.Dalam memilih kurikulum yang akan diterapkan, sekolah harus mempertimbangkan karakteristik siswa dan lingkungan sekitar agar pendidikan yang diberikan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi siswa.

Pos Terkait:  Virtex WA: Solusi Terbaik untuk Pengolahan Air Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close