Caramantap

Perbedaan Has To dan Have To: Apa Saja?

×

Perbedaan Has To dan Have To: Apa Saja?

Share this article

Ketika belajar bahasa Inggris, kita pasti sering mendengar kata-kata has to dan have to. Kedua kata ini memiliki arti yang hampir sama, namun ada perbedaan subtil yang perlu dipahami agar kita bisa menggunakan keduanya dengan benar. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan has to dan have to secara lengkap.

Pengertian Has To dan Have To

Sebelum membahas perbedaan keduanya, mari kita bahas pengertian has to dan have to terlebih dahulu. Has to dan have to adalah bentuk dari modal verb “must” yang digunakan untuk mengekspresikan kewajiban atau keharusan dalam bahasa Inggris.

Contohnya, “You have to wear a seatbelt while driving” artinya “Anda harus memakai sabuk pengaman saat mengemudi”. “She has to finish her homework before watching TV” artinya “Dia harus menyelesaikan pekerjaannya sebelum menonton TV”.

Perbedaan Penggunaan Has To dan Have To

Perbedaan pertama antara has to dan have to terletak pada subjek kalimatnya. Has to digunakan untuk subjek tunggal (he, she, it), sedangkan have to digunakan untuk subjek jamak (we, you, they).

Pos Terkait:  Perbedaan Ritel Tradisional dan Ritel Modern

Contohnya, “He has to work late tonight” artinya “Dia harus bekerja lembur malam ini”. “We have to wake up early tomorrow” artinya “Kita harus bangun pagi besok”.

Perbedaan kedua adalah dalam penggunaan waktu. Has to digunakan untuk bentuk present tense, sedangkan have to digunakan untuk bentuk present tense dan past tense.

Contohnya, “She has to go to school every day” artinya “Dia harus pergi ke sekolah setiap hari”. They had to study hard for the exam last week” artinya “Mereka harus belajar keras untuk ujian minggu lalu.

Perbedaan ketiga adalah dalam penggunaan negatif dan pertanyaan. Has to digunakan dalam bentuk negatif dan pertanyaan dengan auxiliary verb “does”, sedangkan have to digunakan dalam bentuk negatif dan pertanyaan dengan auxiliary verb “do”.

Contohnya, “Does he have to finish the project today?” artinya “Apakah dia harus menyelesaikan proyek hari ini?”. “We don’t have to attend the meeting tomorrow” artinya “Kita tidak harus menghadiri rapat besok”.

Kapan Harus Menggunakan Has To dan Have To?

Setelah memahami perbedaan antara has to dan have to, kita perlu memahami kapan sebaiknya menggunakan keduanya. Berikut adalah beberapa petunjuk yang dapat membantu kita menggunakan has to dan have to dengan benar:

Pos Terkait:  Bagaimana Mekanisme Terjadinya Ekspresi Gen

– Gunakan has to untuk subjek tunggal (he, she, it).

– Gunakan have to untuk subjek jamak (we, you, they).

– Gunakan has to untuk bentuk present tense.

– Gunakan have to untuk bentuk present tense dan past tense.

– Gunakan auxiliary verb “does” dalam pertanyaan dan negatif dengan has to.

– Gunakan auxiliary verb “do” dalam pertanyaan dan negatif dengan have to.

Contoh Penggunaan Has To dan Have To dalam Kalimat

Agar lebih memahami bagaimana menggunakan has to dan have to dalam kalimat, berikut adalah beberapa contoh penggunaannya:

– She has to finish her work before leaving the office.

– They have to take a test next week.

– He has to wear a uniform to work.

– We have to arrive at the airport two hours before the flight.

– Does she have to work on weekends?

– Do we have to pay for the parking?

– They didn’t have to attend the meeting yesterday.

– He had to study for the exam last night.

Kesimpulan

Has to dan have to adalah bentuk dari modal verb “must” yang digunakan untuk mengekspresikan kewajiban atau keharusan dalam bahasa Inggris. Perbedaan utama antara keduanya adalah dalam subjek kalimat, waktu, dan penggunaan auxiliary verb dalam negatif dan pertanyaan.

Pos Terkait:  Resensi Novel Selamat Tinggal Tere Liye: Cerita yang Menyentuh Hati

Untuk menggunakan has to dan have to dengan benar, kita perlu memahami kapan sebaiknya menggunakan keduanya. Dengan memahami perbedaan dan petunjuk penggunaannya, kita akan lebih mudah menggunakan has to dan have to dalam percakapan atau tulisan dalam bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close