Caramantap

Cara Mengubah Password Instagram

×

Cara Mengubah Password Instagram

Share this article

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan Instagram, kita dapat berbagi foto dan video, mengikuti akun favorit, serta berinteraksi dengan pengguna lainnya. Namun, keamanan akun Instagram juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah dengan mengganti password secara berkala. Berikut ini adalah cara mengubah password Instagram yang bisa kamu lakukan.

1. Buka Aplikasi Instagram

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Instagram di smartphone kamu. Pastikan aplikasi Instagram sudah terpasang dan terupdate ke versi terbaru.

2. Masuk ke Profil

Setelah membuka aplikasi Instagram, masuklah ke profil kamu dengan menekan ikon gambar profil di sudut kanan bawah layar. Kemudian pilih opsi “Edit Profile”.

Pos Terkait:  Perbedaan Router dan Access Point

3. Pilih Opsi “Change Password”

Setelah masuk ke halaman “Edit Profile”, scroll ke bawah hingga kamu menemukan opsi “Change Password”. Tekan opsi tersebut untuk melanjutkan proses mengubah password Instagram.

4. Masukkan Password Lama

Setelah memilih opsi “Change Password”, kamu akan diminta untuk memasukkan password lama akun Instagram kamu. Masukkan password lama dengan benar, kemudian tekan opsi “Next”.

5. Masukkan Password Baru

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan password baru yang ingin kamu gunakan. Pastikan password baru yang kamu buat kuat dan sulit ditebak oleh orang lain. Kamu juga bisa menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol untuk membuat password lebih aman. Setelah memasukkan password baru, tekan opsi “Next”.

6. Konfirmasi Password Baru

Setelah memasukkan password baru, kamu akan diminta untuk mengonfirmasi password baru tersebut dengan memasukkannya kembali. Pastikan password baru yang kamu masukkan sama persis dengan yang kamu buat sebelumnya. Tekan opsi “Next” untuk melanjutkan.

7. Selesai

Setelah mengonfirmasi password baru, proses mengubah password Instagram kamu sudah selesai. Kamu akan keluar dari halaman “Change Password” dan kembali ke halaman “Edit Profile”. Sekarang kamu sudah bisa masuk ke akun Instagram kamu dengan password baru yang telah dibuat.

Pos Terkait:  Cara Main Minecraft Multiplayer, Lebih Seru Mabar

Beberapa Tips untuk Meningkatkan Keamanan Akun Instagram

Selain mengubah password secara berkala, ada beberapa tips lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan akun Instagram kamu. Berikut ini adalah beberapa tips tersebut:

1. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi dua faktor adalah fitur keamanan yang meminta kamu untuk memasukkan kode yang dikirimkan melalui SMS atau aplikasi autentikasi ketika kamu ingin masuk ke akun Instagram dari perangkat baru. Dengan fitur ini, akun Instagram kamu akan lebih sulit untuk diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Perbarui Aplikasi Instagram secara Berkala

Perbarui aplikasi Instagram secara berkala ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur keamanan terbaru dan memperbaiki bug yang ada pada aplikasi. Versi terbaru aplikasi Instagram juga biasanya lebih aman dan stabil dibandingkan dengan versi sebelumnya.

3. Jangan Gunakan Password yang Mudah Ditebak

Gunakan password yang kuat dan sulit ditebak oleh orang lain. Hindari menggunakan password yang sederhana seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaan kamu. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol untuk membuat password lebih kuat dan sulit ditebak.

4. Jangan Memasukkan Informasi Pribadi yang Sensitif

Jangan memasukkan informasi pribadi yang sensitif seperti nomor telepon atau alamat rumah kamu di profil Instagram kamu. Informasi pribadi yang sensitif dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan atau meretas akun Instagram kamu.

Pos Terkait:  Cara Unggah Video di Tik Tok

5. Batasi Akses ke Akun Instagram Kamu

Batasi akses ke akun Instagram kamu hanya untuk orang yang kamu percayai. Jangan memberikan informasi login akun Instagram kamu kepada orang yang tidak kamu kenal atau tidak kamu percayai. Jangan juga login ke akun Instagram kamu melalui jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman.

Kesimpulan

Mengubah password Instagram secara berkala adalah salah satu cara untuk meningkatkan keamanan akun Instagram kamu. Dalam artikel ini, kita sudah membahas cara mengubah password Instagram serta beberapa tips untuk meningkatkan keamanan akun Instagram. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kamu bisa menjaga keamanan akun Instagram kamu dari orang yang tidak bertanggung jawab. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close