Caramantap

Berapa Jam Perbedaan Waktu London dan Indonesia?

×

Berapa Jam Perbedaan Waktu London dan Indonesia?

Share this article

London dan Indonesia terletak di belahan dunia yang berbeda, maka tidak heran jika terdapat perbedaan waktu di kedua negara tersebut. London termasuk ke dalam zona waktu Greenwich Mean Time (GMT), sedangkan Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Lalu, berapa jam perbedaan waktu London dan Indonesia? Mari kita bahas satu per satu.

Perbedaan Waktu antara London dan WIB

Waktu Indonesia Barat (WIB) merupakan zona waktu yang digunakan di pulau Sumatera, Jawa, dan sebagian Kalimantan. Perbedaan waktu antara WIB dan GMT adalah 7 jam. Jadi, jika saat ini pukul 12 siang di London, maka di WIB adalah pukul 5 sore.

Perbedaan Waktu antara London dan WITA

Waktu Indonesia Tengah (WITA) digunakan di sebagian besar wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. Perbedaan waktu antara WITA dan GMT adalah 8 jam. Jadi, jika saat ini pukul 12 siang di London, maka di WITA adalah pukul 6 sore.

Pos Terkait:  Cara Bayar Shopee Pakai LinkAja

Perbedaan Waktu antara London dan WIT

Waktu Indonesia Timur (WIT) digunakan di wilayah Indonesia bagian timur seperti Papua, Maluku, dan sebagian besar wilayah Nusa Tenggara. Perbedaan waktu antara WIT dan GMT adalah 9 jam. Jadi, jika saat ini pukul 12 siang di London, maka di WIT adalah pukul 7 sore.

Pengaruh Perbedaan Waktu terhadap Komunikasi dan Bisnis

Perbedaan waktu antara London dan Indonesia memang cukup signifikan, terutama jika Anda sedang melakukan komunikasi atau bisnis dengan orang yang berada di London. Anda harus memperhatikan perbedaan waktu tersebut agar tidak mengganggu waktu istirahat atau waktu kerja orang yang Anda hubungi.

Selain itu, perbedaan waktu juga dapat mempengaruhi proses bisnis. Jika Anda sedang melakukan bisnis dengan orang yang berada di London, maka Anda harus memperhitungkan perbedaan waktu tersebut dalam jadwal meeting atau pengiriman barang.

Kesimpulan

Perbedaan waktu antara London dan Indonesia tergantung pada zona waktu yang digunakan di Indonesia. WIB memiliki perbedaan waktu 7 jam dengan GMT, WITA memiliki perbedaan waktu 8 jam dengan GMT, dan WIT memiliki perbedaan waktu 9 jam dengan GMT. Anda harus memperhatikan perbedaan waktu tersebut dalam komunikasi dan bisnis dengan orang yang berada di London.

Pos Terkait:  Link Nonton MWI Hari Ini, Dukung GPX Basreng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close