Caramantap

Bagaimana Lingkungan Eksternal Mempengaruhi Budaya Organisasi

×

Bagaimana Lingkungan Eksternal Mempengaruhi Budaya Organisasi

Share this article

Budaya organisasi adalah serangkaian nilai, norma, dan kebiasaan yang dianut dan dipraktikkan oleh anggota organisasi. Budaya organisasi dapat dipengaruhi oleh lingkungan eksternal, yaitu faktor-faktor yang ada di luar organisasi dan dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan organisasi.

Faktor-faktor Lingkungan Eksternal yang Mempengaruhi Budaya Organisasi

Berikut adalah beberapa faktor lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi budaya organisasi:

Persaingan

Persaingan adalah salah satu faktor lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi budaya organisasi. Jika persaingan sangat ketat, maka organisasi cenderung akan fokus pada kinerja dan produktivitas. Hal ini dapat mempengaruhi budaya organisasi menjadi lebih kompetitif dan inovatif.

Teknologi

Teknologi adalah faktor lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi budaya organisasi. Jika organisasi menggunakan teknologi yang canggih, maka budaya organisasi cenderung menjadi lebih inovatif dan adaptif terhadap perubahan.

Regulasi

Regulasi adalah faktor lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi budaya organisasi. Jika regulasi sangat ketat, maka organisasi cenderung akan fokus pada kepatuhan terhadap regulasi tersebut. Hal ini dapat mempengaruhi budaya organisasi menjadi lebih konservatif dan formal.

Pos Terkait:  Perbedaan Blueband Master dan Serbaguna

Budaya Lokal

Budaya lokal adalah faktor lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi budaya organisasi. Jika organisasi beroperasi di lingkungan yang memiliki budaya yang kuat, maka budaya organisasi cenderung akan dipengaruhi oleh budaya lokal tersebut. Hal ini dapat mempengaruhi budaya organisasi menjadi lebih terbuka atau tertutup terhadap perubahan.

Dampak Lingkungan Eksternal pada Budaya Organisasi

Berikut adalah beberapa dampak lingkungan eksternal pada budaya organisasi:

Inovasi

Jika lingkungan eksternal memungkinkan untuk inovasi, maka budaya organisasi akan menjadi lebih terbuka terhadap perubahan dan lebih inovatif dalam menciptakan produk dan layanan yang baru.

Kompetitif

Jika lingkungan eksternal sangat kompetitif, maka budaya organisasi akan menjadi lebih kompetitif dalam mencapai tujuan dan memenangkan persaingan di pasar.

Formal

Jika lingkungan eksternal sangat formal, maka budaya organisasi akan menjadi lebih formal dan terfokus pada kepatuhan terhadap regulasi dan prosedur.

Terbuka

Jika lingkungan eksternal memungkinkan untuk terbuka, maka budaya organisasi akan menjadi lebih terbuka dan inklusif terhadap perbedaan, serta lebih bersedia untuk menerima masukan dan saran dari anggota organisasi maupun dari luar organisasi.

Upaya Menghadapi Pengaruh Lingkungan Eksternal pada Budaya Organisasi

Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi pengaruh lingkungan eksternal pada budaya organisasi:

Pos Terkait:  Cara Melihat Foto Instagram yang Di-Private

Mengadaptasi

Organisasi harus mampu mengadaptasi diri terhadap perubahan lingkungan eksternal. Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan kemampuan untuk memperbarui strategi dan melakukan perubahan pada struktur organisasi.

Mengubah Budaya Organisasi

Jika pengaruh lingkungan eksternal memiliki dampak yang signifikan pada budaya organisasi, maka organisasi harus mempertimbangkan untuk mengubah budaya organisasi agar dapat beradaptasi dengan lingkungan eksternal yang baru.

Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi

Organisasi harus memperkuat kemampuan untuk menciptakan inovasi dan melahirkan gagasan kreatif. Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi dan memberikan ruang gerak pada anggota organisasi untuk berkreasi.

Meningkatkan Keterbukaan dan Inklusivitas

Organisasi harus memperkuat kemampuan untuk menjadi lebih terbuka dan inklusif terhadap perbedaan. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan komunikasi dan kerja sama antara anggota organisasi, serta menciptakan lingkungan yang ramah dan bersahabat.

Kesimpulan

Lingkungan eksternal dapat mempengaruhi budaya organisasi dan dampaknya dapat beragam tergantung pada jenis lingkungan tersebut. Untuk menghadapi pengaruh lingkungan eksternal, organisasi harus mampu mengadaptasi diri dan melakukan perubahan pada budaya organisasi. Selain itu, organisasi juga harus memperkuat kemampuan untuk menciptakan inovasi, meningkatkan keterbukaan dan inklusivitas, serta meningkatkan kreativitas dan inovasi.

Pos Terkait:  Kode Bank Woori Saudara BWS, Catat Kodenya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close